Fitur yang Dimiliki Android Pie

0
Fitur Baru Android 9 Pie

Saat ini Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di berbagai merek Smartphone. Nah kini Android sudah melakukan pembaruan, yaitu Android 9 Pie sebegai penyempurna dari versi Android sebelumnya yaitu Androi 8.1 Oreo. Versi Android 9.0 pertama kali diperkenalkan pada saat acara tahunan Google I/O 2018 pada bulan mei.

Namun Android Pie baru tersedia untuk smartphone Google Pixel. Namun diprediksikan beberapa smartphone brand terkenal akan segera mendapatkan update Android 9.0 dalan waktu dekat. Berikut smartphone yang akan mendapatkan update Android Pie.

Pada versi Android terbaru ini terdapat beberapa fitur baru yang akan memanjakan penggunanya dalam berbagai aktivitas menggunakan smartphone. Yang menarik pada Android Pie ini adalah desain smartphone bezel-less dan desain notch pada bagian layar. Juga terdapat beberapa fitur baru yang tidak kalau menarik. Pada artikel ini kita akan merangkum beberapa fitur unggulan pada sistem operasi Android 9.0.

Apa saja fitur terbaru yang dibawa oleh Android Pie ? Berikut sembilan fitur menarik pada Android 9.0 yang dirangkum dari Cnet.

Android P's gesture navigation
Android P’s gesture navigation (Android Police)

Mungkin sebagian pengguna yang bosan dengan tombol navigasi bawaan Android, nah pada update kali ini Google menyediakan alternatif di Android Pie, yaitu navigasi dengan gestur swiping.

Pengguna bisa sapukan jari kekanan untuk fungsi “back”, ke kiri untuk pindah aplikasi yang terbuka, ke atas untuk melihat “recent apps” atau app drawer.

Untuk tombol yang berbentuk elips berukuran kecil (on screen button) ditengah bawah layar memiliki fungsi untuk kembali ke layar home, sama seperti fungsi tombol home fisik.

Kunci Rotasi Layar

Rotation Android Pie
Tombol untuk mengunci orientasi layar pada Android Pie (9to5Google)

Saat pengaturan rotasi layar dibuat otomatis, adakalanya membuat pengguna harus membolak-balik layar agar kembali ke rotasi yang diinginkan. Fitur pengaturan “on” dan “off” rotasi pada Android sebelumnya memang sudah ada di menu pintasan.

Baca Juga :  Setelah dirilis, Ini dia 4 keistimewaan dari Android Oreo

Nah pada Android Pie pengguna bisa mengunci tampilan rotasi tertentu, misalkan pada saat main game atau nonton video youtube.

Ketika rotasi smartphone berubah, maka otomatis muncul tombol khusus di bagian pojok atas layar untuk mengunci rotasi layar. Untuk menonaktifkan kunci rotasi layar, pengguna bisa menyentuh posisi yang sama dengan tombol kuncir rotasi.

Adaptive Battery

Adaptive Battery pada Android 9.0
Adaptive Battery pada Android 9.0 (InfoQ)

Fitur yang tidak kalah menariknya adalah adaptive battery menggunakan kecerdasaran buatan (AI) untuk membaca pola penggunaan aplikasi oleh pengguna, termasuk berapa lama dan kapan saja aplikasi digunakan.

Untuk aplikasi yang sering digunakan akan mendapat prioritas resource dan baterai untuk berjalan di backround. Tujuanya tentu saja untuk meningkatkan efisiensi RAM dan menghemat baterai.

Juga terdapat fitur indikator daya baterai yang bisa dilihat di bagian bawah ambient display (always on display), untuk memudahkan pengguna memantau penggunaan baterai pada smartphone.

Smart Reply dari Notifikasi

Smart Reply Android Pie
Smart reply di notifikasi Android Pie(Google)

Desain tampilan antarmuka pada Android Pie dibuat serba membulat oleh Google, desain serupa juga terlihat jelas pada bagian quick setting dan tray notifikasi.

Karena desain material pada Android 9.0 sengaja banyak menonjolkan bagian warna putih dan sudut membulat. Untuk tampilan setting pun mengalami perubahan, ikon yang digunakan lebih berwarna-warni.

Pada Android Pie, notifikasi layar mampu menampilkan konten seperti pada saat membuka aplikasi pesan instan, juga terdapat fitur untuk bisa langsung membalas pesa atau percakapan.

