Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Sering merasa khawatir WhatsApp disadap orang lain dari jarak jauh? Untuk menangkal hal tersebut maka kita harus mengetahui ciri-ciri WhatsApp disadap dan cara mengamankannnya.

Tulisan ini merupakan lanjutan sekaligus penangkal dari tulisan sebelumnya tentang Cara Menyadap WhatsApp, dijelaskan secara rinci mengenai proses penyadapan WhatsApp dengan beberapa cara.

Cara mengetahui WhatsApp kita disadap orang lain sebenarnya cukup mudah, kita hanya perlu mengetahui ciri – ciri WhatsApp disadap, setelah itu lakukan pencegahan untuk menangkalnya.

Seperti yang kita tahu bahwa WhatsApp merupakan aplikasi kirim pesan yang tidak jarang berisikan obrolan bersifat pribadi, hal tersebut berhubungan dengan privasi yang harus dijaga bukan?

Lalu apa jadinya jika semua percakapan kita dimata-matai oleh orang lain, bahkan bisa dibajak. Karena yang menyadap WhatsApp kita bisa membalas pesan masuk juga.

Untuk mencegah WA kita dibajak orang maka kita harus tahu cara mengetahui WhatsApp disadap atau tidak.

Cara Mengetahui Whatsapp Kita Disadap

Untuk mengetahui WhatsApp kita disadap orang lain bisa lewat ciri-ciri yang tampila pada ponsel pintar kita. Intinya WhatsApp yang disadap dan tidak ada perbedaan.

Berikut ciri-ciri WhatsApp disadap:

1. Pesan WhatsApp Terbaca Sebelum kita Buka

Salah satu ciri WhatsApp telah dibajak orang lain adalah pesan atau chat WhatsApp yang baru masuk sering terbaca otomatis.

Hal ini bisa dilihat pada ikon centang dua berwarna biru pada pesan yang baru masuk.

Jika hal ini sering terjadi dan kita yakin belum baru tersebut sebelumnya belum pernah dibaca, maka kemungkinan besar akun WhatsApp telah disadap.

2. WhatsApp Online Meski Sedang Tidak Aktif

cara mengetahui whatsapp disadap atau tidak

Misalkan kita sedang tidak membuka aplikasi WhatsApp atau ponsel sedang dalam keadaan terkunci, namun muncul keterang ‘Online’ jika dilihat lewat aplikasi WhatsApp milik teman.

Jika demikian, maka ada kemungkinan besar akun WhatsApp disadap jarak jauh oleh orang lain.

3. Membalas Pesan Sendiri Tanpa Kita Ketahui

Ciri-ciri WhatsApp disadap lainnya adalah pesan masuk di WhatsApp ada yang membalas sendiri tanpa kita ketahui. Hal ini bisa diketahui dari gaya bahasanya.

Biasanya jika WA kita dibajak dan membalas pesan sendiri, maka ada kemungkinan orang yang menyadap WhatsApp kita adalah orang terdekat, bisa pasang atau kekasih kita sendiri.

Atau bisa juga orang yang memiliki tujuan jahat yang ingin menipu teman atau keluarga mengatasnamakan kita.

4. Ada Notifikasi WhatsApp Web Sedang Aktif

cara mengetahui whatsapp disadap jarak jauh

Jika kita tidak sedang membuka WhatsApp Web namun muncul notifikasi di layar ponsel kita ‘WhatsApp Web saat ini sedang aktif’ maka bisa dipastikan jika aplikasi WhatsApp kita sedang disadap orang lain.

Setelah mengetahui ciri-ciri WhatsApp disadap orang lain, selanjutnya kita juga harus tahu penanganannya dengan cara menghentikan dan mengamankan WhatsApp agar tidak disadap.

Cara Menghentikan Penyadapan WhatsApp

Cara menghilangkan sadapan WhatsApp bisa dilakukan dengan beberapa langkah saja, apalagi jika WhatsApp disadap hanya lewat WhatsApp Web.

Cara menghentikan sadap WhatsApp:

1. Jalankan aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel kita.

2. Buka Menu, tekan tombol titik tiga vertikal yang ada di pojok kanan atas aplikasi jika menggunakan ponsel Androd. Jika menggunakan iPhone (iOS) bisa langsung ke menu Setting.

anti sadap whatsapp

3. Lalu pilih menu WhatsApp Web.

4. Pada laman WhatsApp Web, kita bisa lihat pada bagian ‘Perangkat yang telah masuk’. Tekan ikon browser yang ‘Sedang aktif‘ membuka WhatsApp kita. Akan muncul jendela pop up ‘keluar dari perangkat ini?’ pilih Keluar.

Cara melihat Whatsapp disadap

Atau gulir ke bawah tekan ‘Keluar dari semua perangkat

Memilih ‘Kaluar dari semua perangkat’ untuk memastikan semua browser yang terhubung dengan WhatsApp kita akan dikeluarkan. Dengan begitu kita bisa menghentikan sadap WhatsApp.

Namun, kita juga harus memastikan WhatsApp kita tidak disadap dengan cara lain, seperti lewat email gmail yang memanfaatkan fitur ‘Cadangan chat’.

