Cara Menghapus Akun Instagram

cara hapus akun instagram

Belum tahu cara menghapus atau menutup akun Instagram (IG)? Ternyata tidak sulit, kita bisa menghapus akun Instagram langsung lewat HP dengan cepat dan mudah.

Cara menghapus akun Instagram bisa dilakukan lewat web browser atau langsung dari aplikasi Instagramnya langsung. Selain itu, kita juga bisa menutup akun IG permanen atau sementara.

Seperti yang kita tahu, Instagram merupakan salah satu sosial media yang kini banyak digunakan, khususnya di kalangan anak muda untuk berbagi foto, video, bahkan berjualan online.

Tidak hanya itu, lewat Instagram juga Anda bisa mendapatkan informasi terkini yang sedang hangat diperbincangkan banyak orang. Dengan begitu. Anda tidak akan ketinggal pelbagai informasi menarik.

Meski memiliki banyak keunggulan, namun tidak sedikit pengguna yang ingin menghapus akun Instagram mereka, tentu setiap orang memiliki alasannya masing-masing, seperti karena masalah privasi, memiliki banyak akun, atau karena ingin menghapus/ menonaktifkan akun Instagram.

Namun, sebelum memutuskan akan menghapus akun Instagram, sebaiknya Anda memikirkannya matang-matang, karena setelah menghapus akun Instagram secara permanen akun Anda tidak bisa kembali lagi.

Jika sudah yakin melakukannya, Anda bisa menyimak cara menghapus akun instagram berikut.

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

Seperti yang sudah dijelas sebelumnya, cara menghapus akun Instagram bisa dilakukan lewat web browser atau aplikasi Instagramnya langsung. Berikut langkah-langkahnya.

Cara menghapus akun Instagram Lewat Browser

Cara hapus akun Instagram permanen lewat browser:

1. Buka dan jalankan web browser, lalu kunjunjungi instagram.com.

2. Lakukan Login menggunakan akun Instagram yang akan dihapus.

cara delete akun instagram

3. Lalu kunjungi laman Delete Your Account/ Hapus Akun Anda.

hapus akun instagram permanen

4. Langkah berikutnya, pilih alasan kenapa Anda menghapus akun Instagram secara permanen. Misalkan pilih ‘Masalah privasi’.

5. Lalu masukan kembali kata sandri akun Instagram Anda.

cara menutup akun ig

6. Langkah terakhir klik tombol Permanently delete my account/ Hapus akun saya secara permanen. Jika muncul permintaan konfirmasi klik Ok.

Dengan langkah-langkah di atas, kita sudah berhasil hapus akun Instagram permanen.

Selain itu cara menghapus akun Instagram secara permanen juga bisa dilakukan lewat aplikasi Instagramnya langsung. Namun langkah-langkahnya agak sedikit panjang.

Sering menemukan video menarik di Instagram dan ingin menyimpannya? Berikut Cara Download Video di Instagram.

Cara menghapus akun Instagram Lewat Aplikasi Instagram

Meski melakukannya lewat aplikasi, namun tetap saja pada tahap delete akun Instagram akan menjalankan browser.

Cara delete akun Instagram:

1. Jalankan aplikasi Instagram, dan pastikan sudah login menggunakan akun yang akan ditutup.

cara menghapus akun instagram permanen

2. Lalu masuk ke menu Profil > tekan tombol garis tiga horisontal yang ada di pojok kanan atas > masuk ke menu Pengaturan/ Setting > lalu pilih menu Bantuan.

3. Pada menu Bantuan, pilih menu Pusat Bantuan.

cara tutup akun instagram

4. Selanjutnya kita akan membuka laman Pusat Bantuan lewat web browser. Pilih menu Mengelola Akun Anda.

5. Lalu pilih Hapus Akun Anda. Selanjutnya pilih tab ‘Bagaimana cara menghapus akun saya?‘. Lihat poin nomor 1, klik tautan ‘laman Menghapus Akun Anda‘.

6. Selanjutnya kita akan diminta untuk login dengan akun Instagram yang akan dihapus.

Pada bagian ‘Mengapa Anda menghapus akun Anda?’ pilih salah satu alasan mengapa kita menghapus akun Instagram kita. Misalkan ‘Terlalu Banyak Iklan’.

Selanjutnya masukan lagu kata Sandi akun. Lalu tekan tombol ‘ Hapus akun saya secara permanen‘.

Ingin melihat foto profil Instagram teman atau idola secara penuh? Simak Cara Melihat Foto Profil Instagram untuk bisa melihatnya.

Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Jika Anda kurang yakin dengan langkah menghapus akun Instagram secara permanen karena masih ragu atau karena alasan lain, maka Anda bisa menggunakan fitur menonaktifkan akun Instagram sementara.

Dengan menonaktifkan akun Instagram sementara memiliki dampak yang hampir sama dengan pada saat Anda menghapus secara permanen, yaitu profil, foto, followers, like dan komen pada akun akan disembunyikan beberapa saat, dan akan ditampilkan kembali pada saat akun diaktifkan kembali.

