Fitur Baru Facebook Messenger: Selfie Mode, Boomerang dan AR Sticker

0
Fitur Baru Facebook Messenger

Memasuki pergantian tahun, Facebook mengeluarkan versi terbaru dari aplikasi Facebook Messenger dengan menambahkan beberapa fitur baru. Salah satunya adalah fitur Boomerang untuk membuat video maju-mundur singkat yang sebelumnya sudah hadir pada layanan Facebook Stories.

Facebook Messenger kini menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan sebagai alat komunikasi, selain bisa untuk berkirim pesan singkat dalam bentuk teks, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara dan video call.

Seperti dikutif dari The Verge, bahwa pada pembaruan aplikasi Facebook Messenger kali ini akan ada penambahan tiga fitur baru, yaitu Selfie Mode, fitur Boomerang dan fitur AR Sticker. Lalu seperti apa fungsi dan penggunaan fitur baru tersebut? Untuk jelasnya kita akan bahas secara tuntas.

Fitur Baru Facebook Messenger

yang pertama,

1. Fitur Selfie Mode

Dikutif dari keterangan resminya, fitur baru yang dibawa oleh aplikasi Facebook Messenger adalah layanan kamera dengan mode khusus yang dirancang untuk memaksimalkan hasil foto selfie(swafoto) dan pengguna bisa menambahkan beberapa efek seperti pencerahaan sampai efek bokeh.

Cara menggunakan fitur Selfie Mode cukup mudah ternyata, cukup jalankan aplikasi Facebook Messenger seperti biasa dan tinggal masuk ke menu layanan kamera dan pilih mode kamera “Selfie” yang lokasinya berdekatan dengan menu pilihan mode video. Selanjutnya pengguna bisa membuat foto selfie dengan menekan tombol tangkap.

yang kedua.

2. Fitur Boomerang

Fitur baru lainnya yang dibawa oleh aplikasi Facebook Messenger pada versi terbarunya adalah Boomerang, ya betul. Mode pengambilan video singkat yang memungkinkan penggunanya untuk memberikan efek maju-mundur berulang-ulang. Fitur mode kamera Boomerang ini sebetulnya terlebih dahulu hadir pada Facebook Stories.

Untuk menggunakan fitur Boomerang pada aplikasi Facebook Messenger sendiri caranya berbeda dengan penggunaan fitur Selfie Mode. Cara, pertama masuk ke layanan Kamera ⇒ Pilih mode kamera Boomerang ⇒ Tinggal tekan dan tahan tombol tangkap untuk membuat video Boomerang.

yang ketiga,

3. Fitur AR Sticker

Fitur baru lainnya yang hadir pada aplikasi Facebook Messenger terbaru adalah AR (Augmented Reality) Sticker, merupakan kemampuan menambahkan stiker dua atau tiga dimensi kedalam video.

Untuk menggunakan fitur AR Sticker pada Facebook Messenger, pengguna harus melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Pertama kirim salah satu stiker yang ada di daftar sticker kepada teman obrolan.
  2. Setelah sticker berhasil dikirim dan muncul pada layar obrolan, tinggal tekan tombol kamera berukuran kecil yang berada disamping sticker tersebut.
  3. Kemudian pengguna akan di arahkan ke mode kamera yang dilengkapi dengan pilihan berbagai macam sticker. Tinggal pilih salah satunya.
  4. Pengguna juga bisa mengatur ukuran besar atau kecil ukuran stiker pada tampilan layar, juga bisa mengatur letak stickernya pada lokasi yang diinginkan.
  5. Selanjutnya tinggal menekan tombol tangkap untuk memulai merekam video yang sudah disertai dengan salah satu AR Sticker yang sudah dipilih tadi.

Bagaimana?

Untuk menggunakan semua fitur terbaru dari aplikasi Facebook Messenger, pastikan bahwa aplikasi yang terpasang di smartphone merupakan versi terbarunya.

Jika ada pertanyaan atau kamu memiliki cara lain dalam penggunaan ketiga fitur baru diatas bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here