Cara Menggunakan WhatsApp Web (WA Web)

0
cara menggunakan whatsapp web

Selain lewat aplikasi, kita juga bisa mengaktifkan WhatsApp di web browser. Belum tahu cara menggunakannya? Simak cara menggunakan Whatsapp Web berikut!

Apa itu Whatsapp Web?

WhatsApp Web adalah fitur yang memungkinkan pengguna menggunakan WhatsApp di laptop / PC dengan tampilan desktop, yang akan memudahkan penggunanya membaca dan membalas pesan. WhatsApp Web juga dikenal dengan WA WEB.

Untuk Anda memiliki banyak pekerjaan yang berhubungan dengan WhatsApp maka dirasankan menggunakan WhatsApp Web. Anda akan lebih mudah membalas chat dan bisa langsung untuk didokumentasikan. Seperti customer service(CS), banyak yang menggunakan waweb.

Dalam hal tampilan WA Web di komputer memiliki kesamaan dengan di smartphone, yang membedakan hanya ukuran layar monitor yang lebih besar, mengetik teks dan kirim file jadi lebih mudah.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan WA Web, pertama menggunakan aplikasi WhastApp Web PC atau bisa menggunakan browser seperti Google Chrome, Mozila Firefox dan Opera.

Syarat Menggunakan WA Web

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya penggunaan WhatsApp Web bisa maksimal, seperti:

  • Handphone yang Anda gunakan sistem operasi Android, iOS 8.1 keatas, Windows Phone 8.0 dan 8.1 dan Blackberry 10 keatas.
  • Handphone yang Anda gunakan harus memiliki kemera belakang yang berfungsi dengan baik untuk melakukan pemindaian kode QR (QR Code).
  • Menggunakan aplikasi WhatsApp Terbaru.
  • Akun WhatsApp yang sudah aktif digunakan pada Handphone.
  • Jaringan internet cepat dan stabil, baik inernet pada handphone dan laptop.
  • Terpasang browser seperti Google Chrome, Mozila Firefox, Opera, atau aplikasi WhatsApp pada komputer/laptop Anda.

Beberapa syarat di atas penting di penuhi untuk memudahkan penggunakan WhatsApp Web. Misalkan jaringan internet yang tidak stabil, akan membuat Anda tidak bisa menggunakan WA Web.

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Supaya bisa memakai Whatsapp Web di laptop atau PC, terlebih dahulu Anda harus melakukan sinkronisasi/ menghubungkan aplikasi WhatsApp di handphone dengan WhatsApp Web.

Cara penggunaan Whatsapp Web:

1. Buka browser dan kunjungi web.whatsapp.com, setelah masuk pada laman WhatsApp Web akan nampak bagian kode QR seperti pada gambar berikut.

cara penggunaan whatsapp web

2. Jalankan aplikasi WhatsApp di handphone Anda. Klik Menu ( titik tiga horizontal pada bagian atas kanan).

cara menggunakan whatsweb

3. Setiap platform ada perberdaan, seperti:

  • Pada Android: Menu > pilih WhatsApp Web.
  • Pada iPhone: Pengaturan > pilih WhatsApp Web.
  • Pada Windows Phone: Menu > pilih WhatsApp Web.

Jika menggunakan WhatsApp di Android, tampilannya akan seperti gambar berikut;

cara memakai whatsapp web

4. Pada laman WhatsApp Web, klik ikon plus (+)untuk mulai melakukan sinkronisasi.

cara mengaktifkan wa web

5. Pada bagian Pindai kode, arahkan kamera pada bagian Web Whatsapp Kode QR yang tampil pada laman WA Web yang sebelumnya sudah dibuka lewat browser. Jika berhasil, Anda sudah bisa memenggunakan WA Web di laptop/PC Anda.

Jika belum paham, simak video singkat cara menggunakan WA Web berikut:

Cara mengaktifkan Wa Web

Lalu bagaimana cara menggunakan WhatsApp Web di Android? Anda bisa membaca langkah-langkah pada tulisan: Cara Menggunakan WhatsApp Web di Android.

