Kirim File Besar Lewat Email Gmail

0
cara mengirim file besar lewat email gmail

Pelbagai platform email kini sudah mendukung fitur lampiran file, dimana penggunannya bisa mengirimkan berbagai jenis file dalam email. Sayangnya ukuran file yang bisa dikirim dibatasi, seperti pada Gmail hanya bisa kirim file dibawah 25MB. Lalu bagaimana cara kirim besar lewat email?

Pada artikel ini Saung Net akan memberikan solusi yang memungkinkan Anda bisa kirim file lewat email, bahkan bisa sampai bergiga-giga. File yang bisa Anda kirim bisa berupa dokumen, foto, bahkan video. Dengan cara ini Anda bisa mengirim file lewat gmail lebih dari 20MB.

Pada berbagai layanan email seperti Gmail, Yahoo, dan beberapa layanan email lainnya memiliki batas maksimal attachment atau file yang dikirimkan dengan maksimal besaran ukuran file 25MB.

Jadi untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus menggunakan cara alternatif, jadi bisa mengirim file atau dokumen dengan ukuran lebih dari 25MB melalui email. Untuk caranya bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Kirim File Besar Lewat Email Gmail

Untuk kirim file besar lewat layanan email gmail sebetulnya hampir sama seperti pada saat kirim email biasa. Hanya saja pada saat mengunggah/ melampirkan file ukuran besar akan muncul popup berisikan notifikasi “File besar harus dibagikan dengan Google Drive”. Untuk jelasnya bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Pertama kunjungi laman Gmail atau bisa klik tautan https://mail.google.com/mail/. Kemufian klik tombol Tulis/ Compose.

Kirim File Besar Lewat Email

2. Isi kolom Kepada dengan email tujuan, kolom Subjek diisi dengan judul email, dan kolom isi email bisa diisi dengan salam pembuka dan penjelasan.

3. Untuk melampirkan file ukuran besar, klik ikon Lampirkan file. Saat muncul notifikasi “File besar harus dibagikan dengan Google Drive” klik saja tombol Oke, mengerti.

cara mengirim file besar lewat gmail

4. Selanjutnya tinggal cari dan pilih file yang akan dikirim melalui email. Klik tombol Open, dan tunggu beberapa saat sampai proses unggah selesai.

cara mengirim video lewat gmail lebih dari 20mb

5. Jika file sudah berhasil diunggah 100%, selanjutnya tinggal tekan tombol Kirim, jika muncul popup notifikasi “Seseorang memerlukan akses ke file ini” Anda bisa melakukan pengaturan untuk memilih Bagikan dengan 1 orang(file hanya bisa dilihat oleh 1 orang yang diberi akses) atau Aktifkan berbagi link.(Semua orang bisa mengakses file tersebut), dan klik tombol Kirim.

cara mengirim file besar lewat email di android

Cara diatas juga bisa dilakukan melalui ponsel Android dengan menggunakan aplikasi Gmail. Untuk langkah-langkah hampir sama.

Jika ingin lebih simpel, maka bisa mengunggah langsung file tersebut melalui Google Drive dan membagikan file tersebut dalam bentuk link, agar file tersebut bisa diunduh oleh orang yang bersangkutan. Selain menggunakan Google Drive Anda juga bisa menggunakan penyedia layanan penyimpanan cloud lainya seperti Dropbox atau OneDrive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here