Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 Terbaru

Mengalami kesulitan ketika akan melakukan pemasangan(install) aplikasi pada Windows 10 karena dicurigai sebagai virus? Untuk mengatasinya harus mematikan antivirus windows 10 dengan cara cara menonaktifkan windows defender.

0
Cara Mematikan Windows Defender Windows 10
Windows Defender awalnya dikenal sebagai Microsoft SpyWare, yaitu software yang memiliki fungsi melindungi sistem operasi Microsoft Windows dari serangan pengintai (spyware). Windows Defender juga merupakan antivirus hasil pengembangan dari antivirus terdahulunya yaitu Microsoft Security Essentials (MSE).

Windows Defender adalah antivirus bawaan Windows yang memiliki fungsi yang cukup ampuh melindungi komputer dari berbagai macam serangan virus. Namun, ada kalanya kita harus mematikannya sementara, seperti pada saat akan melakukan pemasangan aplikasi atau memasukan flashdisk yang teridentifikasi virus.

Ketika melakukan instalasi aplikasi ataupun game yang dianggap virus oleh Windows Defender, maka tidak ada pilihan lain selain menonaktifkan sementara waktu, jika ingin proses instalasi berhasil. Begitupun ketika memasang flashdisk, karena bisa banyak file yang akan terhapus.

Windows Defender sendiri merupakan antivirus hasil pengembangan dari Microsoft Security Essentials, perangkat lunak yang memiliki peran penting dalam hal keamanan sistem operasi Microsoft Windows versi terbaru.

Respon pengguna terhadap antivirus bawaan Windows ini cukup positif, khususnya untuk pengguna Windows 10, karena tidak perlu melakukan instalasi lagi dan untuk masalah kemampuan, sama bagusnya dengan antivirus premium.

Berbeda pada Windows 7 atau Windows XP, pengguna harus menggunakan antivirus dari pihak ketiga. Dan kalaupun mau menggunakan antivirus buatan Microsoft harus melakukan instalasi manual. Maka dari itu hadirnya Windows Defender sebagai aplikasi bawaan pada Windows 10 sangat membantu penggunanya.

Namun, yang menjadi kendala ketika menggunakan Windows Defender adalah tingkat proteksinya yang tinggi terhadap aplikasi atau file yang teridentifikasi virus, kadang aplikasi biasa pun dicurigai mengandung virus. Hal ini kadang menyulitkan penggunanya ketika akan menginstall aplikasi, bahkan beberapa installer pun diblokir Windows Defender di Windows 10 ini.

Untuk itu penting dilakukan untuk menonaktifkan Windows Defender sementara ketika akan melakukan pemasangan aplikasi yang dianggap berbahaya tersebut.

Windows Defender merupakan perangkat lunak pelindung yang cukup lengkap, memiliki kemampuan melindungi perangkat yang kita gunakan dari berbagai ancaman virus ataupun firewall. Meski begitu, pengguna bisa melakukan disable sementara waktu.

Cara Mematikan Windows Defender Windows 10

cara menonaktifkan windows defender

  1. Buka dan jalankan aplikasi Windows Defender, untuk melakukannya Anda bisa menekan tombol Windows dan ketika Windows Defender.
  2. Selanjutnya buka Virus & threat protection.
  3. Kemudian buka menu opsi Virus & threat protection setting.
  4. Setelah berhasil membuka menu Virus & threat protection setting, langkah selanjutnya adalah mematikan semua proteksi dengan menggeser tombol beralih menjadi off.

Sampai disini Anda sudah berhasil mematikan semua perlindungan Windows Defender. Dan untuk mengaktifkannya kembali, Anda hanya perlu membuka menu Virus & threat protection setting lagi dan geser tombol beralih menjadi On.

Mengingat Windows Defender merupakan salah satu perangkat lunak yang memiliki peran penting dalam melindungi perangkat kita dari virus. Jadi pada saat menonaktifkannya, pastikan aplikasi yang akan dipasang bebas dari virus, dan jangan terlalu lama membiarkan antivirus bawaan ini dalam keadaan off, karena untuk melindungi semua data dalam perangkat kita.

Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here