Cara Mematikan Antivirus Avast untuk Sementara atau Permanen

0

Avast merupakan salah satu antivirus terbaik selain Kaspersky, AVG, Avira dan antivirus lainnya. Banyak orang beranggapan bahwa antivirus Avast merupakan antivirus yang cukup keren dan modern, baik dalam segi keamanan dan tampilan antarmukanya.

Untuk menjadi antivirus yang terkenal seperti sekarang, Avast memiliki rekam jejak yang cukup panjang. Avass sudah diciptakan sejak tahun 1988 dan merupakan antivirus pertama yang dibuat untuk Windows X64. Sebagai antivirus yang sudah berpengalaman bertahun-tahun, maka kemampuan Avast tidak diragukan lagi. Sebagai informasi tambahan, Avast merupakan antivirus yang dikembangkan oleh Alwil Software di Praha, Republik Ceko .

Meski Avast sangat membantu dalam melindungi dan memberantas berbagai macam virus, namun adakalanya kita harus mematikan Avast untuk sementara atau bahkan mematikan Avast untuk selamanya. Untuk Anda yang masih belum tahu cara melakukannya bisa mengikuti tutorial pada artikel ini.

Mematikan Semua Proteksi Keamanan Avast

Dengan menonaktifkan semua proteksi yang ada pada antivirus Avast maka sama dengan menonaktfikan semua fungsi Avast secara menyeluruh. Namun, lebih disarankan untuk mengaktifkannya lagi untuk menghindari resiko komputer terkena serangan virus, khususnya untuk komputer yang hanya menggunakan Avast sebagai satu-satunya antivirus.

Berikut adalah cara mematikan proteksi Avast antivirus:

Mematikan Semua Proteksi Keamanan Avast

  1. Buka sistem try pada taskbar Windows. Temukan ikon Avast. Atau bisa klik tanda kepala anak panah keatas, nanti akan ada ikon Avast disitu, khususnya pada Windows 10.
  2. Pada ikon Avast klik kanan, pilih Avast sheilds control, kemudian klik salah satu pilihan, tergantung mau berapa lama mematikan Avast. Bisa 10 menit, 1 jam, sampai komputer di restart atau bisa dinonaktifkan permanen.
  3. Setelah memilih salah satu dari beberapa pilihan tersebut, nanti akan muncul popup untuk konfirmasi, apakah kamu benar-benar akan memaktikan Avast Antivirus. Klik saja tombol Yes, maka setelah itu semua perlindungan Avast Antivirus akan dinonaktifkan.

Cara Mematikan Avast Antivirus pada Proteksi Tertentu Sementara Waktu

Jika cara sebelumnya untuk mematikan semua perlindungan Avast, pada antivirus ini juga tersedia fitur yang memungkinkan pengguna untuk mematikan proteksi tertentu saja. Untuk melakukannya bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mematikan Avast Antivirus pada Proteksi Tertentu Sementara Waktu

  1. Buka dan jalankan Avast Antivirus, klik Menu(ikon garis horizontal pada pojok kanan atas),  klik menu Setting(ikon Gear), pilih menu Protection. Pada Avast versi sebelumnya menu ini bernama Active Protection. Pada menu ini kamu bisa klik Core shields, pada bagian ini akan muncul semua proteksi Avast, seperti File Shield, Behavior Shield, Mail Shiel, dan Web Shield.
  2. Kemudian tinggal pilih proteksi mana yang akan dimatikan dan mana yang tetap aktif. Tinggal klik hilangkan ceklis untuk mematikan proteksi. Pada beberapa pilihan akan muncul opsi untuk menentukan lama antivirus mematikan proteksi tersebut. Pilihannya sama, kamu bisa memilih 10 menit, 1 jam, sampai komputer restart atau permanen.

Setelah mematikan proteksi Avast. Tampilan warna Avast akan berubah menjadi warna kuning dengan keterangan You are at Risk. Jika ingin mengaktifkan kembali fitur pengamanan ini, kamu hanya perlu mengklik tombol Turn in. Dengan begitu pengamanan antivirus ini akan aktif kembali.

Cara Menghapus Antivirus Avast

Beberapa orang ada yang memilih menghapus Avast Antivirus karena sudah memiliki antivirus bawaan, bisa karena masa trialnya habis, lisensi tahunannya habis atau mungkin karena tidak akan memperpanjangnya lagi. Maka kamu bisa menghapusnya dengan cara berikut.

Cara hapus Avast pada Windows 7

  1. Buka dan jalankan Control Panel, pada menu Programs pilih Uninstall a Program.
  2. Kemudian cari Avast Antivirus, dan klik Uninstall, tunggu beberapa saat sampai proses penghapusan selesai.

Cara hapus Avast pada Windows 10

Cara Menghapus Antivirus Avast

  1. Masuk ke Windows Settings ⇒ pilih Apps ⇒ Kemudian cari Avast Antivirus.
  2. Klik ikon dan nama Avast, dan pilih tombol Uninstall.

Jika kesulitan menghapusnya, kamu bisa membaca artikel lain yang berjudul Cara Uninstall Antivirus Avast yang tidak Bisa Dihapus.

Bagaimana?

Jika ada pertanyaan atau memiliki masukan terhadap artikel ini bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here