Berikut cara menonaktifkan akun Instagram:

1. Buka dan jalankan browser, lalu kunjungi Instagram.com.

2. Lakukan Login dengan akun Instagram yang akan dinonaktifkan.

3. Setelah berhasil masuk, lalu klik ikon Profil yang berada di bagian bawah kanan. Nanti akan masuk ke laman Profil.

4. Pada laman Profil, klik menu Edit Profil.

5. Setelah berhasil masuk ke laman Edit Profil, gulir ke bagian bawah dan klik Nonaktifkan sementara akun saya.

Cara Menonaktifkan Instagram

6. Pada laman Menonaktifkan Akun Anda Sementara, lalu pilih alasan Mengapa Anda menonaktifkan akun Anda? dan untuk melanjutkan, masukan lagi kata sandi.

hapus akun ig

7. Jika sudah, langkah terakhir klik tombol Akun Dinonaktifkan Sementara. Jika ada permintaan konfirmasi, klik Ya.

Nantinya Anda akan dialihkan ke laman Login. Tanda bahwa akun Instagram Anda berhasil dinonaktifkan, akan muncul notifikasi pada saat Login/ masuk.

Mengaktifkan Kembali Akun

Setelah akun Instagram Anda dinonaktifkan, Anda masih bisa mengaktifkannya kembali di periode tertentu. Misalkan Anda akan vakum selama 2 atau 3 bulan.

Untuk mengaktifkan akun Instagram pasca dinonaktifkan, Anda memerlukan waktu 1 minggu, setelahnya Anda baru bisa menggunakan kembali akun tersebut.

Caranya Anda hanya perlu Login lewat aplikasi Instagram atau lewat browser. Lakukan Login menggunakan username dan password seperti biasa menggunakan akun tersebut.

Bagaimana? Tidak sulit bukan menghapus akun Instagram permanen atau untuk sementara?

Hapus akun Instagram ternyata memiliki beberapa dampak positif loh. Berikut keuntungan ketika kita menghapus Instagram.

Dampak Positif Menghapus Instagram

Meski Instagram menjadi salah satu media sosial yang cukup populer dan ada banyak informasi menarik yang bisa kita jumpai. Namun, tidak selamanya kita butuh Instagram.

Ketika kita memutusakan untuk hapus akun IG, akan ada banyak dampak positif yang akan kita proleh, Berikut diantaranya.

1. Lebih Fokus

Tanpa kita sadari aktivitas di media sosial bisa memakan banyak waktu. Banyak hal menarik bisa kita jumpai di Instagram. Termasuk mengikuti akun-akun gosip yang membuat penasaran itu.

Banyak postingan Instagram yang bisa membuat kita ketagihan yang kadang membuat kita lupa waktu dan menunda banyak pekerjaan karena keasyikan bermain Instagram.

Jika kita sudah menutup atau delete akun Instagram, maka besar kemungkinan kita bisa lebih fokus mengerjakan berbagai tugas di kehidupan nyata.

2. Bisa Lebih Bersyukur

Sebenarnya ini subjektif, karena pada setiap orang memiliki dampak yang berbeda-beda. Namun untuk anak usia di bawah umur kadang jadi masalah yang serius.

Instagram menjadi media bagi penggunanya untuk membagikan sesuatu yang membanggakan, bisa itu prestasi, barang, sampai hubungan pribadi. Hal-hal tersebutlah yang kadang menimbulkan rasa iri, bukan jadi inspirasi.

Nah, jika kita hanya fokus pada postingan semacam itu dan tidak bisa menyikapinya dengan dewasa, maka besar kemungkinan kita bisa merasa iri. Merasa iri dengan yang mereka punya dan menyesali diri karena tidak memiliki apa yang mereka punya.

Maka solusinya adalah berhenti melihat ‘pameran’ para pengguna Instagram, bisa dengan berhenti mengikuti atau menutup akun IG sekalian.

3. Lebih Sehat Secara Emosional

Meski berselancar di media sosial bisa menyenangkan, namun media sosial seperti Instagram ini banyak digunakan untuk berbuat hal-hal yang negatif. Contohnya seperti beragam komentar nitizen yang toxic,

Hal-hal tersebut bisa mempengarui emosi kita. Jika kita berada dalam lingkaran kenegatifan seperti itu, lama-lama bisa membuat kita merasa stres dan mungkin kita juga bisa menjadi pribadi yang sama seperti netizen tidak beretika dalam berkomentar.

4. Lebih Sehat Secara Fisik

Tidak hanya bisa mempengaruhi secara mental, kecanduan media sosial juga memiliki dampak pada kesehatan fisik.

Penggunaan medsos secara berlebihan bisa menimbulkan beberapa gangguan fisik, seperti mata rusak, kelelahan dan penyakit lainnya akibat kurang gerak dan olahraga.

Ada yang lebih parah lagi, yaitu distraksi. Banyak orang yang berselancar di media sosial sambil menyetir. Bahayanya adalah konsentrasi yang terpecah bisa menyebabkan kecelakaan berujung fatal.

Itu pembahasan mengenai cara menghapus akun Instagram untuk menonaktifkan akun secara permanen atau sementara yang disertai dengan beberapa manfaat menghapus akun Instagram.

Untuk yang belum yakin menutup akun Instagram, alangkah baiknya jika memilih opsi untuk menghapus akun Instagram untuk sementara waktu. Semoga bermanfaat.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here