Awas! Bukan Pembaruan, Ternyata WhatsApp Gold Virus Berbahaya

0
WhatsApp Gold Scam

WhatsApp kini menjadi aplikasi komunikasi yang paling banyak digunakan, karena memiliki fitur yang lengkap dan memiliki tampilan yang simpel. Jadi mudah digunakan sekalipun baru pertama kali menggunakannya.

Namun sayangnya ada juga sebagian pengguna yang tertipu dengan iming-iming WhatsApp anyar yang bernama WhatsApp Gold. Apa itu WhatsApp Gold?

 

WhatsApp Gold Hanya Sebarkan Virus

Padahal aplikasi yang katanya premium ini sesungguhnya hanya virus yang sengaja disebarkan oleh pembuatnya. Tujuannya apa? Tentu saja untuk merusak dan meretas sistem dari ponsel pengguna. Berdasarkan pengalaman yang ada, banyak yang sudah tertipu oleh WhatsApp Gold ini.

Saat sampai pada pengguna, pesan tipuan ini menyarankan para pengguna untuk menggunakan WhatsApp versi anyar. Sehingga nantinya pengguna akan diminta untuk mengunduh aplikasi tersebut yang sebenarnya berisi virus. Jelas bukan, bahwasannya bukan pembaruan yang didapat, tapi justru virus perusak yang terinstal.

Alih-alih dapat pembaruan, justru ponsel akan jadi sasaran empuk virus parah yang tak ada orang lain bisa perbaiki. Sebaran WhatsApp Gold ini muncul pada tahun 2016 lalu. Dengan berdalih bahwa WhatsApp Gold sebagai versi eksklusif WhatsApp, pengguna ditawari kemampuan yang lebih tinggi dari WhatsApp sebelumnya.

Iming-imingnya berupa kemampuan obrolan video, kirim 100 gambar sekaligus, serta dapat hapus pesan pasca dikirim. Hal ini pastinya menggiurkan pengguna. Tapi pada kenyataannya aplikasi WhatsApp asli masih belum memberikan fitur sejauh itu.

Biasanya pengguna akan diundang untuk klik tautan dan upgrade hingga akhirnya diarahkan pada situs dengan software taka man dan pastinya membahayakan ponsel. Maka dari itu, untuk menghindari resiko virus berdalih WhatsApp Gold, pengguna sebaiknya langsung hapus pesan masuk tersebut. Abaikan pesan tipuan itu dan jangan buka video yang disebut martinelli.

WhatsApp Tak Ada Versi Lain

Perlu kamu ketahui bahwa pembaruan WhatsApp itu hanya dilakukan secara otomatis lewat aplikasi tersebut. Tak ada pemberitahuan lain lewat pesan yang mungkin disampaikan lewat email atau pesan singkat lain. Lagipula WhatsApp tak keluarkan versi lain seperti halnya WhatsApp Gold.

Pastikan juga untuk asal install aplikasi melalui situs yang tidak jelas atau tak resmi. Cari aman dengan unduh WhatsApp dari Google Play Store. Situs tak jelas hanya akan memungkinkan menularkan virus jahat yang berujung peretasan ponsel.

Perusahaan cyber security seperti McAfee juga turut menanggapi pergolakan yang terjadi soal WhatsApp Gold ini. Pihaknya mengeluarkan laporan terkait pesan penipuan tersebut.

  • Pihak McAfee menghimbau untuk berhati-hati pada aplikasi gratis yang distribusinya melalui situs tak dikenali ataupun tautan tak jelas melalui pesan singkat teks dan email. Ada baiknya diabaikan.
  • Pastikan dulu untuk membaca izin aplikasi. Tujuannya agar tak mengganggu privasi milikmu kaitannya akses informasi yang tak perlu seperti kamera, penekanan tombol, dan kontak. Jadi pastikan baca kebijakan privasi yang diajukan aplikasi yang kamu install ya. Intinya jangan sampai data sudah kamu terima izinnya, justru kamu nanti yang akan dirugikan.
  • Disarankan untuk mengunduh atau lakukan pembaruan melalui aplikasi khusus Google Play Store yang memang resmi dan terbilang populer. Hindari pemakaian aplikasi eksternal yang ditawarkan pihak ketiga.
  • Pastikan juga untuk memiliki perangkat lunak keamanan seluler yang bersifat meluas dan lengkap. Sehingga akan membantu memproteksi ponsel dari serangan virus atau malware yang mengancam.

Jadi perlu dipastikan mulai sekarang, jangan pernah mengunduh tautan atau permintaan pembaruan versi khusus seperti WhatsApp Gold ini. Sebab sudah terbukti hanya berisi virus yang akan mengancam dan siap melakukan peretasan pada ponsel.

Yanita Nurhasanah
Seseorang yang masih terus belajar dan mengasah kemampuan menulis.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here