Cara Amankan Browser Firefox di Windows 10

0
Cara Amankan Browser Firefox di Windows 10
Stephen Shankland/CNET

Mozilla Firefox merupakan salah satu browser yang banyak digunakan saat ini, tampilan yang simpel dan ringan membuatnya nyaman nyaman untuk berselancar, meski membuka banyak tab.

“Lebih cepat dan lebih minimalis, Firefox Quantum membuat Chrome terlihat usang.” — (Digital Trends)

Namun, tahukah Anda bahwa browser Mozilla Firefox dan browser sejenisnya, banyak menyimpan data privasi penggunannya dalam aplikasi mereka. Data pengguna seperti Password, History, data login dan data lain milik penggunanya tersimpan dalam aplikasi browser.

Maka dari itu, Mozilla Firefox pada pembaruannya membawa fitur baru untuk mengaman browser. Tujuannya agar terhindar dari tangan-tangan jail yang bisa saja mengancam data privasi ketika mereka menggunakan perangkat Windows 10 yang biasa kita gunakan.

Nah, artikel kali ini, Saung Net akan mambahas mengenai cara untuk mengamankan browser Firefox dengan mudah di desktop atau laptop.

Cara Amankan Browser Firefox di Windows 10

Berikut adalah langkah-langkah mengamankan browser Mozila Firefox.

  • Pertama, pastikan browser Firefox yang Anda gunakan adalah versi terbaru. Bisa cek langsung di situs resmi Firefox.
  • Pilih tombol Buka menu berbentuk garis tiga horizontal yang berada pada kanan atas layar, dan pilih menu Pengaturan.

Pengaturan Mozila Firefox

  • Selanjutnya, masuk ke bagian Privasi & Keamanan.

Privasi & Keamanan Mozila Firefox

  • Pada bagian Formulir & Sandi, aktifkan ‘Gunakan sandi utama‘ dengan mencetangnya.

Privasi Pramban Mozila Firefox

  • Setelah muncul halaman popup, sekarang tinggal memasukan password yang akan Anda gunakan ketika nanti akan mengakses menu yang sifatnya privasi. Gunakan password yang sulit, namun mudah diingat. Tinggal tekan tombol Ok.

Ubah Sandi Utama Mozila Firefox

  • Dengan menggunakan fitur ini, ketika orang lain menggunakan browser Anda dan mencoba melihat data password, login, sampai data histori, maka browser akan otomatis meminta kata kata sandi untuk mengaksesnya.
Baca Juga :  3 Kunci Menggapai Kesuksesan Hidup

Cara ini akan sangat membantu anda terhindar dari tindak kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang sekitar Anda. Terlebih untuk Anda yang sering menggunakan browser untuk mengakses situs-situs yang berhubungan dengan keuangan, seperti website belanja online, login ke internet banking dan lainnya.

Juga sangat penting untuk menjaga privasi kita, orang lain akan tahu situs apa saja yang pernah kita buka, karena akses untuk melihat histori browser sudah dipasangi dengan fitur kata sandi, jadi hanya kita yang bisa mengaksesnya.

Jika Anda membaca dengan cermat langkah-langkah diatas, tentu akan mudah melakukannya. Masih ada hal yang ingin ditanyakan atau mungkin punya cara lain yang lebih efektif dalam menjaga privasi kita saat menggunakan browser ? Sampaikan melalui komentar dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here