Selain lewat browser, Anda juga bisa menggunakan waweb dengan aplikasi khusus yang dibuat oleh pihak WhatsApp. Meski begitu, tampilannya hampir sama dengan web.whatsapp.com.

Silahkan download aplikasi WhatsApp Web untuk PC lewat whatsapp.com/download. Pilih jenis aplikasi WA Web yang sesuai dengan PC Anda, seperti Windows atau Mac.

Cara menggunakan Whatsapp Web lewat aplikasi hampir sama langkah-langkah dengan yang sudah dijelaskan diatas.

Jika Anda mengalami masalah pada saat memindai kode QR, pastikan kamera belakang ponsel Anda berfungsi dengan baik. Jika kamera tidak memiliki fungsi auto-fokus, buram, atau rusak, maka Anda tidak akan bisa memindai kode QR.

Cara Keluar dari WhatsApp Web

Setelah mengetahui cara menggunakan WhatsApp Web, kita juga harus tahu cara keluar dari WhatsApp web.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk keluar dari WA Web, bisa lewat aplikasi WhatsApp atau pada laman WA Web. Hal ini perlu Anda lakukan jika menggunakan Laptop/ Komputer umum/rental.

Cara keluar dari Whatsapp Web lewat aplikasi:

kode qr wa
  1. Jalankan aplikasi WA, klik Menu (titik tiga horizontal).
  2. Pilih WhatsApp Web.
  3. Pilih Perangkat yang telah masuk, akan muncul konfirmasi, klik tombol KELUAR.

Jika Anda merasa ada orang lain yang telah memindai kode QR dan melakukan mata-mata ke Akun Anda lewat WhatsApp Web, maka pada Perangkat yang telah masuk gulir ke bagian paling bawah dan klik “Keluar dari semua perangkat“.

Cara keluar dari Whatsapp Web lewat laman web.whatsapp.com:

cara menyadap whatsapp web
  1. Pada laman WA Web, klik Menu (titik tiga horizontal).
  2. Klik menu Log out yang posisinya paling bawah.
  3. Maka secara otomatis akun WhatsApp akan keluar.

Fitur WA Web

Mengenai fitur yang ada pada WhatsApp Web hampir sama dengan fitur yang ada pada versi aplikasi di ponsel. Namun, ada beberapa fitur WhatsApp yang tidak tersedia pada versi WhatsApp Web, yaitu panggilan suara dan panggilan video.

Berikut beberapa fitur WhatsApp yang bisa Anda gunakan di WhatsApp Web:

1. Chatting, karena memang fitur utamanya untuk chat maka Anda bisa menggunakan WA Web untuk chating. Cari dan pilih kontak WA teman, lalu mulai kirim pesan chat Anda. Termasuk kirim emoticon, Contact info, Select messages, Mute, Clear messages, dan Delete chat.

cara membuat whatsapp web

2. Kirim File, sama halnya lewat aplikasi WhatsApp, pada Wa Web juga Anda bisa kirim berbagai jenis file seperti Foto, Video, Audio, dan berbagai jenis dokumen. Tinggal klik tombol Melampirkan, klik ikon Photos & Videos untuk kirim foto dan video, dan Document untuk kirim file dokumen.

fungsi whatsapp web

3. Voice Recording, karena tidak bisa melakukan panggilan suara pada Web WA, sebagai gantinya Anda bisa berkirim suara. Untuk kirim suara, klik tombol Microphone pada bagaian kanan bawah. Berikan ijin dengan klik Allow/ Izinkan, lalu klik tombol Ok, I Got It. Proses rekam suara akan langsung dimulai.

cara membuat whatsapp web

4. Kirim Foto langsung, lewat Web WA juga bisa kirim foto hasil tangkapan langsung, hal ini bisa dilakukan jika laptop/ komputer yang Anda gunakan sudah ada kamera. Klik tombol Melampirkan, klik ikon Camera, berikan ijin dengan klik Allow/ Izinkan, lalu klik tombol Ok, I Got It. Klik tombol Tangkap untuk mengambil gambar.

tutorial whatsapp web

5. Kirim Kontak, Anda juga bisa kirim kontak WhatsApp lewat WA Web. Klik tombol Melampirkan, pilih ikon Kontak, cari dan pilih kontak yang akan dikirim, lalu klik tombol Kirim.

