Cara Mengaktifkan Dark Mode di Aplikasi Google

cara dark mode google

Kini hampir semua aplikasi besutan Google sudah mendukung fitur Dark Mode seperti aplikasi Chrome, YouTube, Play Store hingga Google Search. Bagaimana cara mengaktifkan Mode Dark di Aplikasi Google? Mudah kok!

Dark Mode atau Mode Gelap kini hampir dimiliki setiap aplikasi, khususnya aplikasi yang sering digunakan, tujuannya agar aplikasi tetap nyaman diakses meski dalam keadaan minim cahaya, khususnya saat malam hari.

Fitur mode gelap bisa jadi penyelamat bagi yang memiliki mata yang sensitif terhadap cahaya. Selain bisa membuat mata nyaman menatap layar lama-sama, juga bisa menghemat penggunaan baterai loh.

Nah, tulisan kali ini akan membahas bagaimana cara mengatifkan dark mode di aplikasi buatan Google.

Cara Dark Mode Aplikasi Google

Jika menggunakan ponsel Android atau iPhone yang sudah mendukung dark mode, sebenarnya kita tidak perlu lagi mengatifkan dark mode pada aplikasi Google, karena tampilannya akan mengikuti pengaturan ponsel.

Meski begitu, tidak semua jenis ponsel sudah mendukung pengaturan dark mode langsung dari ponsel, jadi untuk mengatifkan perlu melakukan setelan secara manual pada aplikasi.

Cara Mengatifkan Dark Mode di Semua Aplikasi Google

Dengan mengaktifkan mode gelap pada pengaturan ponsel, maka aplikasi yang mendukung Dark Mode tampilannya akan berubah menjadi redup, termasuk aplikasi Google Search.

Pada Ponsel Android

google dark mode android

Untuk ponsel dengan sistem operasi Android 10 ke atas secara umum pengaturan untuk mengaktifkan mode gelap bisa langsung lewat Setelan > Tampilan > Mode Gelap > ketuk opsi Mode Gelap tombol aktif akan bergeser ke kanan seraya tampilan berubah jadi gelap, termasuk saat membuka aplikasi Google.

Selain itu, kita juga bisa mengatur jadwal tampilan mode gelap pada ponsel Android. Ketuk opsi Jadwal dan atur jam berapa saat menghidupkan mode gelap dan mematikan mode gelap.

Pada Ponsel iPhone, iPad, atau iPod touch

dark mode google app

Tinggal masuk ke Pengaturan > Tampilan & kecerahan > pilih Gelap untuk mengaktifkan Mode Gelap. Maka tampilan latar belakang akan ke mode gelap, termasuk saat membuka aplikasi Google.

Selain itu, Mode Gelap juga bisa diaktifkan dari Pusat Kontrol, sentuh dan tahan kontrol kecerahan, lalu ketuk Mode Gelap Nyala atau Mode Gelap Mati.

Untuk mengaktifkan Mode Gelap scara otomatis saat matahari terbenam atau pada waktu tertentu saja, buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan, lalu pilih Otomatis. Kemudian, ketuk Pilihan untuk mengatur jadwal Mode Gelap.

Cara Dark Mode di Google Chrome

Google Chrome merupakan salah satu web browser yang banyak digunakan saat ini, baik di versi mobile dan desktop. Khususnya di ponsel Android, browser ini biasanya jadi aplikasi bawaan.

Alasan lain Google Chrome banyak digunakan karena jadi salah satu produk unggulan Google yang selalu dikembangkan dari waktu ke waktu. Jadi secara tampilan, fitur, dan teknologi merupakan yang terbaik untuk saat ini.

Google Chrome pada perangkat Android, iOS hingga berbagai PC sudah mendukung dark mode. Tampilannya bisa mengikuti pengaturan mode para perangkat atau bisa disetting secara manual.

Aktifkan dark mode Google Chrome di Android

google chrome dark mode android

Kelebihan dari dark mode Google Chrome selain mengubah tampilan browser menjadi gelap juga bisa mengubah tampilan website yang dikunjungi. Meski begitu perlu cara khusus.

Caranya pada bilah alamat browser masukan chrome://flags lalu tekan enter. Pada kotak pencarian ketikan Dark. Akan tampil beberapa opsi, diantaranya Force Dark Mode for Web Contents, Show darkened search page on Android dan Android Chrome UI dark mode tab reparenting.

Ketuk menu drop-down dari Default menjadi Enabled pada masing-masing opsi untuk mengatifkan dark mode Google Chrome saat mengunjungi situs tertentu, termasuk saat membuka Google Search.

