Ukuran Foto & Video Instagram

Dengan menggunakan ukuran foto dan video yang direkomendasikan Instagram, akan membuat foto dan video tidak mengalami banyak perubahan ketika upload, baik dalam segi ukuran dan kualitas.

0
Rekomendasi Ukuran Foto dan Video Instagram

Kira-kira berapa rekomendasi ukuran foto dan video untuk di unggah ke Instagram? Pernah menjumpai foto postingan Instagram orang lain yang nampak lebih bagus dan memiliki komposisi yang pas?

Seperti yang kita tahu bahwa Instagram merupakan media sosial yang dirancang oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger (Burbn, Inc.) dibuat khusus untuk pengguna smartphone, itu sebabnya semua fiturnya hanya maksimal digunakan ketika dibuka melalui aplikasinya, pengguna bisa dengan mudah mempostingan foto dan video ke Instagram.

Meski fitur akan lebih terasa maksimal digunakan pada smartphone, namun faktanya banyak foto dan video bagus yang dijumpai di Instagram diolah melalui dekstop dengan bantuan software seperti Photoshop.

Walapun sudah banyak aplikasi pengedit foto mobile yang bagus, namun banyak kreator profesional lebih memilih melakukan pengolahan gambar dan video melalui deksktop untuk hasil yang maksimal.

Belum tahu cara mengambil video Instagram? Anda bisa menyimpan video IG yang Anda suka. Simak: Cara Download Video Instagram.

Ketika melakukan pengeditan foto atau video diluar aplikasi Instagram, untuk hasil yang maksimal kamu harus mengikuti ukuran standar yang direkomendasikan oleh Instagram, jadi pada saat diupload, foto tidak akan terpotong dan hasilnya akan bagus.

Perangkat apapun yang dipakai untuk mengunggah foto atau video postingan harus menggunakan ukuran dasar dari Instagram, agar hasilnya maksimal, tidak berubah dan tidak terpotong lagi. Jadi foto terunggah sesuai dengan konsep yang dibuat sebelumnya.

Dengan menggunakan ukuran yang direkomendasikan Instagram, foto dan video yang di posting akan tampil dengan sempurna. Karena kualitas foto tidak hanya dinilai berdasarkan estetikannya saja, namun resolusi pikselnya pun berpengaruh.

Untuk untuk foto yang akan diunggah ke Instagram, bisa di edit terlebih dahulu menggunakan aplikasi edit foto terbaru, agar hasilnya lebih maksimal.

Foto dengan ukuran piksel yang besar maka akan sebaik bagus hasilnya jika diunggah di Instagram. Untuk jelasnya, berikut adalah rekomendasi ukuran foto potingan Instagram. Simak jangan sampai salah ya!.

Ukuran Post Instagram

Pada awalnya setiap foto yang diunggah ke Instagram akan berubah menjadi bentuk persegi. Artinya setiap foto yang akan diunggah ke Instagram harus memiliki ukuran setiap sisinya sama panjang, jika bentuknya persegi panjang maka ukurannya akan berubah otomatis menjadi persegi empat.

Namun pada tahun 2018 kemarin, Instagram memperbaharui peraturannya, pengguna tidak perlu lagi takut foto terpotong dan repot mengedit foto menggunakan frame agar foto tampil dengan dengan sempurna. Sekarang pengguna bisa dengan bebas menggunakan berbagai ukuran foto, mau vertikal atau horizontal tetap akan tampil dengan sempurna.

Baca juga artikel terkait Instagram:

Rekomendasi Ukuran Foto Instagram

Kenapa harus menggunakan ukuran foto yang direkomendasikan oleh Instagram? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ukuran foto dan video asli yang diposting tidak akan sama lagi ketika sudah ditampilkan di Instagram. Ukuranya akan mengikuti ukuran standar yang ditentukan Instagram.

Tapi masalahnya jika file yang akan diposting ternyata memiliki ukuran lebih kecil dari ukuran yang sudah ditetapkan Instagram. Akan ada kemungkinan foto yang di post akan nampak kurang bagus dan tidak disukai orang lain.

Agar foto atau video yang diunggah bisa maksimal hasilnya, maka dalam melakukan pengolahan foto dan video bisa menggunakan beberapa ukuran standar Instagram sebagai patokannya.

1. Ukuran Foto Profil Instagram

ukuran foto profil instagram

Foto profil merupakan salah satu bagian penting yang mencerminkan identitas pemilik akun Instagram. Jadi pertimbangkan foto atau gambar yang akan digunakan untuk foto profil dan untuk hasil yang maksimal gunakan ukuran yang pas.

