Cara Menghemat Baterai Xiaomi

cara menghemat baterai hp xiaomi

Beberapa pengguna hp Xiaomi mengeluhkan borosnya penggunaan baterai, kasusnya banyak terjadi pada tipe Xiaomi Redmi 4A, Redmi 4X, dan Redmi 5A. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat baterai Xiaomi.

Meski tidak semua tipe hp Xiaomi boros baterai, namun ada beberapa tipe yang memang baterainya boros minta ampun yang berkurang dengan cepat. Bahkan dari baterai yang baru terisi penuh 100% bisa cepat turun hingga 90% hanya untuk berselancar beberapa menit di internet.

Apalagi jika kita pakai untuk bermain game atau nonton video YouTube, maka turunnya bisa cepat banget. Karena saking borosnya, hp tidak bisa jauh dari kabel charger.

Penyebab Baterai Boros

Sebelum ke pembahasan cara hemat baterai Xiaomi, sebelumnya kita perlu tahu beberapa penyebab kenapa baterai hp Xiaomi bisa boros, jadi akan mudah mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Berikut penyebab utama kenapa baterai hp bisa boros:

Baterai Sudah Rusak

Ini yang paling umum, baterai boros cepat habis biasanya karena kondisi baterai sudah rusak. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan baterai yang berlebihan, contohnya seperti menggunakan hp sambil dicas. Atau baterai rusak karena faktor usia dan produk gagal.

Ciri baterai sudah rusak yang paling ketara adalah baterai akan cepat penuh saat kita cas dan akan cepat habis saat kita gunakan.

Charger Bermasalah

Penyebab baterai boros juga bisa karena charger yang bermasalah. Untuk itu pastikan charger yang kita gunakan tidak bermasalah. Jangan sembarangan meminjam charger, lebih disarankan untuk menggunakan charger bawaan baprik.

Charger yang bermasalah atau rusak akan membuat performat baterai menurun sehingga akan membuat baterai rusak.

Memasang Terlalu Banyak Aplikasi

Meng-instal terlalu banyak aplikasi akan membuat beban kerja pada sistem hp semakin berat, tentunya hal tersebut bisa membuat baterai cepat terkuras. Selain baterai jadi boros, hp juga jadi mudah panas dan lelet.

Meski ketiga penyebab di atas merupakan yang paling umum jadi biang kerok baterai cepat habis, namun jangan langsung memutuskan pergi ke tempat service. Karena selain perlu biaya yang tidak sedikit juga perlu waktu. Nah, sebaiknya coba beberapa cara yang bisa menghemat baterai Xiaomi yang boros.


Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi yang Boros

Dan berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat penggunaan baterai pada hp Xiaomi yang boros.

1. Aktifkan Mode Hemat Baterai Xiaomi

Cara menghemat baterai yang boros pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengaktifkan mode hemat baterai Xiaomi, yaitu fitur bawaan yang hampir dimiliki semua tipe hp Xiaomi.

Berikut cara menghemat baterai Xiaomi dengan mode hemat baterai:

  • Pertama, buka menu Setelan Xiaomi.
  • Pilih menu Baterai & performa.
  • Ketuk tombol penggeser Penghemat baterai.
cara menghemat baterai yang boros
mode hemat baterai Xiaomi
  • Jika ingin lebih hemat baterai bisa aktifkan Penghemat baterai ultra, nantinya akan ada keterangan singkat terkait fitur ini, untuk melanjutkan ketuk Oke.
cara mengatasi baterai boros
  • Pada bagian bawah akan ada hasil analisa terkait isu penggunaan baterai. Ketuk untuk memperbaiki isu konsumsi baterai.
  • Lalu akan kita jumpai beberapa rekomendasi opsi penghematan baterai, mulai dari tutup aplikasi yang mengurasi baterai hingga optimasi atur kecerahan.
  • Selain itu juga kita bisa beri ceklis pada saran optimasi lainnya pada bagian bawah, seperti Hidupkan mode gelap dan matikan layanan lokasi.
  • Lalu ketuk tombol Tambahkan yang berwarna hijau untuk menyimpan setelan.
menghemat baterai hp

Pada fitur Penghemat baterai Xiaomi, kita juga bisa melihat grafik penggunaan baterai, kita bisa lihat informasi konsumsi baterai, Mengisi daya, dan Baterai terkuras.

Di bawah grafik tadi, kita juga bisa melihat informasi penggunaan baterai, akan ada urutan penggunaan baterai dari yang paling banyak menggunakan daya.

2. Optimasi Setelan Kecerahan Layar dan Waktu Sleep

cara menghemat baterai android

Meski nampak sepele, namun tingkat kecerahan layar dan waktu sleep cukup signifikan dalam penggunaan daya. Ini juga bisa kita lihat pada hasil analisa Baterai & performa, bawah layar berada dalam urutan tiga besar yang mengonsumsi daya paling banyak.

Pengaturan bawan biasanya menggunakan mode kecerahan otomatis. Di sisi lain memang fitur ini bisa menyesuaikan kecerahan secara otomatis, namun dampak buruknya bisa mengurasi baterai secara cepat.

