Beasiswa Pelatihan Intensif Digital Talent Indonesia (Digital Talent Scholarship)

0
Beasiswa Pelatihan Intensif Digital Talent Indonesia
Beasiswa Pelatihan Intensif Digital Talent Indonesia

Pada Senin besok tanggl 17 September, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan membuka pendidikan tanpa gelar berupa beasiswa pelatihan intensif bertajuk ‘Digital Talent Scholarship’. Dengan tujuan menyiapkan sumber daya manusia menuju Industri 4.0, juga untuk meningkatkan ekonomi digital.

Pelatihan ini akan dikelola langsung oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo, juga bekerja sama dengan lima universitas negeri, yang akan sekaligus menjadi tempat pelatihan dan penyedia tenaga pengajarnya.

Dalam pelatihan intensif ini akan ada lima tema pelatihan, seperti : Cyber- security, Cloud Computing,  Big Data, Artificial Intelligence, dan Digital Business. Berikut detailnya.

  • Pelatihan bidang Cyber- security dan Cloud Computing akan bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia.
  • Pelatihan di bidang Big Data dan Artificial Intelligence oleh Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  • Pelatihan Digital Business akan bekerja sama dengan Universitas Padjajaran.

Program ini juga didukung oleh Microsoft Indonesia,  yang akan menerbitkan sertifikat keahlian sesuai dengan masing-masing tema pelatihan.

Pada tahun ini beasiswa hanya akan diberikan kepada 1000 orang yang memenuhi kriteria, persyaratan dan juga harus melewati tahap seleksi online melalui halaman digitalent.kominfo.go.id.

Persyaratan umum untuk mengikuti program ini adalah warga negara Indonesia, usia maksimal 29 tahun, lulusan D3, S1 dan SMK Bidang TIK. Untuk ASN/PNS dan pelaku industri dipersyaratkan berusia maksimal 33 tahun.

Program ini akan terus dikembangkan, dan akan menjangkau 20.000 orang di tahun 2019.

Waktu pendaftarannya akan dibuka pada jam 12.00 siang, pada hari senin 17 September sampai 5 Oktober 2018.

Berikut adalah banner pengumuman beasiswa Digital Talent 2018

Banner pengumuman beasiswa Digital Talent
Banner pengumuman beasiswa Digital Talent

Program Studi Digital Talent Scholarship

Berikut adalah lima tema pelatihan pada pelatihan Digital Talent Scholarship yang diadakan oleh Kementerian Kominfo .

Baca Juga :  Geger, Polisi ini Mengaku Sebagai Yesus yang telah turun kembali ke Bumi

ARTIFICIAL INTELLIGENCE

AI atau Kecerdasan Buatan didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah, diantaranya: sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan saraf tiruan dan robotika.

BIG DATA

Big Data atau Mahadata adalah himpunan data dalam jumlah sangat besar yang bertumbuh secara eksponensial dalam kecepatan tinggi dengan variasi tak terbatas.

CYBER SECURITY

Cyber Security atau Keamanan Komputer adalah perlindungan terhadap sistem komputer dari tindakan atau gangguan yang dapat merusak hardware, software, dan data.

CLOUD COMPUTING

Cloud Computing atau Komputasi Awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan teknologi berbasis Internet (awan).

DIGITAL ENTREPRENEURSHIP

Digital Entrepreneurship atau Kewirausahaan Digital merupakan proses perancangan, peluncuran, dan pengelolaan sebuah bisnis dalam bentuk digital.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here