Foto profil yang akan muncul pada akun Instagram memiliki ukuran optimal 110px x 110px dan ukuran maksimalnya 180px x 180px dengan rasio aspek 1: 1. Artinya bentuk foto yang dijadikan foto profil adalah persegi, namun akan tampil bulat.

Tapi sebetulnya, pengguna bisa menggunakan ukuran yang lebih besar dari rekomendasi ukuran diatas. Namun, pengguna harus memastikan foto memiliki rasio aspek 1:1, jika tidak maka akan ada bagian foto yang hilang pada profil nantinya.

Contoh ukuran foto profil yang bisa digunakan pada akun Instagram:

  • 128px x 128px
  • 161px x 161px
  • 256px x 256px
  • 512px x 512px
  • 1024px x 1024px
  • 1080px x 1080px

Baca juga artikel terkait Instagram:

2. Ukuran Foto yang Diunggah di Instagram

timeline instagram

Untuk ukuran foto post yang akan diunggah di Instagram bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pengguna tidak hanya berbentuk persegi saja, namun bisa juga mengupload foto dengan bentuk landscope sekalipun.

Rekomendasi ukuran foto persegi Instagram: 1080px x 1080px dengan aspek rasio 1:1. Namun pengguna juga diijinkan mengunggah persegi dengan ukuran sampai 2048px x 2048px. Foto instagram persegi panjang cocok digunakan untuk postingan layar penuh.

Rekomendasi ukuran foto lanscape Instagram: 1080px x 566px dengan menggunakan aspek rasio yang disarankan adalah 16:9. Pengguna juga bisa menggunakan ukuran foto yang lebih kecil seperti 600px x 400px.

Rekomendasi ukuran foto portrait Instagram: 1080px x 1350px, dengan menggunakan aspek rasio 5:4. Namun, ukuran foto yang akan tampil pada feed atau timeline Instagram adalah 600px x 749px. Ukuran instagram portrait bisa untuk pelbagai jenis foto. Ikuti ukuran Instagram feed yang direkomendasikan tersebut.

Rekomendasi ukuran foto Instagram Story:1080px x 1920px dengan menggunakan aspek rasio 16:9. Dengan ukuran Instagram story , konten tidak akan terpotong dan tidak akan pecah hasilnya.

Supaya post Instagram keren dan tidak pecah, maka bisa menggunakan ukuran yang direkomendasikan pihak Instagram.

3. Ukuran Video Instagram

ukuran video Instagram, instagram post size

Ukuran dan resolusi video yang akan diunggah ke Instagram pun harus diperhatikan untuk hasil yang maksimal, agar hasilnya tidak pecah pada saat sudah diposting.

Untuk video bisa menggunakan aspek rasio 16:19 dengan ukuran minimal 600px x 336,5px dan maksimal berukuran 1200px x 673px.

Namun ukuran video yang direkomendasi untuk diunggah ke instagram adalah 640px x 640px dengan panjang durasi 3 sampai 60 detik.

Untuk video yang digunakan untuk Instagram Stroy  adalah 750px x 1334px. Dengan durasi maksimal 10 detik. Atau bisa juga dengan ukuran 1080px x 1920px dengan menggunakan aspek rasio 16: 9.

Ukuran video Instagram tv bisa menggunakan salah satu ukuran diatas. Sesuaikan juga dengan jenis videonya.

4. Ukuran Iklan Instagram

ketika akan membuat iklan di Instagram, ada baiknya memperhatikan ukuran dan format yang akan digunakan. Sebaiknya menggunakan ukuran yang direkomendasikan berikuti ini.

Untuk iklan dengan format persegi bisa menggunakan ukuran 1080px x 1080px, meski ukuran yang akan tampil adalah 640px x 640px. Namun dengan menggunakan ukuran yang direkomendasikan akan mempertahankan kualitas konten yang diunggah untuk iklan.

Iklan yang akan menggunakan format lanscape maka gunakan ukuran 1080px x 566px, dan ukuran yang akan tampil adalah 640px x400px.

Sebagai informasi tambahan, ketika akan membuat iklan di Instagram, perhatikan ukuran teks yang akan ditampilkan pada iklan Instagram. Karena Instagram hanya memperbolehkan ukuran teks 20% dari ukuran gamabar.

Baca juga artikel terkait Instagram:

Instagram kini menjadi salah satu media sosial yang populer digunakan banyak orang. Melalui media sosial ini penggunanya bisa membuat konten menarik untuk menjangkau banyak orang, tujuannya bisa untuk mengenalkan atau mempromosikan apapun. Untuk itu menyajikan foto dan video yang berkualitas menjadi sebuah keharusan.

Meski ukuran foto yang akan diunggah ke Instagram hanya bersifat teknis, namun hal ini bisa menjadi penentu keberhasilan postingan memperoleh banyak likes dan komentar atau tidak.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here