Mode Gelap Terang

Dark Theme Android Pie
Dark Theme Android Pie (Gadget Hacks)

Tampilan layar berwarna gelap, dalam keadaan tertentu kadan membuat lebih nyaman mata ketimbang warna putih terang seperti biasa, khususnya pada malam hari yang minim cahaya.

Sebetulnya fitur ini pernah muncul di Android Oreo, pengguna bisa menggunakan opsi dark mode yang bisa diaktifkan dengan memilih wallpaper, namun fitur tersebut ditarik kembali oleh Google.

Baca Juga :  Ada Giveaway dari NoxPlayer - Emulator Android Populer di Indonesia

Dark Mode ini muncul kembali di Android Pie. Dan cara menggunakan fitur ini dibuat lebih mudah oleh Google. Pengguna cukup membuka menu opsi Dislay di menu Settung, selanjutnya buka Device theme, kemudian pilih salah satu dari tiga opsi, yaitu otomatis (artinya sesuai dengan wallpaper yang digunakan), terang dan gelap.

Simulasi “Poni”

Tampilan Simulasi Poni pada Android P
Tampilan Simulasi Poni pada Android P(9to5Google)

Saat ini banyak smartphone Android keluaran terbaru yang memliki desain “notch” atau poni dibagian atas layar sebagai wadah earpiece dan kamera depan, seraya bagian layar semakin melebar sampai menyisakan bingkai tipis pada pinggir bodi smartphone.

Untuk mengikuti tren tersebut, pada Android Pie terdapat fitur simulasi notch untuk develover, agar bisa tahu seperti apa tampilan aplikasi yang dibuatnya pada smartphone yang memiliki poni.

Untuk menggunakan fasilitas ini pengguna bisa mengaktifkannya melalui Developer Mode, lalu aktifkan pilihan “Simulate a display with a cutout” pada bagian Drawing.

Editing screenshot

Edit Screenshot Android Pie
Fitur Edit hasil Screenshot pada Android Pie (XDA Developers)

Pada Android 9.0 masih terdapat fitur tangkapan layar(screenshot) dengan menahan tombol power dan volume down secara bersamaan.

Namun yang membedakan dengan fitur screenshot pada versi Android sebelumnya adalah fitur editing screenshot. Pengguna bisa melakukan edit setelah tangkapan layar diambil, tombol “Edit” akan muncul pada preview screenshot.

Pada opsi penyuntingan pengguna bisa melakukan crop, menambahkan highlight, dan menggambar. Ini akan mempersingkat pengguna yang ingin mengedit hasil tangkapan layar sebelum membagikannya kepada orang lain.

Digital Wellbeing

Digital Wellbeing Android Pie
Fitur Digital Wellbeing di Android Pie (Android Central)

Sebetulnya fitur ini belum diterapkan secara resmi pada Android Pie, namun bisa didapatkan melalui keikutsertaan dalam program beda, namun syaratnya pengguna harus menggunakan smartphone seri Pixel.

Digital wellbeing memiliki fungsi untuk mengurangi pemakaian ponsel oleh pengguna, melalui sebuah dashboard khusus yang akan menampilkan fitur-fitur pendukung.

Baca Juga :  Daftar Smartphone, Emulator, Processor dan OS yang Bisa Memainkan PUBG Mobile Dengan Lancar

Salah satunya adalah “app timer”, fitur ini bisa membatasi lama aplikasi berjalan, do not disturb, serta “wind down” maka akan otomatis mengaktifkan Night Light dan mengganti warna layar menjadi grayscale untuk mengingatkan pengguna agar segera tidur, jika masih menggunakan smartphone di waktu tidur.

Lockdown

Lockdown Android Pie
Fitur Lockdown pada Android Pie (Gadget Hacks)

Pada Android Pie juga ada fitur keamanan tambahan, yaitu mode Lockdown yang bisa mengunci perangkat, menonaktifkan pemindai sidik jari dan voice unlock, juga tidak menampilkan notifikasi pada saat layar dalam keadaan lock screen.

Namun perangkat hanya bisa dibuka dengan memasukan kunci default seperti PIN atau pattern.

Untuk cara mengaktifkan fitur keamanan ini dengan cara membuka opsi Security and Location di menu Setting, kemugian Lock Screen Preference, kemudian aktifkan Show lockdown.

Selanjutnya pengguna bisa mengaktifkan mode Lockdown dengan menekan tombol daya(on/off).

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here