Cara Memindahkan Akun WhatsApp ke HP Baru

0
cara memindahkan akun whatsapp ke hp baru dengan nomor lama

Untuk orang yang menjadikan WhatsApp sebagai alat komunikasi sehari-hari, memindahkan akun Whatsapp ke HP baru merupakan hal penting untuk dilakukan, khususnya untuk akun yang memiliki banyak Chat dan kontak penting.

Meski sebetulnya mudah dilakukan, namun cara memindahkan wa ke hp lain dengan nomor yang sama masih menjadi hal yang sulit dilakukan untuk sebagian orang. Khususnya pada saat mengembalikan daftar chat sebelumnya.

Syarat untuk memindahkan WhatsApp(WA) ke hp baru tanpa menghilangkan chat adalah nomor telepon yang digunakan pada saat pendaftaran akun masih aktif dan memiliki email untuk melakukan back up. Intinya pengguna masih memiliki akses terhadap akun WhatsApp.

Cadangan WhatsApp

Langkah pertama untuk memindahkan wa ke hp baru tanpa menghilangkan chat yaitu dengan melakukan Cadangan/ backup data. Namun sebenarnya, WhatsApp melakukan backup data secara pada penyimpanan lokal setiap hari secara otomatis, pada pukul 02.00 dini hari.

File backup-nya bisa dibuka dengan file manager, lokasinya berada pada memori internal smartphone, cari folder WhatsApp, dan cari folder bernama Database. Pada folder tersebut akan dijumpai beberapa file dengan nama msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12. TTTT menunjukkan tahun, BB menunjukkan bulan, dan DD menunjukkan tanggal backup. Tinggal pilih salah satu dan pindahkan ke tempat penyimpanan lain.

Namun jika ingin melakukan cadangan pada data terbaru, maka hanya perlu menyalin berkas msgstore.db.crypt12, yaitu data backup lokal yang baru dibuat WhatsApp hari itu.

Selain melakukan cadangan pada penyimpanan lokal, pengguna juga bisa melakukan cadangan data ke Google Drive. Perlu diketahui bahwa kini cadangan WhatsApp ke Google Drive tidak mengganggu jatah penyimpanan kita di Google Drive.

cara memindahkan wa ke hp baru tanpa menghilangkan chat

Namun untuk proses backup WhatsApp ke Google Drive harus melakukan pengaturan secara manual terlebih dahulu. Caranya buka Menu dengan cara klik tombol titik tiga pada pojok kanan atas, lalu pilih SetelanChatCadangan chat.

Kemudian pengguna akan diminta untuk melakukan beberapa pengaturan seperti pengatur jadwal pencadangan, akun Google Drive yang akan digunakan, jenis jaringan yang akan digunakan dan opsi untuk menyertakan video untuk dicadangkan. Jika semua sudah dilakukan, kemudian tekan tombol CADANGKAN/ BACKUP.

Cara Memindahkan Akun WhatsApp ke HP Baru

  1. Unduh dan pasang WhatsApp melalui Google Play Store.
  2. Buka dan jalankan WhatsApp. Lakukan verifikasi nomor telepon dengan memasukan nomor telepon dan mengisi kode OTP yang dikirim WhatsApp melalui SMS.
  3. Jika muncul notifikasi ada cadangan file pada Google Drive, maka bisa klik tombol Restore untuk memulihkan cadangan chat pada HP sebelumnya.

Namun, apabila cara diatas tidak membuahkan hasil, data cadangan chat belum bisa dikembalikan, pengguna bisa menggunakan cara kedua, yaitu dengan menggunakan file backup lokal yang sebelumnya sudah berhasil disalin. Kemudian berkas file yang akan dikembalikan diganti namanya menjadi msgstore.db.crypt12.

cara memindahkan wa ke hp lain dengan nomor yang sama

Kemudian copot pemasangan/ uninstall WhatsApp, dan lakukan pemasangan lagi melalui Google Play Store. Sebelum menjalankan aplikasi WhatsApp, pindahkan terlebih dahulu file msgstore.db.crypt12 pada folder WhatsAppDatabases yang berada di memori internal smartphone.

Langkah selanjutnya, buka dan jalankan aplikasi, lakukan verifikasi nomor telepon seperti yang dilakukan sebelumnya. Kemudian jika muncul notifikasi permintaan untuk memulihkan cadangan chat, maka tekan tombol Restore. Selesai.

Bagaimana?

Jika ada pertanyaan atau kamu memiliki cara yang lebih efektif dalam memindahkan WhatsApp ke hp baru tanpa menghilangkan chat bisa disampaikan melalui komentar dibawah ini.

Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here