Efek Jika Blokir Kontak Whatsapp – Memblokir atau Diblokir ?

38
Efek Ketika Blokir Whatsapp Orang lain
Efek Ketika Blokir Whatsapp Orang lain

Whatsapp sebagai aplikasi kirim pesan yang paling banyak digunakan saat ini memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan penggunannya, salah satu fitur menarik yang bisa digunakan adalah fitur blokir kontak WA. Fitur blokir ini bisa kita gunakan untuk memblokir kontak WA yang sering mengganggu atau kontak yang tidak kita kehendaki untuk menghubungi kita atau karena sebab lainnya.

Ketika fitur blokir kita gunakan untuk memblokir kontak seseorang, maka secara otomatis kita akan berhenti menerima pesan, panggilan dan pembaharuan dari kontak yang telah kita blokir. Jadi ketika memutuskan akan memblokir kontak seseorang kamu sudah faham akan efek yang ditimbulkan, misalkan kangen mantan.

Nah selain itu, kamu juga bisa jadi korban dari fitur blokir Whatsapp ini, misalkan kamu diblokir mantan, diblokir teman, diblokir mang ojol, atau diblokir istri orang dll. Nah pada artike ini akan membahas tentang cara memblokir kontak, membukan blokir kontak, dan tanda bahwa kamu sudah diblokir oleh seseorang di Whatsapp.

Semoga berfaedah artikel ini.

Cara Memblokir dan Membuka Blokir Kontak

Ketika kamu memblokir seseorang, kamu sudah harus benar-benar yakin bahwa kontak yang kamu blokir merupakan kontak yang tidak berguna, kontak dari seorang pecundang, kontak orang iseng, kontak yang tidak berfaedah sama sekali atau kontak yang memiliki banyak mudarat, ya misal kontak selingkuhan, tente girang, om gatel, isteri/suami orang lain. *Mungkin.

Memblokir kontak Whatsapp

Sekali lagi, dengan memblokir kontak WA berarti kamu harus sudah yakin akan berhenti berkomunikasi dengan kontak yang akan diblokir, seperti berhenti menerina pesan, panggilan dan status dari kontak WA yang diblokir.

Cara memblokir kontak :

Memblokir kontak Whatsapp
Memblokir kontak Whatsapp
  • Buka aplikasi Whatsapp, buka Menu pada simbol titik tiga horizontal > Setelan > Akun > Privasi > Kontak terblokir.
  • Pilih Tambah.
  • Selanjutnya cari kontak yang ingin kamu blokir.

Cara Alternatif memblokir Kontak Whatsapp :

  • Bukan chat dengan kontak yang akan diblokir, tap Menu > Lainnya > Blokir > BLOKIR.
  • Bukan chat dengan kontak yang akan diblokir, tap nama kontak > Blokir > BLOKIR

Cara Memblokir Nomor tidak dikenal atau belum terdaftar di kontak :

  • Bukan chat dengan kontak yang tidak dikenal tersebut, tap Menu > Lainnya > Blokir > BLOKIR

Selain memblokir pesan dari nomor yang tidak kamu kenal, jikan pesan yang dikirim merupakan pesan bohong, hoax, kebencian, SARA dan spam, kamu bisa pilih LAPORKAN DAN BLOKIR. Tujuannya agar ada tindakan dari pihak Whatsapp.

Efek Memblokir Kontak Whatsapp:

  • Pesan, panggilan, dan pembaruan status yang dibuat dan dikirim kontak yang kamu blokir tidak akan ditampilkan pada aplikasi Whatsapp kamu dan tidak akan pernah dikirim ke kamu.
  • Terakhir dilihat/Last seen, online, pembaruan status kamu dan berbagai perubahan lainnya termasuk foto profil tidak akan bisa dilihat oleh kontak yang telah diblokir.

Membuka Blokir Kontak Whatsapp

Setelah memblokir kontak WA mantan, namun…. eh setelah merenung berminggu-minggu ternyata kangen lagi, kontak yang kamu blokir ternyata nomor orang kamu kenal, atau kamu sudah baikan dengan teman yang kamu blokir di WA. Kini saatnya kamu membuka blokir kontaknya dengan cara dibawah ini.

Cara membuka blokir kontak WA :

  • Buka aplikasi Whatsapp, buka Menu  > Setelan > Akun > Privasi > Kontak terblokir.
  • Tap kontak yang ingin kamu buka blokir.
  • Tap Buka blokir (kontak), maka kamu dan kontak tersebut sudah dapat mengirim pesan, melakukan panggilan dan berbagi permbaruan status.

