Cara Lihat Barcode WhatsApp

1
whatsapp barcode
Barcode WhatsApp © SaddhaTV

Masih belum tahu cara lihat barcode WhatsApp? Jangan khawatir, banyak orang mengalami hal yang sama, khususnya untuk orang yang baru menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi. Pasti banyak fitur yang belum diketahui letak dan fungsinya. Untuk itu baca perlahan ya artikel ini.

WhatsApp kini menjadi aplikasi kirim pesan yang paling banyak digunakan untuk berkomuinikasi, karena fitur dimiliki aplikasi Whatsapp ini cukup lengkap dan mudah digunakan. Salah satu fitur yang memudahkan pengguannya adalah Web Whatsapp Kode QR, yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan chatting melalui browser dekstop. Jadi dalam pengetikan teksnya bisa lebih cepat.

Fitur WhatsApp Web sudah lama ada, namun masih sedikit orang yang menggunakannya. Mungkin karena masih sedikit orang yang tahu fungsinya atau belum memerlukannya. Karena umumnya fitur ini digunakan oleh orang yang berjualan online untuk berkomunikasi dengan calon pembelinya.

Tampilan aplikasi WhatsApp bisa diganti dengan tema yang Anda inginkan, baca: Cara mengganti tema WhatsApp.

Untuk penggunaan fitur ini pun sebetulnya cukup mudah, tinggal membuka menu ‘WhatsApp Web’ pada aplikasi WhatsApp dan melakukan pemindaian atau scaning barcode. Namun yang jadi pertanyaan “bagaimana cara melihat barcode WhatsApp atau Kode QR WhatsApp?”(kode wa).

Untuk menambah pengetahuan, mari kita bahas sedikit mengenai apa itu Barkode. Barcode marupakan kumpulan data optik yang bisa dibaca oleh mesin. Namun teknologi barcode yang digunakan WhatsApp bukan barcode dalam bentuk garis, tapi menggunakan barcode versi terbaru, yaitu QR Code. QR Code sendiri merupakan barcode yang memiliki corak dua dimensi.

Agar bisa membaca Barcode, WhatsApp menggunakan kamera belakang smartphone untuk memindai. Maka penting memastikan kamera belakang bisa menangkap gambar dengan baik, karena jika kamera belakang bermasalah maka proses pemindaian QR Cide tidak akan berhasil.

Itu hanya sebagai tips saja, mari ke inti pembahasan cara melihat barcode wa saja.

Cara Melihat Barcode WhatsApp

Sebetulnya untuk mengetahui bagaimana cara melihat WhatsApp barcode hanya perlu mengikuti beberapa langkah singkat berikut ini:

1. Pertama siapkan laptop atau PC untuk membuka browser, boleh menggunakan browser andalan masing-masing, bisa menggunakan Google Chrome, Mozila Firefox, Opera, atau Safari. Bebas pokoknya.

2. Selanjutnya buka atau kunjungi laman WhatsApp Web melalui browser :https://web.whatsapp.com/.

3. Jika sudah masuk laman WhatsApp versi Web dengan sempurna. nanti akan nampak kotak barcode/QR Code berwarna hitam mencolok. QR Code itulah yang akan dipindai menggunakan aplikasi Whatsapp jika ingin menggunakannya di laptop atau komputer.

cara melihat kode qr wa

4. Untuk melakukan pemindaiannya sendiri mudah, tinggal jalankan aplikasi WhatsApp dan masuk ke Menu, klik ikon berbentuk titik tiga horizontal pada atas kanan dan pilih Whatsapp Web.

web whatsapp kode qr

5. Klik ikon + (plus) untuk memulai pemindaian, dan arahkan tangkapan kamera ke layar laptop yang ada barcodenya.

Dengan langkah-langkah diatas, Anda bisa menggunakan ini untuk cara melihat chat wa orang lain.

Barcode whatsapp web tidak muncul? Pastikan koneksi internet tidak sedang gangguan dan jangan lupa mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas.

Agar bisa menggunakan whatsapp web tanpa scan barcode lagi, pastikan menggunakan browser yang sama. Atau jika Anda ingin iseng sadap whatsapp web bisa baca: 1 Nomor Untuk 2 WhatsApp.

Bagaimana? Sudah mengerti cara lihat barcode Whatsapp?

Sampai disini seharusnya sudah tahu cara melihat barcode whatsapp di hp sendiri. Mungkin untuk yang pertama kali mencoba menggunakan fitur ini akan sedikit mengalami kesulitan. Namun jika sudah melakukannya beberapa kali akan terasa mudah dan cepat.

Jika masih menemui kendala, punya pertanyaan mengenai hal ini atau memiliki cara lain yang lebih mudah dan efektif, bisa disampaikan pada kolom komentar dibawah ini.

Semoga membantu.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here