Langkah selanjutnya ketuk Menu (titik tiga di pojok kanan atas) > pilih Setelan > gulir ke bawah dan pilih menu Tema > lalu ketuk Gelap untuk mengatifkan. Tampilan browser akan berubah menjadi serba hitam.

Aktifkan dark mode Google Chrome di Windows 10

Untuk mengatifkan dark mode Google Chrome di Desktop, khususnya PC yang menggunakan Windows 10 bisa lakukan dengan dua cara, pertama bisa lewat setelan windows, kedua memasang tema hitam pada browser.

Cara pertama:

Masuk ke menu Settings > Personalization > klik Colors > gulir ke bawah dan pada Choose your default app mode ubah jadi Dark. Dengan cara ini semua tampilan bawaan aplikasi jadi dark mode, termasuk Google Chrome.

Cara kedua:

Buka browser Google Chrome > Klik Menu (titik tiga di pojok kanan atas) > Settings > Appearance > klik Theme > akan dialihkan ke laman Chome Web Store > pilih Just Black > klik Tambahkan ke Chrome. Setelah itu tampilan browser akan jadi serba hitam.

Jika ingin setiap website yang dikunjungi jadi mode gelap, maka bisa mengikuti langkah-langkah yang dilakukan pada Google Chrome Mobile sebelumnya.

Cara Aktifkan Dark Mode YouTube

cara mode gelap youtube android

Sebagai salah satu aplikasi Google yang banyak digunakan YouTube sudah dilengkapi mode gelap. Tujuannya agar membuat pengguna menjadi lebih nyaman ketika berlama-lama mengakses aplikasi.

Berikut adalah cara mengaktifkan dark mode di aplikasi YouTube:

  1. Buka aplikasi YouTube, pastikan sudah memasang versi terbaru
  2. Dari beranda aplikasi, klik foto profil yang ada di pojok kanan atas
  3. Ketuk menu Setelan yang berada di paling bawah
  4. Selanjutnya ketuk Umum > pilih Tampilan
  5. Pilih opsi Tema Gelap untuk mengatifkan dark mode di YouTube
  6. Otomatis tampilan aplikasi jadi serba hitam
  7. Selesai

Untuk yang terbiasa mengakses YouTube lewat browser PC, cara membuat YouTube dark mode di PC adalah dengan mengklik foto profil di pojok kanan atas, lalu klik Tampilan: Tema perangkat, lalu pilih Tema Gelap.

Ingin menyimpan video dari YouTube ke galeri agar bisa ditonton secara offline? Berikut Cara Download Video YouTube.

Mengubah Tampilan Aplikasi Gmail Dark Mode

cara mode malam gmail

Aplikasi Gmail kini sudah mendukung tampilan gelap. Fitur mengubah tampilan ini tersedia pada aplikasi Gmail versi terbarunya.

Jika ingin mencoba tampilan mode malam pada aplikasi Gmail, caranya adalah:

  1. Perbarui aplikasi Gmail ke versi terbaru
  2. Buka aplikasi Gmail, lalu ketuk tombol Menu (garis tiga di pojok kiri atas)
  3. Gulir ke bawah dan ketuk opsi Setelan
  4. Pilih Setelan Umum dan ketuk opsi Tema
  5. Selanjutnya pilih Gelap untuk mengatifkan Gmail Dark Mode
  6. Maka tampilan aplikasi akan jadi gelap
  7. Selesai

Kita sudah berhasil mengaktifkan dark mode di aplikasi Google untuk berkirim email ini.

Mengganti Tampilan Google Drive Dark Mode

google drive dark mode

Seperti aplikasi Google lainnya, Google Drive juga sudah lama mendukung mode gelap pada aplikasinya. Jika ingin mencoba fitur ini pastikan sudah memperbarui aplikasinya.

Caranya:

  1. Buka aplikasi Google Drive
  2. Ketuk tombol Menu (garis tiga di pojok kiri atas)
  3. Pilih menu Setelan
  4. Ketuk Pilih tema
  5. Pilih tema Gelap untuk mengatifkan Mode Dark

Dengan langkah-langkah di atas kita sudah berhasil mengatifkan dark mode di Google Drive. Untuk mengubah tampilannya tinggal lakukan langkah sama dan pilih tema Terang atau Default sistem.

Masih bingung saat ingin membagikan file yang telah diunggah di Google Drive? Untuk melakukannya cukup mudah, silahkan simak pada Cara Membuat Link Share Google Drive.

