Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Play Store

cara menghapus pencarian di play store

Beberapa orang mengalami kesulitan saat ingin menghapus riwayat penelusuran aplikasi atau game pada Play Store. Untuk itu, artikel ini akan menjelaskan cara menghapus pencarian di Google Play Store.

Riwayat pencarian memang menjadi hal yang cukup privasi untuk sebagian orang, begitupun riwayat pencarian aplikasi atau game pada Google Play Store.

cara menghapus riwayat pencarian di play store
Penampakan riwayat pencarian pada aplikasi Google Play Store

Hal tersebut tentu saja sangat wajar, karena bisa saja yang kita cari di Google Play Store adalah hal yang memalukan, bisa gawat kalau sampai orang lain mengetahuinya.

Tapi jangan khawatir, ada cara menghapus riwayat pencarian di Play Store yang sebenarnya ini adalah fitur bawaan dari aplikasi Google Play Store-nya itu sendiri.

Cara Menghapus Pencarian di Play Store

Saya sudah mempraktikan cara menghapus riwayat pencarian di Play Store dan cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka aplikasi Google Play Store di ponsel Android.
  2. Tekan Tombol menu (garis tiga) di atas kiri layar.
  3. Pilih menu Setelan.
  4. Gulir ke bawah dan Tekan menu Hapus histori penelusuran lokal.
  5. Lalu kembali lagi ke beranda. Tekan kolom pencarian.
  6. Maka riwayat pencarian aplikasi & game akan hilang.
  7. Selesai.
cara menghapus pencarian di google play store

Untuk mengikuti langkah-langkah cara menghapus riwayat penelusuran di Play Store seperti yang sudah dijelaskan di atas, pastikan setelan pada ponsel Android Anda menggunkan Bahasa Indonesia.

Oh iya, jika aplikasi Google Play Store sering bermasalah coba Cara Memperbarui Google Play Store. Dengan menggunakan versi terbarunya kita bisa menggunakan aplikasi Google Play secara maksimal dengan beberapa fitur terbarunya.

Cara Mmenghapus Riwayat Pencarian di Play Store lewat Setelan Ponsel

Selain lewat aplikasi Google Play Storenya langsung, kita juga bisa menghapus riwayat pencarian Google Play lewat setelan ponsel. Untuk jelasnya bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, buka menu Setelan ponsel Android.
  2. Buka menu pengelola Aplikasi (Apl).
  3. Buka menu Kelola aplikasi.
  4. Cari dan temukan aplikasi Google Play Store.
  5. Pada profil aplikasi tekan Penyimpanan.
  6. Tekan menu Hapus data.
  7. Pilih Hapus semua data.
  8. Selesai.

Setelah itu, untuk memastikan riwayat pencarian kita telah terhapus, coba buka aplikasi Google Play Store lagi dan tekan menu pencariannya. Maka riwayat pencarian akan tiada.

Catatan:
Langkah-langkah di atas dilakukan pada ponsel Redmi Nore 7, Versi Android 10, Versi MIUI Global 11.

Aplikasi Google Play memang aplikasi yang cukup penting bagi pengguna Android, karena lewat aplikasi inilah pengguna bisa dengan mudah mendownload dan memperbarui aplikasi dan game dengan mudah.

Selain itu, lewat aplikasi Google Play juga bisa digunakan untuk metode pembayaran untuk beberapa aplikasi dan game tertentu.

Dengan pembahasan mengenai cara menghapus pencarian di Play Store, semoga pembaca bisa menghapus riwayat penelurusan aplikasi atau game yang bikin malu ya.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here