Fitur Baru WhatsApp yaitu Stiker & Vacation, Bagaimana Cara Menggunakannya?

Whatsapp Sticker

WhatsApp sebagai salah satu aplikasi chatting unggulan dan paling terkenal di dunia ini terus menelurkan inovasi dari segi fitur agar tidak kalah saing dengan kompetitor lain seperti LINE, BBM,  dan tidak ketinggalan jaman.

Baru-baru ini WhatsApp mengeluarkan fitur stiker dan status vacation bagi penggunanya tentu sangat bermanfaat dan menarik, namun seperti apa fitur baru tersebut dan bagaimana cara pakainya? Kami ulas dalam tulisan berikut.

Fitur Stiker WhatsApp dan Cara Menggunakannya

Fitur Stiker di Whatsapp

Tidak ingin kalah saing dengan LINE atau BBM sebagai aplikasi chatting yang sudah terlebih dahulu membuat stiker dalam aplikasinya, WhatsApp juga sudah mengupdate aplikasi dengan tambahan fitur sticker yang dapat digunakan. Dilansir dari Phone Arena, fitur ini sudah tersedia bagi pengguna iOS dan Android, meski penyebaran update fitur ini belum merata ke semua perangkat.

Cara menggunakan fitur ini berbeda antara Android dan iOS, untuk android sendiri cara menggunakannya stiker dapat ditemukan pada pilihan submenu sticker pada pilihan emoji atau GIF di layout bagian bawah dimana anda biasa mengetikkan pesan. Sementara bagi pengguna iOS, fitur stiker ditemukan di bagian submenu berbagi foto dan video, dimana fitur ini menampilkan kumpulan stiker yang ada.

Mengingat persebaran belum merata, versi WhatsApp yang sudah memiliki update sticker bisa dijumpai pada WhatsApp versi 2.18.329 (Android) dan versi 2.18.100 (iOS). Baik kedua versi ini bisa diunduh di PlayStore atau App Store masing – masing perangkat.

Fitur Vacation Mode dan Cara Menggunakannya

Apabila anda pengguna WhatsApp pasti tidak asing dengan status WhatsApp yang ditampilkan di samping foto profile anda. Dilansir dari akun resmi @WABetaInfo, WhatsApp akan memberikan tambahan fitur untuk keterangan status di profil WhatsApp bahwa pengguna sedang berlibur atau vacation mode.

Bukan hanya sekedar status/keterangan saja, jika anda menggunakan keterangan vacation maka ada pesan-pesan yang tidak akan muncul dan dapat anda abaikan saat anda sedang melakukan liburan dan tentu dengan adanya fitur ini liburan anda akan tenang tanpa gangguan.

Meski sudah ada rilis mengenai pengembangan fitur ini, belum dapat dipastikan kapan fitur ini akan dirilis oleh pihak WhatsApp. Meski begitu sudah ada bocoran bagaimana fitur ini bekerja, yakni mode ini akan muncul pada pengaturan pemberitahuan, kemudian beberapa pesan akan diabaikan dan bahkan dapat diarsipkan (archived).

Tujuan diadakannya fitur ini ialah menciptakan suasana liburan yang tenang dan damai tanpa ada gangguan dari pesan – pesan yang masuk ke WhatsApp pengguna masing – masing, jika dirasa liburan sudah selesai pengguna dapat melanjutkan aktivitasnya di WhatsApp seperti biasa.

Fitur Pendukung Vacation Mode

Ada beberapa fitur lain yang akan dikembangkan oleh pihak pengembang untuk mendukung vacation mode ini, seperti ‘Silent Mode’ dan ‘Linked Account’.

Silent Mode hampir sama dengan fitur Vacation mode namun silent mode ini dapat mematikan notifikasi WhatsApp yang masuk ke handphone anda.

Sedangkan linked account adalah penghubung antara WhatsApp dan Instagram (mengingat Instagram dan WhatsApp dibawah naungan perusahaan yang sama), stories dan postingan dari WhatsApp akan sama dengan yang diposting di Instagram anda.

Tentunya inovasi dan fitur baru yang diberikan oleh pihak WhatsApp perlu diapresiasi dan ditunggu kehadirannya oleh pengguna setianya, karena segala inovasi tersebut bertujuan untuk kebaikan dari pengguna yang memakai.

Semoga tulisan kami bermanfaat dan juga dapat menjadi pelajaran bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here