Cara Mengatasi Error Pada Aplikasi Facebook yang Tiba-Tiba Berhenti

Aplikasi facebook kamu sering tiba-tiba berhenti ? Atasi dengan cara berikut.

0
Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Error
Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Error

Seperti yang kita tahu, bahwa Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan saat ini, bisa dibilang yang paling populer. Berbagai kalangan mulai dari yang mudah, tua, pembisnis, artis, Influencer, juga tokoh politik menggunakan facebook untuk berbagai banyak hal dan juga berkomunikasi. Namun terkadang adakalanya terjadi galat atau error pada aplikasi facebook, khususnya untuk pengguna android dengan keterangan “Sayangnya, Facebook telah berhenti”.

Tentu saja kita sebagai pengguna aktif medsos facebook jadi bertanya-tanya, apa penyebab terjadi galat atau error pada aplikasi Facebook ? Ada beberapa hal yang mungkin jadi penyebab. Nah pada artikel ini kita akan membahas penyebab dan cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada aplikasi facebook.

Penyebab Error atau Galat Aplikasi Facebook

Masalah umum yang sering terjadi galat pada apps facebook karena RAM penuh, ini sering terjadi pada smartphone yang memiliki kapasitas RAM yang kecil, yaitu dibawah 1 GB. Jika RAM penuh maka aplikasi facebook tidak bisa berjalan dan akan mengalami berhenti tiba-tiba atau Force Close.

Namun adakalanya, walapun smartphone kita sudah memiliki RAM yang cukup besar, masalah ini juga sering terjadi, penyebabnya karena tidak menghapus atau membersihkan hostori dan cache facebook dalam waktu lama, sehingga ruang penyimpanan menjadi penuh, tentu saja ini akan mengakibatkan handphone terasa berat, dan aplikasi facebook akan memberi notifikasi berupa pesan error.

Namun tidak perlu panik dan memutuskan mencari bantuan kepada orang lain. Masalah error pada aplikasi facebook semacam ini bisa diatasi dengan beberapa langkah yang kita bahas pada artikel ini. Betikut langkah-langkahnya.

Cara Mengatasi Error Aplikasi Facebook Telah Berhenti

Sebetulnya untuk mengatasi error seperti “Aplikasi Telah Berhenti” bisa dengan cara menghapus data aplikasi facebook dan cache pada android, bisa menggunakan bantuan aplikasi Clean Master, agar kita bisa tahu bahwa ruang penyimpanan akan segera penuh oleh data riawayat dan cache aplikasi dan langsung menghapusnya. Atau jika dirasa akan memberatkan ruang penyimpanan bisa mengikut langkah berikut.

Hapus Cache Facebook

Cara Hapus Cache Facebook
Cara Hapus Cache Facebook

Untuk mencegah agar tidak terjadi error pada aplikasi medsos facebook, maupun aplikasi lainnya. Ada baiknya membersihkan file cache aplikasi dengan menggunakan bantuan aplikasi Clean Master, bisa dilakukan secara rutin atau setelah ada notifikasi ruang penyimpanan mulai penuh. Untuk aplikasinya anda bisa mengunduh di Play Store.

Untuk cara manualnya, bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Buka menu Setelan » Aplikasi & notifikasi » Info aplikasi » Cari “Facebook” » Penyimpanan » Kemudian tap “Hapus Cache”.

Note : Langkah-langkah diatas dipraktikan pada smartphone dengan sistem operasi Android Oreo 8.0.0. Jika menggunakan os android tipe lain, anda bisa menyesuaikannya.

Hapus Data Aplikasi Facebook

Cara Hapus Data Aplikasi Facebook
Cara Hapus Data Aplikasi Facebook

Dengan menghapus data aplikasi, semua history pencarian, dan settingan konfigurasi pada aplikasi akan terhapus, atau aplikasi akan kembali kensemula seperti pertama kali diunduh. Caranya hampir sama dengan menghapus cache.

Berikut cara menghapus data aplikasi facebook :

  • Buka menu Setelan » Aplikasi & notifikasi » Info aplikasi » Cari “Facebook” » Penyimpanan » Kemudian tap “Hapus Data”.

Note : Langkah-langkah diatas dipraktikan pada smartphone dengan sistem operasi Android Oreo 8.0.0. Jika menggunakan os android tipe lain, anda bisa menyesuaikannya metodenya.

Install Ulang Aplikasi Facebook

Cara Install Ulang Aplikasi Facebook
Cara Install Ulang Aplikasi Facebook

Namun, jika kedua cara diatas tidak membuahkan hasil, ada baiknya mencoba untuk menginstal ulang apps facebook, kemudian mengunduh dan menginstal yang baru di Google Play Store di halaman Facebook >>

Berikut cara menghapus aplikasi facebook :

  • Buka menu Setelan » Aplikasi & notifikasi » Info aplikasi » Cari “Facebook” » Penyimpanan » Kemudian tap “Hapus Instalasi/Uninstal”.

Note : Langkah-langkah diatas dipraktikan pada smartphone dengan sistem operasi Android Oreo 8.0.0. Jika menggunakan os android tipe lain, anda bisa menyesuaikannya metodenya.

Sekian artikel tentang Cara Mengatasi Error Pada Aplikasi Facebook yang Tiba-Tiba Berhenti. Semoga artikel ini bisa membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi pembaca, jika mengalami masalah atau error lain bisa didiskusikan melalui komentar.