Sumber Penghasilan Youtuber

Tertarik Jadi Youtuber? Ketahui Dulu dari Mana Sumber Penghasilannya

0
Penghasilan Youtuber

Berapa sih penghasilan dari youtube? Banyak sekali pertanyaan serupa yang dilontarkan oleh para Youtuber pemula yang ingin menjajal dunia youtube. Salah satu alasannya adalah uang tentu saja.

Apalagi, kini banyak sekali Youtuber kondang yang dikabarkan memiliki penghasilan fantastis dengan modal konten kreatif di channelnya. Belum lagi bonus popularitas yang bahkan bisa menyetarai para artis di layar kaca.

Sayangnya, untuk mendapatkan penghasilan dari youtube setaraf Logan Paul atau PewDiePie tentu tidak mudah. Dibutuhkan kerja keras dan pastinya sikap tak mudah menyerah untuk bisa mendapatkan apa yang Anda mau.

Jika memang tertarik dengan dunia Youtube dengan penghasilan bulanan menakjubkan seperti mereka, tentu Anda harus mengulik informasi darimana sumber penghasilan youtube dan bagaimana cara mendapatkannya terlebih dahulu.

Penghasilan Youtuber dari Mana?

Gaji Youtuber berasal dari beberapa sumber, yang paling umum adalah dari perusahaan Youtube-nya sendiri, bisa dari pihak ketiga atau perusahaan yang memiliki produk yang ingin diiklankan lewat channel Youtube seseorang.

Berikut ini adalah beberapa sumber penghasilan dari youtube yang perlu Anda tahu jika memang tertarik ingin terjun ke dunia ini.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing - berapa penghasilan youtuber

Penghasilan dari Youtube yang pertama adalah berasal dari Affiliate Marketing. Untuk bisa bergabung di Affiliate marketing, Anda bisa masuk ke salah satu situs e-commerce besar lalu lakukan pendaftaran akun untuk Affiliate. Selanjutnya Anda bisa menjual barang yang ada di toko tersebut ke orang lain terutama subcriber yang dimiliki.

Jika Anda memiliki youtube dengan konten baju, Anda bisa memasang link afiliasi yang bisa ditambahkan di bagian deskripsi video. Jika ada pengunjung youtube yang mengklik dan membeli baju tersebut, Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan baju.

Jika harga baju yang dibeli adalah 50 ribu dan Anda mendapatkan 10%nya, maka Anda bisa mengantongi 5 ribu rupiah setiap ada pengunjung yang melakukan pembelian.

Hingga kini ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan program afiliasi yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan lebih seperti Lazada, Blanja, Bhinneka, Blibli, Bukalapak dan lain sebagainya.

Salah satu contoh youtuber yang melakukan Affiliate marketing adalah Marques Brownlee atau MKBHD yang merupakan nama channel youtubenya. Pihak brand akan membayar MKBHD untuk mengulas satu satu tipe ponsel yang dijualnya sekaligus memberikan skor yang bagus bagi ponsel tersebut. Selanjutnya, channel youtube miliknya akan memasang link belanja di bagian deskripsi video.

Berjualan

gaji youtuber pemula

Anda juga bisa berjualan untuk mendapatkan penghasilan dari youtube dengan jumlah yang menggiurkan. Anda bisa mengumpulkan banyak subcriber lalu berjualan di channel Anda. Dan jika semuanya lancar, maka gaji bulanan pekerja kantoran pun bisa Anda kalahkan.

Meski dianggap lebih menguntungkan daripada affiliate marketing, namun berjualan di Youtube memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah harus melakukan kegiatan operasionalnya sendiri yang tentunya akan lebih banyak memakan waktu hingga tenaga. Inilah kenapa, banyak youtuber yang memilih affiliate marketing dibandingkan harus berjualan sendiri.

Dengan affiliate markerting, mereka hanya berperan sebagai pihak yang memasarkan saja dan mendapatkan komisi atas penjualan yang dilakukan. Namun jika harus berjualan sendiri, maka segala sesuatunya mulai dari produksi hingga pemasaran harus dilakukan secara mandiri.

Youtube Ads (Adsense)

berapa uang dari youtube

Penghasilan dari youtube yang lainnya adalah berasal dari Youtube Ads. Meski demikian, untuk mendapatkan youtube Ads tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Youtube sendiri menetapkan beberapa syarat untuk bisa mendapatkan youtube Ads.

Adapun syarat pemasangan youtube Ads adalah channel tersebut harus memiliki jumlah subcriber setidaknya 1000 orang pada setahun terakhir. Channel tersebut juga harus sudah ditonton minimal 4000 jam pada setahun terakhir. Jika Anda merupakan tipe orang yang jarang membuat konten dan menguploadnya di channel, maka syarat tersebut mustahil untuk dipenuhi.

