Cara Promosi di Instagram Gratis

0
Cara Promosi Instagram Gratis
Cara Promosi Instagram Gratis © Sprout Social

Instagram kini menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan di Indonesia, itu sebabnya Instagram bisa jadi media untuk beriklan. Juga popularitas Instagram terus meningkat setelah tahun 2012 di akuisisi oleh Facebook dan banyak fitur baru ditambahkan untuk memanjakan penggunannya.

Instagram bisa menjadi media beriklan yang memiliki peluang besar. Bayangkan saja per September 2017, Instagram memiliki rata-rata 500 juta pengguna aktif setiap harinya. Alasan ini di perkuat dengan adanya fakta, bahwa 80% pengguna instagram menjadi pengikuti akun bisnis.

Data lainnya yang patut jadi bahan pertimbangan adalah dari 500 juta pengguna harian, ada lebih dari 200 juta pengguna melihat akun bisnis setiap harinya. Padahal 2/3 pengguna merupakan akun yang tidak pernah jadi pengikut akun bisnis yang dilihat.[https://business.instagram.com/]

Fakta lain juga di ungkapkan oleh Yotpo, bahwa setidaknya ada lebih dari 30% pengguna Instagram melakukan pembelian produk yang ditemukannya dalam layanan media sosial ini.

Bagaimana Melakukan Promosi di Instagram?

Langkah Beriklan di Instagram
Langkah Beriklan di Instagram ©Gadgetren
  1. Untuk bisa menggunakan fitur iklan untuk promosi di Instagram, akun yang digunakan harus merupakan akun bisnis.
  2. Kemudian tinggal membuat post berupa foto atau video yang akan diiklankan, maka akan dijumpai tombol Promosikan pada bagian bawah postingan.
  3. Jika menjumpai pilihan untuk mengakses akun Facebook, maka pilih Lanjutkan sebagai Username.
  4. Jangan lupa juga untuk mengatur pilihan akan dibawa kemana orang saat mengklik tombol dalam iklan, untuk melakukannya klik tombol tanah panah yang berada di pojok kanan atas.
  5. Selanjutnya mengatur target iklan, pengguna yang seperti apa yang akan disasar, dalam ini kamu bisa membuat racikannya sendiri, sesuaikan dengan produk yang akan diiklankan, atau bisa pilih otomatis, dan klik tombol tanda panah kembali.
  6. Selain itu, kamu juga harus mengatur rencana pembiayaan iklan dan berapa lama langganan fitur iklan, selanjutnya konfirmasi dengan mengklik tombol tanda panah.
  7. Untuk melihat tampilihan iklan yang akan dipromosikan, klik pilihan Tampilkan Contoh Promo.
  8. Untuk memilih jenis pembayaran iklan Instagram bisa klik tombol Tambahkan Uang, selanjutnya pilih Kartu Kredit atau Debit Baru, dan lakukan pengisian fomulir yang diminta.
  9. Jika semuanya sudah selesai, klik tombol Simpan Kartu.
  10. Langkah terakhir adalah tinggal klik tombol Buat Promosi untuk memulai iklan yang sudah dibuat sebelumnya.

Setelah iklan berhasil dimuat, kamu juga harus melakukan pengecekan terhadap pencapaian dan keberhasilan iklan dengan mengklik tombol Insights yang ada pada post yang sudah dipromosikan. Tujuannya supaya kita bisa melakukan evaluasi terhadap iklan yang dibuat, untuk dipelajari dan dikembangkan, sebagai bahan pertimbangan ketika akan membuat iklan selanjutnya.

Adakah Cara Promosi Instagram Gratis?

Selain menggunakan fitur promosi iklan di Instagram yang berbayar, kamu juga bisa menggunakan cara lain untuk promosi secara gratis di Instagram, yaitu dengan memanfaatkan fitur hastag untuk menjangkau lebih banyak pengguna di Instagram.

Fitur gratis dari Instagram ini bisa sangat ampuh untuk promosi produk, kita hanya perlu membuat unggahan konten video atau foto menarik dengan memanfaatkan hastag yang berhubungan dengan topik yang lagi hist atau trending.

Untuk kamu yang tidak memiliki tools untuk melihat hastag atau topik yang sedang hits, ada cara alternatif untuk mengetahuinya, yaitu dengan menggunakan media sosial seperti Twitter, karena biasanya yang sedang nghits di Twitter juga nghits di Instagram, walaupun tidak semua, tapi kamu bisa mencobanya.

Hastag yang sedang banyak diperbincangkan oleh nitizen bisa dijumpai pada kolom pencarian, nanti akan muncul kumpulan topik atau hastag yang sedang populer.

Selain menggunakan hastag yang sedang trending, kamu juga bisa menggunakan merek, waktu, kontes dan hastag lainnya yang banyak dipakai pengguna, agar unggahan unggahan yang ingin kamu promosikan bisa menjangkau banyak orang.

Untuk cara lain yang tidak kalah efektif untuk mempromosikan produk kamu, bisa dengan memanfaatkan hastag pada halam profi agar profil bisnis kamu juga bisa dengan mudah dijumpai ketika ada pengguna sedang mencari topik dengan dengan hastag yang kamu gunakan.

SUMBERGadgetren
Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here