Jadi, untuk setelan kecerahan layar lebih baik menggunakan setelan manual, gunakan setelan yang redup namun tetap enak untuk mata. Atur pada Setelan > Tampilan > Tingkat kecerahan. Geser ke kiri untuk mengurangi kecerahan layar.

Selain itu, atur juga waktu sleep atau tidur layar. Waktu tidur yang terlalu lama juga bisa membuat layar tetap menyala dan layar menyala terlalu lama akan cepat mengurasi baterai.

Pengaturan default waktu tidur layar biasanya 30 detik. Nah, kita bisa atur jadi 15 dekat saja. Intinya jangan sampai layar tetap menyala dalam waktu lama saat tidak kita gunakan. Silahkan atur pada Setelan > Layar Kunci > Tidur > ubah jadi 15 detik.

3. Aktifkan Mode Gelap

cara mengatasi baterai boros xiaomi

Fitur mode gelap selain membuat kita nyaman menggunakan hp saat berada di lokasi minim cahaya, juga bisa menghemat penggunaan baterai Xiaomi.

Apalagi kini hampir semua aplikasi populer sudah mendukung fitur mode gelap, contohnya hampir semua aplikasi Google sudah mendukung mode gelap.

Fitur dark mode ini tersedia pada Xiaomi yang menggunakan Android versi 10 ke atas. Untuk mengaktifkan fitur ini bisa dilakukan lewat menu Setelan > Tampilan > Mode Gelap > ketuk opsi Mode Gelap. Jangan lupa Sesuaikan wallpaper ke mode Gelap juga.

4. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

cara menghemat baterai xiaomi 4a

Kadang ini yang jadi dalang baterai Xiaomi cepat habis, yaitu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal ini sering terjadi karena kita membuka banyak aplikasi namun tidak menutupnya kembali secara sempurna.

Dengan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, akan membuat sistem hp Xiaomi tetap bekerja meski dalam keadaan layar mati. Apalagi jika banyak aplikasi tersebut terhubung dengan internet, tentunya hal ini tersebut akan menguras baterai.

Ini juga yang jadi penyebab baterai Xiaomi cepat habis meski tidak digunakan. Untuk itu jangan lupa menutup semua aplikasi dengan cara menekan tombol Recent pada layar lalu ketuk ikon X.

5. Matikan Fitur GPS

cara menghemat baterai xiaomi 5a

Ada beberapa aplikasi yang memerlukan GPS untuk melacak lokasi. Nah, jika fitur GPS aktif terus dalam waktu yang lama bisa membuat baterai cepat habis. Jika tidak terlalu membutuhkan layanan lacak lokasi, maka sebaiknya matikan fitur GPS.

Khusus untuk Google Map, jika akan menggunakan peta lokasi pada saat mengemudi, maka sebaiknya mengunduhnya terlebih dahulu, jadi bisa digunakan secara offline tanpa internet. Tenang, meski tanpa internet, namun tetap bisa Melihat Koordinat di Google Maps.

6. Pindai Keamanan dan Virus

cara menghemat baterai xiaomi redmi 4x

Penyebab hp cepat panas dan baterai boros bisa juga karena hp Xiaomi terkena virus dan malware. Pada beberapa kasus, hal ini sering terjadi, khususnya untuk hp Xiaomi yang pernah di-root.

Untuk memindai dan membersihkan virus dari HP Xiaomi bisa menggunakan fitur Pindai Keamanan bawaan atau bisa coba pasang aplikasi antivirus, silahkan unduh lewat Google Play. Jangan lupa memilih aplikasi antivirus yang memiliki rating yang bagus.

7. Ganti Operasi Sistem

HP Xiaomi panas dan baterai cepat habis? Bisa jadi karena tidak cocok dengan operasi sistem yang digunakan sekarang. Biasanya ini terjadi setelah kita melakukan pembaruan. Jika saat ini menggunakan MIUI, maka coba ganti dengan operasi sistem Android bawaan saja.

Untuk tutorial cara mengganti operasi sistem Xiaomi bisa Anda temukan di YouTube. Sudah banyak yang membahasnya. Atau jika sulit mengganti operasi sistem, maka bisa coba untuk menyetel ulang hp Xiaomi ke setelan pabrik.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menghemat baterai hp Xiaomi yang boros, seharusnya dengan cara di atas bisa mengatasi baterai boros Xiaomi. Namun, jika metode di atas tidak membuahkan hasil, maka sebaiknya coba ganti baterai ke tempat service.

Jika punya pertanyaan atau metode lain untuk mengatasi bateri boros hp Xiaomi bisa kita diskusikan lewat kolom komentar di bawah ini.

Sedang belajar jadi pekerja teks komersial. Saat ini saya sedang aktif di Facebook, Instagram dan Twitter, bukan sebagai pekerja, cuma jadi pemakai seperti kebanyakan orang. Segitu dulu saja, karena perintahnya "Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik." #McQueenYaQueen

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here