Beda lagi jika Anda rajin mengupload konten seperti halnya 2 kali dalam seminggu. Jika demikian, maka Anda sudah bisa mendapatkan sekitar 96 video dalam setahun. Dan jika masing-masing dari video ditonton oleh 900 orang maka total view yang di dapat adalah 86.400 view. View tersebut sudah memenuhi target view per tahunnya.

Bagaimana? Tertarik menjadi Youtuber? Langkah pertama yang harus disiapkan adalah channel Youtube. Jika belum tahu cara membuatnya, silahkan baca Cara Membuat Channel Youtube.

Hitungan Gaji Youtuber

Lalu bagaimana cara menghitum gaji Youtuber?

Untuk mengetahui besar pendaftaran Youtuber yang di peroleh dari Youtube Ads ada 2 faktor yang bisa jadi acuan, yaitu CPM (Cost Per Mile) dan CPC (Cost Per Click).

Jadi berapa penghasilan Youtubers per view? Bukan per view tapi per seribu view.

Perlu diketaui, CPM adalah pendapatan yang bisa kita peroleh dari setiap 1000 penayangan (view) ikan dari video yang kita unggah. Di Indonesia pendapatan yang akan diperoleh Youtuber dari per seribu tayangan iklan sekitar Rp 7.000. Namun tergantung jenis konten video yang kita unggah.

Sedangkan CPC adalah pendatapan yang bisa kita dapat dari setiap 1 orang yang melakukan intraksi (klik) pada iklan yang muncul di video kita. CPC Indonesia kisatan Rp5.000 sampai Rp12.000. Tergantung jenis konten video yang kita unggah juga.

Berikutnya jika kita menghitung pendapatan dari Youtube dengan metode Affiliate marketing, maka jumlahnya bervariasi tergantung dari kesepatan dan kebijakan dari kedua belah pihak. Umumnya menggunakan presentase dari 0,1 sampai 10 persen dari harga produk yang terjual.

Jika dengan cara berjualan, maka uang yang diperoleh tergantung berapa besar keuntungan yang diambil. Biasanya, semakin terkenal channel Youtube, maka bisa dengan mudah menjual banyak barang dengan margin yang lebih tinggi.

Penghasilan Youtuber juga ada yang berasal dari endorsement, gaji yang didapat juga bervariasi tergantung kesepakatan antara pemilik channel dengan pihak endorser. Namun, penghasilan Youtuber yang di endorse di pengarui jumlah subscriber. Bisa jutaan hingga ratusan juta, tergantung seberapa terkenal channel Youtube kita.

Gaji Youtuber Pemula

Lalu berapa pendapatan Youtuber pemula?

Cara menghitung penghasilan Youtuber yang paling mudah adalah dengan bantuan situs Socialblade, yaitu situs web yang bisa melacak statistik dan analitik media sosial, salah satunya Youtube.

Untuk masih penasaran berapa uang yang bisa diperoleh saat pertama terjun kedunia Youtube bisa kita ambil contoh dari channel Youtuber pendatang baru Becis Bedul and Ncis, yaitu channel yang membahas mengenai ikan cupang.

penghasilan youtubers per view

Berdasarkan data yang tampil dari Socialblade di atas, pendapatannya diperkirakan sekitar US$ 10 atau setara Rp142.000 sampai US$ 160 atau setara Rp2.200.000 perbulannya. Dengan viewers 40.000 perbulan dan total subcribers 7.23K.

Atau bisa kita ambil contoh dari Youtuber lain yang membahas ikan juga seperti BETTASIAN, memiliki total subscribers 31.5K, memiliki perkiraan pendapatan US$ 61 atau sekitar Rp860.000 hingga US$ 980 atau 13 juta. Dengan viewers 244.000 perbulan.

pendapatan youtuber pemula

Jumlah tersebut akan berbeda jauh dibandingkan penghasilan Youtuber terkenal yang memiliki subcriber jutaan dan memiliki video yang ditonton jutaan orang.

Hingga kini ada begitu banyak youtuber tanah air yang memiliki jumlah subcriber fantastic berikut dengan jumlah viewer videonya.

Jika memang tertarik untuk terjun ke dunia youtube, maka tidak ada salahnya Anda banyak belajar mengenai dunia youtube dan tidak menyerah dalam sekali coba. Mereka yang menjadi youtuber terkenal dan mendapatkan penghasilan dari youtube yang menggiurkan secara rajin mengupload konten di channelnya.

Nurina
Tertarik dengan perkembangan teknologi, khusunya yang berhubungan dengan ponsel pintar dan komputer.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here