Cara Uninstall Antivirus Avast yang Tidak Bisa Dihapus

0
Cara Uninstall Antivirus Avast

Beberapa orang ada yang mengeluhkan antivirus Avast yang tidak bisa di Uninstall dengan cara yang biasa dilakukan, bahkan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga pun tidak membuahkan hasil. Lalu bagaimana cara uninstall antivirus Avast yang tidak bisa dihapus?

Umumnya ini terjadi pada pengguna Windows 10, jika menggunakan uninstaller bawaan Windows tidak muncul pilihan Uninstall Avast. Banyak orang melakukan penghapusan terhadap antivirus Avast karena sudah memiliki anvirus andalan sebelumnya, dan tidak memerlukan antivirus tambahan. Seperti yang kita tahu, bahwa antivirus Avast sering terinstall dengan sendirinya ketika kita menginstal aplikasi lain.

Anehnya jika Avast sudah terinstall, maka sulit ketika akan menghapusnya meski menggunakan aplikasi pihak ketiga andalan seperti iobit uninstaller, tidak mempan untuk uninstall di Windows 10.

Untuk perangkat yang memiliki spesifikasi ram yang kecil menginstal lebih dari dua antivirus suka bikin lemot, dan untuk anvirus Avast cukup ganas dalam menghapus file yang terindikasi virus.

Belum Tahu Apa itu Avast?

Apa itu Avast
Tampilan desktop antivirus Avast © selular.id

Sebetulnya Avast merupakan antivirus yang cukup terkenal di dunia. Banyak perangkat komputer dan laptop yang menggunakan Avast sebagai antivirus.

Avast sendiri merupakan antivirus yang dibuat oleh perusahaan Alwil Software yang berdomisili di Praha, Republik Ceko, yaitu perusahaan software yang sudah berdiri sejak tahun 1988.

Ada sekitar 400 juta orang yang tergabung dalam komunitas yang mendukung perkembangan Antiviru Avast. Karena selain tersedia untuk perangkat PC dengan operasi sistem Windows, Avast juga bisa digunakan pada smartphone, baik pada Android ataupun iOS.

Avast diklaim sebagai antivirus yang memiliki keaman yang bisa menanggulangi virus sejenis Ransomware yang pernah ramai beberapa waktu lalu menginfeksi banyak perangkat komupter di dunia, karena virus ini bisa menyerang dokumen pada komputer dan mengenkripsinya.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Avast Antivirus versi gratis seperti bisa menaikan level keamanan dengan perlindungan real-time, pendeteksi cerdas terhadap ancaman virus,tambahan keamanan pada jaringan, kata sandi dan peramban web.

Kelebihan lainnya antivirus ini mudah diinstal dan digunakan. Avast juga diklaim sebagai antivirus gratis terbaik dan tidak ada yang mampu menandinginya.

Namun terlepas dari berbagai kelebihan yang dimilikinya, Avast juga memiliki beberapa kekurangan yang membuat pengguna yang masih awan merasa tidak nyaman, seperti yang sudah dibahas di awal pembahasan bisa bikin lelet dan banyak dokumen terhapus.

Namun, alasan umum kenapa para pengguna Avast memilih untuk uninstall Avas karena pengguna lebih nyaman menggunakan antivirus bawaan, seperti pada Windows ada windows defender yang tidak kalau ampuh melawan virus dan tidak banyak notifikasi seperti Avast.

Cara Uninstall Avast

Uninstall Utility Uninstall our software using avastclear

Banyak kejadian bahwa Antivirus Avast tidak bisa dihapus dengan cara uninstal standar yang biasa dilakukan, perlu cara khusus untuk melakukannya, bahkan aplikasi pihak ketiga yang paling ampuh untuk menghapus aplikasi tidak melakukannya.

Untuk melakukannya pengguna harus menggunakan tambahan prohram untuk uninstall avast secara tuntas dan berhasil. Berikut adalah langkah-langkah cara  uninstall Avast.

  1. Pertama unduh dan pasang avastclear.exe pada komputer atau laptop Anda.
    Unduh avastclear.exe
  2. Jalankan Windows dalam mode aman(Safe Mode).
  3. Buka dan jalankan aplikasi utilitas penghapusan-instalasi yang sudah diunduh tadi.
  4. Jika menginstal Avast di folder lain, bukan folder default, cari folder itu, jika ada file penting sebaiknya pindahkan ke folder lain( karena folder yang dipilih sebagai tempat instal Avast akan terhapus).
  5. Klik tombol HAPUS pada aplikasi.
  6. Selanjutnya tinggal Restart komputer atau laptop dan Avast sudah terhapus dari PC.

Dengan cara ini harusnya Avast sudah uninstall dengan sempurna, jika belum berhasil, kemungkinan ada langkah yang terlewat. Jika ada pertanyaan atau memiliki cara yang lebih efektif dalan uninstall avast bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here