Cara alternatif untuk membuka blokir WA adalah dengan mencari kontak yang kamu blokir > tap Buka blokir (kontak).

Efek Membuka Blokir Kontak Whatsapp :

  • Setelah kamu membuka blokir kontak, maka kamu bisa menerima atau mengirim pesan, menerima atau melakukan panggilan, dan bisa berbagai pembaharuan status dengan nomor tersebut. Namun kamu tidak akan menerima pesan yang dikirim oleh kontak tersebut selama kontak ini diblokir.

Catatan tambahan, kamu tidak bisa membuka kontak yang diblokir jika nomor yang bersangkutan tidak kamu simpan di buku telepon/kontak.

Tanda Telah Diblokir Oleh Seseorang

Nah jika sebelumnya kita membahas tentang memblokir Whatsapp orang lain, kini giliran kamu bagaimana kalau diblokir orang lain. Tanda-tandanya hampir sama dengan yang sudah dibahas diatas, bedanya hanya terjadi pada kamu saja. Berikut penjelasannya.

  • Pertama kamu tidak bisa melihat terakhir dilihat/last seen dan online pada chat.
  • Kamu juga tidak bisa melihat pembaharuan foto profil kontak tersebut, bahkan fotonya jadi default Whatsapp.
  • Setiap pesan yang kamu kirim ke kontak yang telah memblokir kamu akan menampilkan tanda centeng satu(pesan terkirim), namun tidak akan pernah menampilkan centang kedua(pesan diterima).
  • Panggilan yang kamu lakukan tidak akan terhubung.

Jika kamu mengalami semua tanda-tanda diatas khusus Whatsapp kamu, maka kemungkinan besar kamu telah diblokir oleh nomor yang bersangkutan. Kamu bisa memastikannya jika nomor yang bersangkutan masih bisa berhubungan dengan kontak WA lain(mungkin teman, sodara atau keluarganya). Karena bisa saja ada kemungkinan lain. Tetap berpikir positif.

38 KOMENTAR

  1. Mikum mas…Mas saya mau tanya ya jika nomer diblokir oleh whatsapp apakah bisa dibuka lagi blokiran nya?siapa tahu gimana caranya

  2. Mas mau tanya sebelum saya memblikir bberapa kontak saya sempat membuat status maaf dan terimaksih lalu saya blokir mereka
    Apakah mereka msh bisa lihat status saya tadi Setelah saya blokir?

  3. Mau tanya mas…misal ad no saya blokir..kemudia no.nya saya hapus dri kontak tlp maupun kontak wa…nah itu nomer kan di blokir wa masih terpampang….misal saya klik itu nomer otomatis tulisan.nya buka blokir tp nomer kontak langsung hilang cz td sblumnya sudah saya hapus kan kntak dr buku tlp…nah apa bisa kontak tsb melihat status wa saya???

    • Seharusnya tidak akan bisa melihat status yang mas buat. Atau jika ingin memastikan orang tersebut tidak bisa melihat status yang mas buat, maka atur saja privasi statusnya dengan cara buka Setelan > Akun > Privasi > Status > Kontak saya, jadi hanya orang dalam daftar kontak saja yang bisa melihat status yang mas buat.

  4. Permisi mau nanya
    Kalo saya blokir wa, dan orang yg saya blokir, dia blokir balik. Apakah setelah saya membuka blokir, tetap tidak bisa kirim pesan?

  5. Mas mau tanya..
    Jika kontak wa sudah di blokir apakah pesan yang terkirim menghilang daribkontak yang di blokir??dan apakah pesan akn masuk jiks pemblokiran dibatalkan,,???

      • mas saya mau tanya, saya kan kesel sama seseorang, saya mau blokir untuk sementara, eh saya salah pencet ke laporkan dan blokir, wa chat dia ngga ke blokir tapi semua history chat saya dan dia kehapus.
        dan saya sudah melakukan pencadangan, saya pun sudah uninstall dan install kembali wa saya. Namun data chat dia tidak kembali, tapi wa teman” saya kembali.
        bila seperti itu mas tau gk ya cara mengembalikannya gimana ? plis help mas …

  6. Mas,kalo kontak telah diblokir,apa bisa melihat orang itu ganti profil atau tidak ??
    Misalnya foto dikontak kita atas orang yg diblokir tsb berubah gitu? Dan gasama saat foto profil pertama kita blokir?

