4 Cara Melindungi Akun Facebook Anda

0
Cara Melindungi Akun Facebook

Beberapa waktu yang lalu, tersebar kabar yang cukup menghebohkan soal data Facebook yang dieksloitasi oleh Cambridge Analytica. Skandal pencurian data ini berbuntut panjang, Mark Zukerberg sang pemilik Facebook bahkan kehilangan puluhan triliun akibat anjloknya harga saham Facebook. Mark bahkan harus meminta maaf atas insiden yang merugikan hampir 50 juta pengguna Facebook itu.

Bagi para pengguna, pencurian data kerap terjadi tanpa disadari. Memang pencurian data tersebut tidak merugikan Anda secara finansial, tapi data-data itu bisa saja digunakan untuk kepentingan lain, contohnya kampanye politik.

Facebook sendiri sebenarnya sudah mengambil langkah untuk mencegah terjadinya kasus seperti Cambridge Analytica. Bahkan, telah lama Facebook juga tidak lagi mengijinkan aplikasi pihak ketiga yang terkait dengan Facebook dapat dengan mudah mendapatkan informasi pribadi Anda dan teman-teman Anda.

Cara Melindungi Akun Facebook

Tapi, agar lebih aman, dan untuk menghindari dampak negatif dari pencurian data pada akun Facebook Anda, setidaknya ada empat langkah yang bisa Anda lakukan sebagai antisipasi.

1. Membatasi Informasi Pribadi Anda yang bisa diketahui teman-teman Anda

Anda bisa membatasi informasi-informasi yang Anda anggap tak perlu diketahui oleh orang lain. Seperti biodata Anda, tanggal ulang tahun, informasi mengenai keluarga dan hubungan, dan masih banyak lagi.

Untuk mengakses pembatasan informasi ini, Anda bisa masuk ke menu, pilih “Aplikasi yang digunakan orang lain” yang ada di bawah menu “Pengaturan” lalu plih “Edit”. Dan Anda bisa menyesuaikan apa saja informasi mengenai diri Anda yang bisa diketahui oleh orang lain.

2. Tolak Pemberikan Akses Kepada Aplikasi Pihak Ketiga

Jangan Memberikan Akses kepada aplikasi pihak ketiga Facebook

Beberapa aplikasi pihak ketiga bisa meminta Anda untuk menggunakan akun facebook sebagai syarat login. Tapi, yang wajib Anda pahami adalah, sejauh apa aplikasi tersebut meminta akses data akun Facebook Anda. Bila Anda tidak mengetahui dengan detail, ada baiknya demi keamanan data-data di dalam akun facebook Anda, Anda bisa tolak aplikasi yang tak dikenal tersebut.

Caranya adalah dengan masuk ke “Pengaturan” lalu pilih “Aplikasi”, di profil akun facebook Anda. Disana Anda dapat melihat daftar aplikasi yang memiliki akses kedalam akun Facebook Anda. Jika ada beberapa aplikasi yang Anda anggap tidak perlu, silahkan di non aktifkan saja aplikasi tersebut.

3. Non-aktifkan Akun Facebook Anda

Bila Anda sudah lama tidak membuka akun Facebook Anda, ada baiknya, non-atifkan saja akun Anda. Jangan biarkan akun Anda yang berisi data-data pribadi Anda terbiarkan begitu saja. Hal ini merupakan salah satu bentuk pencegahan agar data-data pribadi Anda tetap terjaga keamanannya.

Begini langkah-langkah untuk menonaktifkan akun Facebook Anda;

Buka “Pengaturan“, lalu piliih “Umum”, pilih “Kelola Akun”, lalu Anda klik “Nonaktifkan akun Anda”,

Anda akan dimintai konfirmasi berupa kata sandi Anda, kemudian Facebook akan menjelaskan apa yang akan terjadi jika Anda menonaktifkan akun Anda. Anda juga diharus memberikan alasan untuk penonaktifan ini.

Untuk mengaktifkan kembali akun Anda cukup mudah, Anda hanya harus log in seperti biasa. Semuanya akan kembali seperti sebelum Anda menon-aktifkan akun Anda. Semua foto Anda, pembaruan status, dan aplikasi akan kembali online seperti semula.

4. Menghapus Akun Sebagai Pilihan Terakhir

Facebook sudah pasti tak menginginkan Anda menghapus akun. Anda akan melalui serangkaian proses untuk dapat menghapus informasi Anda secara permanen, sambil terus merayu supaya Anda cukup melakukan penonaktifan akun saja sebagai gantinya.

Tetapi jika Anda tetap pada pendirian Anda untuk menghapus profil Anda dari Facebook, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat back-up informasi. Facebook memungkinkan Anda untuk mengunduh informasi berharga Anda seperti foto-foto dan detail pribadi Anda kedalam bentuk file zip. Sehingga Anda tidak akan kehilangan kenangan Anda hanya karena Anda ingin menghapus akun Facebook Anda.

Caranya adalah, buka “Pengaturan“, lalu pilih “Umum“, dan di bagian paling bawah klik “Unduh salinan data Facebook Anda“. Kemudian Anda bisa klik, “Mulai Arsip Saya” untuk mendapatkan file .zip.

Hal ini akan memakan cukup banyak waktu, tergantung seberapa banyaknya kenangan yang telah Anda bagikan. Setelah Anda mencadangkan informasi Anda, Anda dapat menghapus akun Anda secara permanen. Cara ini adalah cara paling akhir bila memang Anda merasa tidak butuh lagi memiliki akun di Facebook.

Media sosial memang membawa kita ke era baru dalam berinteraksi antara sesama manusia. Media sosial memungkinkan kita berinteraksi tanpa lagi mengenal jarak dan waktu. Namun, segala apapun yang dirasa bermanfaan haruslah dapat digunakan dengan bijak. Lindungi diri Anda, lindungi keluarga Anda, dan pastikan hanya orang-orang terpercaya yang bisa melihat informasi berharga Anda.

Lucky
Memulai menulis sejak bangku sekolah dasar, dan terus menulis hingga sekarang.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here