Pesan Lama WhatsApp Hilang Misterius, Ini Penyebabnya

Ini yang lagi rame diperbincangkan penduduk dunia maya, percakapan lama WhatsApp hilang secara misterus. Simak deh pembahasannya.

0
Pesan Lama WhatsApp Hilang Misterius

WhatsApp kini menjadi aplikasi komunikasi yang banyak digunakan karena miliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan, namun di balik kepopulerannya WhatsApp masih memiliki beberapa bug pada aplikasinya.

Seperti dikutip dari laman indiatoday, banyak pengguna WhatsApp yang melaporkan masalah pesan lama yang hilang pada aplikasi WhatsApp.

Salah satu pengguna yang bernama Bharat Mishra telah bercerita mengenai masalah hilangnya pesan lama WhatsApp melalui blog miliknya.Tulisannya juga telah dimuat ulang di WaBetaInfo. Pengguna WhatsApp asal India itu menjelaskan bahwa, setiap pagi dia menemukan beberapa pesan WhatsApp lama pada ponsel Moto G4 Plusnya hilang secara misterius.

“Riwayat percakapan beberapa bulan yang lalu telah hilang. Namun sekarang siklusnya berbeda, setiap pagi saya menjumpai beberapa riwayat percakapan menghilang. Saya menggunakan ponsel Moto G4 Plus. Namun beberapa hari ini saya sempat melakukan pencarian di Google dan ternyata yang mengalami masalah yang sama” tulis Mishra.

Mishara juga menjelaskan bahwa dia telah melakukan penginstalan ulang aplikasinya, bahkan hampir sudah lima kali mencobanya. Dirinya juga sudah mencoba menghapus antivirus dan beberapa aplikasi pembersih untuk mengidentifikasi penyebabnya.

Penyabab Pesan Lama WhatsApp Hilang Misterius

“Masalah ini sudah saya alami sejak April. Namun sepertinya WhatsApp belum memberikan kejelasan mengenai masalah yang saya hadapi, namun kami menduga mungkin ini disebabkan karena pengguna belum melakukan Cadangan chat ke Google Drive, itu sebabnya percakapan lama mereka dihapus,” uangkap Mishra.

Pada Agustus 2018 lalu, WhatsApp telah mengumumkan kerja samanya dengan Google Drive, dimana semua percakapan dalam aplikasi bisa di back up ke ke penyimpanan online. Data back up tersebut tidak akan masuk hitungan penyimpanan data penggunanya, dan cadangan yang tidak diperbarui lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis oleh pihak Google Drive.

Mungkin ini bisa jadi salah satu penyabab banyaknya kejadian pesan lama WhatsApp yang hilang secara misterius. Penyebab lainnya bisa karena adanya bug pada aplikasi.

WhatsApp sendiri sudah menyediakan fitur yang bisa digunakan penggunanya untuk melakukan cadangan chat dan data lainnya ke Google Drive, sehingga semua data bisa dengan mudah dipindahkan ke perangkat baru jika akan berganti ponsel.

Sebagai informasi tambahan, untuk melakukan cadangan WhatsApp bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke Menu.
  2. Klik menu Setelan.
  3. Klik menu Chat.
  4. Kemudian klik Cadangan chat.
  5. Pada Setelan Google Drive, klik Cadangkan ke Google Drive. Selanjutnya bisa memilih cadangkan otomatis, bisa harian, mingguan atau bulanan.
Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here