  7. Mas kan nmor sya tdinya disave trs dihpus tp bekas perckpan di wa msih ad jdi hanya terlihat nmor sya sja di wa dia… gtw knp trs sya di blokir… apa jika kita sudah di bolkir dia msih bs melihat pembaharuan foto profil kita?

    • Halo Herlina, Jika WhatsApp kamu diblokir oleh yang bersangkutan, maka yang bersangkutan tidak akan bisa melihat foto profil yang kamu gunakan. Kecuali blokiran tersebut sudah dibuka kembali.

      Intinya ketika kita blokir WhatsApp seseorang maka kedua belah pihak tidak bisa tidak bisa melihat foto profil, status yang dibuat masing-masing. Dan yang pasti tidak bisa berkirim pesan juga tidak bisa melakukan panggilan.

  8. Mas mau nanya, kalo misal kita udah blokir.orang tersebut, dan mikir2 lagi akhirnya buka blokirannya. Apakah orang itu bisa melihat kembali status wa yg kita buat?

    • Halo Dinda,

      Saat nomor WhatsApp tersebut diblokir, maka pemilik nomor tersebut tidak akan bisa mengirim pesan juga tidak bisa melihat status yang kamu buat. Namun ketika nomor tersebut dibuka kembali blokirannya, maka secara otomatis bisa melihat kembali status yang kamu buat di Whatsapp.

      Mungkin jika kamu berkeinginan nomor yang bersangkutan tidak bisa melihat status yang kamu buat, bisa melakukan pengaturan pada Privasi Status Whatsapp. Caranya: Masuk ke Setelan > Akun > Privasi > Status > pilih Kontak saya kecuali, tinggal pilih nomor yang ingin kamu cegah agar tidak bisa melihat status yang kamu buat.

      Semoga membantu. Eit, jangan-jangan kamu yang blokir Whatsapp saya ya?

  9. Mas kalo misalnya account saya di blokir dan saya mengirim beberapa pesan/chat, apakah ketika account saya dibuka blokirnya pesan2 pada saat saya diblokir akan terkirim ke orang yang memblokir saya?

    • Jika akun dalam keadaan diblokir, maka tidak akan bisa berkirim pesan, dan pesan yang dikirim pada saat diblokir biasanya tidak akan terkirim meski status blokir sudah dilepas.

  10. Mas..maaf bisa engga kita mengetahui ada org lain yg menyadap whatsapp kita krn setiap percakapan dia sll tahu isinya dan bagaimana bisa krn hp sy ga prnh dipenggangnya dan klo pun dr jarak jauh memakai fitur clone atau aplikasi penyadap tetapi operator kartu berbeda?dan bgmn menghentikannya?

  11. Maaf ka mau tanya kalau semisal kita sudah memblokir kontak seseorang dan sudah menghapus chatnya juga, Mengembalikkan chatnya yang dulu bisa atau tidak?

  12. Mas mau nanya, wa kita sama-sama aktif, sama-sama bisa wa orang lain, tapi kok kalau kita sama-sama wa hanya centang satu dn nelpon tidak bisa, padahal tidak d blokir, dn pembisuan notif juga tidak… Kira-kira itu kenapa ya mas? Dan bagaimana penanganannya? Apakah harus ganti nomor?

    • Mungkin salah satu dari kalian ada yang menggunakan Whatsapp versi MOD, artinya bukan aplikasi Whatsapp resmi. Nah pada whatsapp verso MOD tersebut biasanya ada fitur yang menjadikan status pesan centang satu, meski sudah terbaca.

      Hal lain yang mungkin terjadi adalah ada bug pada salah satu aplikasi Whatsapp yang kalian gunakan. Untuk mengatasinya, pastikan aplikasi Whatsapp yang kalian gunakan adalah versi terbaru dan bukan aplikasi Whatsapp versi MOD.

      Semoga membantu.

  13. Mas saya mau tanya, Kalau misal.kita di blokir org, ada acara gk untuk menghapus foto/dokumen yg pernah kita kirim ke dia, biar itu terhapus baik d kita maupun di dia, terima kasih

  14. Assalamualaikum mas. Jadi kalo misalnya nomor HP hape yang blokir nomor saya. Gak pernah tau nomor dia. Gimana buka blokir wa saya? Terima kasih mas.

    • Walaikumsalam mas,
      kalau nomor Whatsapp mas yang diblokir, maka sulit untuk membuka blokirannya. Mending langsung ke orangnya, tanya apakah yang bersangkutan telah memblokir Nomor masnya, jika iya tanya alasannya kenapa. Siapa tahu ada masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here