Cara Mengganti Nada Notifikasi Facebook Messenger dan WhatsApp

Saat ngumpul bareng teman eh nada pesan masuknya pada sama, jadi pada salah tingkah. Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik ganti nada notifikasi baik itu pesan atau panggilan dengan suara yang unik, yang jarang dipakai kebanyak orang.

0

Hampir semua pengguna ponsel pintar atau yang biasa kita sebut dengan smartphone. kini banyak beralih menggunakan layanan pesan instan seperti Facebook Messenger dan WhatsApp dibandingkan menggunakan layanan SMS untuk berkomunikasi.

Karena dengan layanan berkirim pesan baru tersebut kita tidak hanya bisa berkirim pesan teks saja, namun juga bisa berkirim foto, suara, bahkan video.

Kedua layanan Facebook Messenger dan WhatsApp juga terdapat fitur nada pemberitahuan pesan baru masuk. Namun fitur nada notifikasi ini jarang disadari kebanyakan pengguna.

Akhirnya nada dering kebanyakan orang sama, dan kita jadi bingung, apakah nada dering pesan tersebut berasal dari smartphone milik kita atau orang lain.

Cara Mengganti Nada Notifikasi Facebook Messenger dan WhatsApp

Lalu bagaimana ?

Solusinya tidak ada pilihan lain selain mengganti nada notifikasi pesan masuk pada aplikasi pesan tersebut. Nah pada artikel ini kita akan membahas mengenai cara mengganti nada dering dan suara notifikasi default pada kedua aplikasi pesan instan seperti Facebook Messenger dan Whatsapp ini.

Untuk yang pertama kali akan melakukannya, perhatikan langkah-langkah berikut. Oh iya langkah ini dipraktikan pada smartphone dengan sistem operasi Android, bukan pada iOS.

Facebook Messenger

Untuk pengaturan mengubah nada dering pesan masuk dan notifikasi di aplikasi Facebook Messenger bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Mengganti Nada dering Facebook Messenger

  1. Jalankan aplikasi Facebook Messenger seperti biasa dan masuk ke menu pengaturan dengan mengetuk foto profil pada atas kanan layar.
  2. Nanti akan nampak menu Notifikasi & Suara dengan ikon yang menyerupai lonceng.
  3. Selanjutnya ketuk menu tersebut dan akan sub-menu yang berkaitan dengan setelan nada dan notifikasi.
  4. Selanjutnya tinggal ketuk menu Suara pemberitahuan untuk merubah nada pesan masuk dan Nada dering telepon gratis untuk merubah nada panggilan masuk.

WhatsApp

Berbeda dengan Facebook Messenger, Nada dering notifikasi pada WhatsApp bisa menggunakan nada dering yang kita inginkan, pengguna bisa mendownload musik atau .mp3 untuk dijadikan nama dering pesan masuk atau panggilan pada Whatsapp.

Cara Mengganti Nada Notifikasi WhatsApp

 

  1. Jalankan aplikasi WhatsApp seperti biasanya, ketuk menu setelan pada kanan atas yang berbentuk titik tiga.
  2. Selanjutnya akan ke menu Setelan > Notifikasi.
  3. Selanjutnya akan muncul sub-menu notifikasi yang berhubungan dengan nada dering.
    Pengaturan Notifikasi WhatsApp
  4. Tinggal pilih Notifikasi pesan untuk mengganti nada pemberitahuan pesan masuk, Notifikasi grup untuk mengganti nada pemberitahuan dari grup dan Notifikasi panggilan untuk mengganti nada pemberitahuan ketika ada panggilan.

Untuk yang akan menggunakan nada dering yang berbeda di WhatsApp, pastikan sebelumnya sudah mengunduh lagu atau musik yang akan digunakan sebagai nada dering.

Tidak sulit bukan? Jika masih kesulitan mengikuti langkah-langkah diatas ada dua kemungkinan, pertama versi aplikasi yang digunakan berbeda atau bahasa yang digunakan pada smartphone menggunakan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Ya begitulah pokoknya. Ada pertanyaan? Yuk sampaikan melalui komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here