Cara Memunculkan Kembali Icon Aplikasi yang Hilang atau Terhapus

0
cara menampilkan aplikasi yang hilang di android

Suksesnya sebuah aplikasi terunduh pada smartphone android biasanya akan ditandai dengan munculnya Icon. Icon berfungsi sebagai shortcut dari aplikasi-aplikasi yang terunduh di smartphone Anda. Namun bagaimana bila Anda tidak sengaja menghilangkan icon aplikasi yang sering Anda gunakan sehari-hari? Terbayangkan bagaimana repotnya?

Hilangnya icon aplikasi yang pernah Anda unduh memang kerap kali terjadi pada banyak pengguna android. Hal pertama yang terlintas dalam benak Anda mungkin aplikasi tersebut tidak sengaja terhapus.

Tapi saat akan mencoba mengunduh kembali aplikasi tersebut melalui play store, yang muncul adalah tombol untuk update dan buka. Hal ini menandakan bahwa aplikasi tersebut sebenarnya masihpasang di smartphone Anda, hanya saja tidak dapat diketemukan dimana icon untuk menjalankannya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan icon aplikasi pada android menjadi hilang, antara lain:

  1. Terjadinya kerusakan pada sistem atau memori smartphone Anda.
  2. Memori card tercabut secara tidak aman.
  3. Memori card tidak sengaja terformat.
  4. Menggunakan theme launcer yang berbeda.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara menampilkan aplikasi tersembunyi di android atau memunculkan kembali

Langkah Memunculkan Kembali Aplikasi yang Hilang

TIdak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mengembalikan icon aplikasi yang hilang dari menu android Anda sebagai berikut:

1. Cek status memory card

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ialah mengecek status memory card yang terpasang pada smartphone android Anda. Bisa saja statusnya ter-eject / terlepas. Meskipun memory card tidak diapa-apakan namun bisa saja memory cardnya ter-eject sendiri. Bisa disebabkan karena longgar atau terkena guncangan, sehingga smartphone tidak berhasil membaca memory card Anda.

2. Restart

Memuat ulang atau merestart kembali sistem operasi dapat me-refresh android Anda.  Kemungkinan pada saat Anda mengunduh aplikasi, launcher belum merespon aplikasi yang baru diunduh, sehingga icon tidak muncul pada halaman utama android.

3. Akses popup pada home screen

Pada tampilan layar utama smartphone, coba Anda tekan dan tahan beberapa saat di area kosong pada Home Screen Anda. Cara ini akan memunculkan menu popup dengan beberapa pilihan, pilih opsi “Widgets dan Apps”. Kemudian tekan menu “Apps”.

Semestinya semua applikasi yang terinstall di smartphone Anda akan muncul disini. Anda tinggal pilih kembali icon dari aplikasi yang hilang tersebut kemudian tempatkan icon tersebut di Home Screen perangkat android Anda.

4. Clear data & chace applikasi launcher Anda

Jika setelah dicek di play store ternyata applikasi tersebut masih ada dalam smartphone Anda, kemungkinan icon aplikasi tersebut tersembunyi di salah satu folder hidden. Maka salah satu cara untuk memunculkan icon aplikasi yang hilang tersebut adalah dengan melakukan clear data & cache apliksi launcher di smartphone Anda.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Coba masuk ke Pengaturan/ settings/ setelan.
  • Pilih menu Apl/ Apps.
  • Pada tampilan halaman apl/ apps, Anda geser ke pilihan All/ semua.
  • Kemudian pilih aplikasi Launcher/ peluncur.
  • Lakukan “hapus data”.

Langkah ini maka akan ikut menghapus juga folder tersembunyi yang berisi aplikasi.  Dengan hilangnya folder tersembunyi, layar home screen akan meminta Anda untuk mengatur ulang icon-icon yang ingin Anda munculkan di layar utama smartphone Anda. Kemudian Anda bisa memunculkan kembali icon aplikasi yang hilang yang Anda butuhkan.

5. Hapus dan unduh ulang applikasi tersebut

Langkah lain untuk memunculkan kembali icon applikasi yang hilang adalah  dengan menghapus aplikasi yang hilang iconnya dan menginstallnya kembali.

Caranya sebagai berikut:

  • Coba masuk ke Pengaturan/ settings/ setelan
  • Pilih menu Apl/ Apps
  • Di tampilan halaman apl/ apps, Anda geser ke pilihan All/ semua
  • Kemudian pilih aplikasi dimaksud dan uninstall.

Restart kembali perangkat android Anda, kemudian masuk ke Playstore dan unduh kembali applikasi tersebut.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat, silahkan mencoba, semoga berhasil.

Lucky
Memulai menulis sejak bangku sekolah dasar, dan terus menulis hingga sekarang.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here