Cara Ubah Google Play Store Jadi Dark Mode

dark mode play store

Aplikasi untuk mendownload dan mengupdate aplikasi dan game Android ini sudah bisa menggunakan tampilan mode gelap pada versi terbarunya. Tampilannya bisa mengikuti setelan pada HP atau disetel manual lewat aplikasi.

Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Google Play Store
  2. Ketuk Menu (garis tiga di pojok kiri atas)
  3. Pilih menu Setelan
  4. Ketuk opsi Tema
  5. Lalu pilih Gelap untuk memilih tampilan dark mode
  6. Tampilan aplikasi seketika akan berubah jadi gelap

Jika menu dark mode pada Play Store tidak muncul segera perbaru ke versi terbaru. Jika belum tahu cara melakukannya simak tulisan Cara Memperbarui Google Play Store.

Cara Dark Mode Google Maps

cara ganti mode malam di google maps

Untuk saat ini aplikasi Google Maps tidak mendukung tampilan dark mode secara otomatis mengikuti setelan ponsel. Namun pengguna bisa merubah tampilan Google Maps dengan cara melakukan setelan manual.

Jika ingin menggunakan aplikasi map ini dengan nyaman di malam hari coba untuk mengubah tampilannya. Berikut cara dark mode Google Maps:

  1. Buka aplikasi Google Maps
  2. Dari beranda aplikasi, ketuk foto profil di pojok kanan atas
  3. Pilih menu Setelan
  4. Silahkan cari dan temukan menu Setelan navigasi
  5. Gulir ke bawah dan temukan bagian Tampilan peta
  6. Pada tampilan Skema warna ubah dari Otomatis ke Malam

Aktifkan Dark Mode Google Calculator

google calculator dark mode

Aplikasi kalkulator buatan Google ini tampilannya bisa berubah secara otomatis saat fitur Battery Saver yang diaktifkan atau saat ponsel mengatifkan Mode Gelap.

Namun kita bisa melakukan setelan agar aplikasi Google Calculator menampilkan mode gelap setiap kita membukanya. Caranya adalah:

  1. Jalankan aplikasi Google Calculator
  2. Ketik Menu titik tiga di kanan atas
  3. Ketuk opsi Pilih tema
  4. Pilih Gelap
  5. Tampilan akan berubah menjadi mode gelap

Aktifkan Dark Mode Google Kalender

google calendar dark mode

Untuk melihat tanggal dan mengatur jadwal banyak orang mengandalkan aplikasi Google Kalender. Nah, tampilan aplikasi ini pada versi terbaru bisa mengikuti mode gelap terang pada ponsel.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur Google Kalender agar tetap dalam mode gelap setiap saat. Begini caranya:

  1. Pertama, buka aplikasi Google Kalender
  2. Ketuk tombol Menu (titik tiga di pojok kiri atas)
  3. Cari dan pilih menu Setelan
  4. Ketuk opsi Umum dan pilih Tema
  5. Pilih tema Gelap untuk mengaktifkan Dark Mode pada aplikasi

Aktifkan Dark Mode Google Clock

Google Clock dark mode

Tampilan aplikasi Jam buatan Google ini sebenarnya sudah dalam mode gelap secara bawaan. Meski begitu, pengguna bisa mengatifkan fitur Mode malam untuk tampilan yang lebih gelap.

Berikut cara mengaktifkan mode gelap Google yang lebih gelap untuk screensaver di aplikasi:

  1. Buka aplikasi Google Clock
  2. Ketuk ikon Menu (titik tiga di atas kanan layar)
  3. Pilih menu Setelan
  4. Gulir ke bawah hingga pada bagian Screensaver
  5. Ketuk pada bagian Mode malam, tombol aktif akan bergeser ke kiri

Aktifkan Dark Mode Google Kontak

google contacts dark mode

Aplikasi Google untuk mengelola kontak ini memiliki fitur yang cukup berguna, salah satunya bisa mencadangkan kontak ke akun Google Cloud, sehingga kontak akan tetap aman meski ponsel hilang.

Tampilan aplikasi Google kontak bisa otomatis dalam mode gelap saat ponsel mengaktifkan Penghemat Baterai. Meski begitu pengguna bisa melakukan setelan agar aplikasi ini tetap dalam mode gelap dengan cara:

  1. Buka aplikasi Google Kontak
  2. Ketuk Menu (garis tiga di pojok kanan tas)
  3. Pilih menu Setelan
  4. Pada bagian Tampilan ketuk Tema
  5. Lalu pilih tema Gelap
  6. Maka tampilan aplikasi akan berubah ke mode gelap

Dark Mode Google Digital Wellbeing

Aplikasi Kesehatan Digital buatan Google kini sudah mendukung tampilan mode gelap. Meski begitu pengguna tidak bisa melakukan setelan mode gelap langsung dari aplikasi, karena tampilan aplikasi ini akan mengikuti setelan mode gelap terang pada ponsel.

