Jumlah Followers Instagram Berkurang Tiba-Tiba? Ini Penyebabnya

Saat ini banyak pengguna Instagram yang mengalami penurunan jumlah followers secara dratsis.

0
Jumlah Followers Instagram Berkurang Secara Drastis
Ilustrasi Instagram dari Pixabay

Hangat diperbincangkan perihal berkurangnya jumlah followers pada beberapa pengguna Instagram, khususnya akun milik para artis Instagram(Selebgram), berkurang drastis secara tiba-tiba dalam jumlah yang cukup banyak.

Seperti yang kita tahu bahwa jumlah followers merupakan barometer yang menentukan popularitas pengguna di media sosial Instagram. Dengan semakin banyak jumlah follower, maka semakin populer pula pemilik akun, artinya semakin besar pula pendapatan mereka dari endorse.

Sebetulnya berkurangnya jumlah pengikut merupakan hal yang wajar, namun jika hilangnya followers dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat pasti banyak pengguna yang bertanya-tanya. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Instagram Sedang Bersih-bersih Akun?

Seperti yang terjadi pada beberapa bulan lalu, tepatnya pada bulan November 2018, banyak orang berpendapat jika hilangnya jumlah follower secara tiba-tiba dikarenakan pihak Instagam sedang melakukan bersih-bersih pada akun fiktif atau robot.

Instagram sepertinya kini sedang giat memberantas berbagai bentuk kecurangan, khususnya yang berasal dariaplikasi pihak ketiga yang melakukan likes palsu, following palsu, dan komentar palsu yang melanggar Pedoman Komunitas dan Ketentuan Penggunaan Instagram.

Dan salah satu langkah yang dilakukan oleh jejaring sosial berbasis gambar tersebut adalah dengan menghapus banyak akun yang dianggap fiktif, akun yang sering mengirim spam, atau akun yang sering menjebak pengguna untuk mengganti password melalui aplikasi tertentu.

Konfirmasi Pihak Instagram

Walaupun alasan diatas cukup masuk akal, namun untuk kasus penurunan jumlah followers yang terjadi belakang ini sepertinya berbeda. Artinya menghilangnya banyak followers pada akun seseorang bukan karena Instagram sedang terjadi pembersihan terhadap akun yang tidak sesuai dengan kebijakan yang sudah ditentukannya.

Melalui halaman resmi Twitter mereka, Instagram seperti memberi isyarat bahwa hal tersebut terjadi karena ada permasalahan yang terjadi pada internals sistem Instagram, baik itu karena bug atau serangan siber.

Followers Instagram Berkurang Tiba-Tiba

Intinya akun @instagram membuat cuitan yang berpesan bahwa mereka menyadari masalah yang jadi penyebab perubahan followers secara drastis pada akun-akun tertentu saat ini, dan pihak mereka sedang berusaha menangani masalah tersebut secepatnya.

Selain mengunkapkan alasan penyebab masalah tersebut, pihak Instagram melalui akun Twitternya berjanji akan segera menyelesaikan masalah tersebut.

Terlepas apapun alasannya yang menyebabkan hal ini terjadi, sebaiknya kita tunggu perkembangan selanjutnya. Sebagai layanan media sosial yang tidak mau kehilangan banyak penggunanya, pihak Instagram pasti akan segera mengatasi masalah serius ini.

SUMBERGadgetren
Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here