Cara menggunakan Whatsapp Web juga bisa lewat ekstensi browser Google Chrome. Ekstensi WhatsApp pada browser umumnya memiliki fitur tambahan. Mirip dengan WhatsApp Mod jika di Android.

WA Web Plus

whatsapp web plus

Ini merupakan alternatif untuk Anda yang ingin tetap menjaga privasi pada saat menggunakan WhatsApp Web di tempat umum. Khusus untuk Anda yang menggunakan browser Google Chrome bisa menggunakan Ekstensi WA Web Plus.

Ekstensi ini memiliki fitur yang cukup lengkap, membantu Anda merasa aman menggunakan WA Web di tempat umum, tanpa merasa takut ada seseorang di belakang kita.

Berikut beberapa fitunya

Fitur Privasi:

  • Mengaburkan pesan obrolan terbaru.
  • Mengaburkan nama kontak.
  • Mengaburkan gambar kontak.
  • Mengaburkan pesan percakapan.
  • Kembalikan pesan yang dihapus.

Kustomisasi:

  • Satu klik kirim pesan emoji (Suka).
  • Langsung menunjukkan status kontak di sebelah nama mereka.
  • Sorot kontak online
  • Biarkan bilah samping info kontak tetap terbuka.
  • Mulai obrolan dengan nomor telepon apa pun yang tidak ada dalam daftar kontak Anda.
  • Gambar latar belakang khusus!
  • Mode Malam Sepenuhnya dapat disesuaikan (tema Gelap oleh @vednoc).

Otomatisasi:

  • Anda dapat mengotomatiskan pengiriman pesan (seperti undangan khusus dan pesan acara ..).

Ekspor:

  • Ekspor semua daftar kontak
  • Ekspor hanya akun pribadi
  • Ekspor hanya akun bisnis
  • Ekspor hanya kontak telepon
  • Ekspor hanya kontak non-telepon
  • Ekspor hanya grup
  • Ekspor kontak dari grup tertentu
  • Ekspor kontak dari negara tertentu
  • dan banyak lagi …

Bagaimana?

Tidak sulit bukan menggunakan WhatsApp Web (WA Web), cukup ikuti langkah-langkah diatas. Jika mengalami masalah pada saat memindai Kode QR, biasa karena jaringan yang tidak stabil.

FAQ

Apa itu WhatsApp Web?

WhatsApp Web adalah layanan WhatsApp versi web yang bisa diakses lewat browser / peramban komputer atau laptop. Fitur ini memudah pengguna dalam membaca dan membalas pesan WhatsApp.

Fungsi Whatsapp Web

Fungso dan kegunaan WhatsApp Web tidak jauh berbeda dengan WhatsApp versi aplikasi. Pengguna bisa membaca dan membalas pesan.

Selain itu, lewat WhatsApp Web juga kita bisa kirim foto, video dan file. Bahkan kita juga bisa kirim foto hasil tangkapan langsung pada kamera laptop atau komputer.

Bisakah Menggunakan Whatsapp Web Tanpa Scan Barcode?

Jawabannya tidak bisa, karena untuk menggunakan WhatsApp Web, pengguna harus melakukan sinkronisasi akun WhatsApp pada aplikasi dengan WhatsApp Web menggunakan barcode.

Intinya kita tidak bisa login Whatsapp Web dengan nomor hp.

Cara Membuka Whatsapp Web

Jalankan browser dan kunjungi web.whatsapp.com, lalu lakukan sinkronisasi akun WhatsApp pada aplikasi dengan membuka menu WhatsApp Web. Klik ikon plus (+), arahkan kamera ke barcode yang tampil pada laman WA Web.

Bisa kah video call di Whatsapp Web?

Cara video call Whatsapp Web belum bisa dilakukan, karena layanan WhatsApp Web juga belum bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara dan video.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here