Aktifkan Dark Mode Google Duo

Aplikasi untuk melakukan panggilan video ini cukup berguna untuk berkomunikasi tatap muka. Apalagi kita bisa melakukan panggilan grup video dan mengundang orang lain lewat tautan.

Jika akan sering menggunakan aplikasi Google Duo, cobalah untuk mengganti tampilannya dalam mode gelap jika sedang merada di tempat kurang cahaya atau malam hari.

Berikut adalah mengatifkan dark mode pada aplikasi Google Duo:

  1. Buka aplikasi Google Duo
  2. Ketuk Menu (titik tiga di pojok kanan atas)
  3. Pilih opsi Setelan
  4. Ketuk pada Pilih teman
  5. Silahkan pilih tema Gelap untuk mengaktifkan mode gelap

Dark Mode Google Fit

Aplikasi untuk melihat data kesehatan dan kebugaran buatan Google ini sudah mendukung tampilan mode gelap. Sayangnya pengguna tidak bisa mengatur dark mode secara menual pada aplikasi.

Tampilan Google Fit akan mengikuti pengaturan mode gelap terang pada ponsel. Jika ponsel sedang mengatifkan mode penghemat baterai, maka tampilannya juga akan menjadi mode gelap.

Dark Mode Google File

Aplikasi ini pasti familiar di pengguna ponsel Android, ya benar aplikasi untuk mengelola file buatan Google ini juga sudah mendukung tampilan mode gelap.

Sama seperti pada beberapa aplikasi Google sebelumnya, dark mode tidak bisa disetting secara manual pada aplikasinya. Tampilan aplikasi mengikuti setelan mode gelap terang ponsel.

Google Gallery Go

Aplikasi galeri foto dan video versi ringan buatan Google ini juga sudah mendukung tampilan mode gelap. Tampilan aplikasi bisa secara otomatis mengikuti setelan yang diterapkan pada ponsel.

Pengguna juga bisa melakukan setelan dark mode secara manual pada aplikasi, agar tampilannya tetap dalam mode gelap setiap dibuka. Berikut langlah mengganti tampilan Google Gallery Go:

  1. Buka aplikasi Gallery Go
  2. Pada beranda aplikasi ketuk Menu (titik tiga di pojok kanan atas)
  3. Pilih opsi Settings
  4. Ketuk pada Dark theme
  5. Tombol aktif akan bergeser ke kanan dan tampilan aplikasi akan berubah jadi dark mode

Google Keep

Dengan aplikasi Google Keep – Catatan dan Daftar memudahkan pengguna mencatat ide dengan cepat, bahkan untuk menyimpan catatan bisa dilakukan hanya lewat suara.

Pada versi terbarunya, aplikasi Google Keep sudah mendukung tampilan dark mode, jadi lebih nyaman di mata saat dibuka dalam keadaan minim cahaya seperti malam hari.

Cara mengatifkan dark mode pada aplikasi Google Keep adalah:

  1. Pertama buka aplikasi Google Keep
  2. Ketuk tombol Menu (garis tiga di pojok kiri atas)
  3. Pilih menu Setelan
  4. Ketuk pada Tema
  5. Pilih tema Gelap untuk mengaktifkan dark mode pada aplikasi

Google Classroom Dark Mode

Aplikasi kelas besutan Google ini sudah mendukung tampilan mode gelap, hanya saja untuk saat ini setelan dark mode belum ada pada aplikasinya. Untuk mengaktifkan dark mode di Google Classroom perlu dilakukan lewat Setelan Ponsel.

Cara mengaktifkan dark mode di Google Classroom di Android yang sudah mendukung mode gelap cukup masuk ke Setelan > Tampilan > Mode Gelap > ketuk Mode Gelap untuk mengatifkan. Silahkan buka aplikasi Google Classroom.

Intinya hampir semua aplikasi Google terbaru sudah mendukung dark mode. Mode gelap pada aplikasi akan otomatis aktif saat ponsel mengatifkan mode hemat baterai atau mode gelap.

Jikapun ingin mengatur tampilan aplikasi Google agar tetep dalam dark mode, maka bisa melakukan setelan pada aplikasi. Cari menu Setelan > Tampilan > klik Mode Gelap.

Demikian pembahasan mengenai cara mengaktifkan dark mode di aplikasi Google.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here