Cara mengatasi WA disadap lewat email:

Jalankan aplikasi WhatsApp > Menu > Setelan > Chat > Cadangan chat > pada Akun Google pastikan email yang tertera adalah email milik kita bukan email orang lain.

cara mengetahui wa disadap pakai whatsapp web

Setelah berhasil menghentikan penyadapan WhatsApp, kita juga harus melakukan langkah-langkah pengamanan WhatsApp agar tidak disadap lagi.

Cara Mengamankan WhatsApp Agar tidak Disadap

Untuk mengamankan WhatsApp agar tidak lagi disadap orang lain, sebaiknya lakukan beberapa pengamanan berikut.

1. Gunakan WhatsApp Versi Terbaru

pesan whatsapp bisa disadap

Cara agar WhatsApp tidak kena sadap pertama adalah dengan memastikan memasang aplikasi WhatsApp Terbaru pada ponsel kita.

Cara ini bisa menangkal WhatsApp disadap, khususnya untuk teknik menyadap menggunakan jaringan WiFi.

Pada aplikasi WhatsApp versi terbaru celah yang digunakan untuk menyadap akan diperbaiki, jadi WhatsApp bisa lebih aman.

2. Cek Fitur WhatsApp Web

Untuk mengamankan aplikasi WhatsApp supaya tidak disadap adalah dengan rajin memeriksa fitur WhatsApp di aplikasi. Pastikan perangkat atau browser yang terhubung adalah yang kita kenali.

Karena kebanyakan penyadap WA bisa menggunakan fitur WhatsApp Web.

Untuk itu pastikan tidak ada browser yang Sedang aktif menggunakan WhatsApp Web saat kita tidak menggunannya.

3. Pasang Antivirus

Cara agar WhatsApp tidak kena sadap dengan memasang Antivirus cukup ampuh mengamankan Akun WhatsApp. Khususnya untuk teknik penyadapan yang menggunakan aplikasi khusus atau lewat jaringan.

Silahkan install Antivirus di Google Play atau App Store untuk menangkal dan mencegah penyadapan pada akun WhatsApp kita.

4. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Fitur bawaan aplikasi WhatsApp yang bisa kita manfaatkan untuk mengamankan WhatsApp agar tidak disadap orang lain adalah fitur Verifikasi dua langkah.

Fitur verifikasi dua langkah ini akan mengamankan akun dan data WhatsApp kita.

Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah.

cara menghentikan wa yang dikloning
  1. Jalankan aplikasi WhatsApp, masuk ke Menu, lalu pilih Setelan.
  2. Pada laman Setelan, pilih Akun > pilih Verifikasi dua langkah.
  3. Pada laman Verifikasi dua langkah tekan tombol Aktifkan.
  4. Masukan PIN 6 digit yang akan diminta sat kita mendaftarakan nomor telepon kita dengan WhasApp. Lakukan dua kali untuk konfirmasi PIN.
  5. Selanjutnya masukan Email. Lalukan dua kali untuk konfirmasi Email. Lalu tekan Simpan.
  6. Lalu akan muncul keterangan ‘Verifikasi dua langkah diaktifkan’ tekan Selesai.
cara menangkal wa disadap

5. Pasang Aplikasi Pengunci (Applock)

cara menghentikan sadap whatsapp

Dengan memasang aplikasi pengunci, kita bisa mencegah orang lain membuka aplikasi WhatsApp. Jadi kita bisa mengamankan aplikasi WhatsApp saat ponsel dipinjam orang lain.

Karena biasanya si penyadap akan meminjam ponsel korban dan membuka aplikasi WhatsApp untuk mengaktifkan fitur WhatsApp Web.

Dengan aplikasi pengunci, tidak sembarang orang bisa membuka aplikasi WhatsApp pada ponsel kita.

FAQ

Apakah video call WhatsApp bisa disadap?

Besar kemungkinan untuk video call dan panggilan suara tidak bisa disadap. Biasanya peyadapan hanya bisa dilakukan pada pesan teks, file foto, video dan dokumen yang dikirim lewat WhatsApp.

Bisakah kita Mengetahui Nomor yang Menyadap WhatsApp kita?

Tidak bisa, dengan cara khusus mungkin kita bisa mengetahui IP si penyadap. Dengan cara di atas kita hanya bisa mengetahui jenis browser yang digunakan dan terakhir aktif membuka WhatsApp kita.

Apakah bisa Mengetahui Siapa yang Menyadap WhatsApp kita?

Mengetahui secara pasti siapa orangnya kemungkinan sulit dilakukan. Kita hanya bisa menerka-nerka saja. Namun kemungkinan besar yang menyadap WA kita adalah orang yang kita kenal.

Bagaimana Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang di Hack

Untuk mengembalikan Akun WhatsApp yang di Hack adalah dengan mengeluarkannya akun WhatsApp Web lalu mengaktifkan fitur Verifikasi dua langkah.

Bagaimana?

Dengan cara mengetahui WhatsApp disadap beserta ciri-cirinya kita bisa mencegah dan mengamankan akun WhatsApp kita dari para penyadap.

Semoga bermanfaat.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here