Cara Membuat Channel YouTube

0
Cara Membuat Channel Youtube

Cara membuat channel Youtube perlu Anda ketahui jika ingin mengunggah video ke Youtube. Untuk membuatnya tidak sulit, khususnya jika Anda sudah memiliki akun Google, Anda bisa membuat channel Youtube di hp.

Selain bisa mengupload video, dengan memiliki channel Youtube, Anda bisa berinteraksi dengan pengguna lain seperti berkomentar pada video milik orang lain.

Youtube kini menjadi salah satu media berbagi video yang populer digunakan oleh pelbagai kangan. Lewat Youtube, kita bisa mengunggah video, menonton video, dan bisa melakukan siaran langsung.

Jika video yang Anda unggah menarik dan ditonton banyak orang, maka besar kemungkinan Anda bisa mendapatkan banyak uang dari Adsense. Selain itu, lewat Youtube juga banyak orang menjadi terkenal dengan koten video yang dibuatnya. Itu sebabnya pengguna Youtube semakin banyak.

Jika ingin video Anda ada di Youtube, maka sebaiknya Anda membuat channel. Channel Youtube sendiri memiliki fungsi seperti saluran televisi. Anda bisa membuat berbagai channel. Misalkan Anda suka memasak, maka Anda bisa membuat channel Youtube memasak.

Lalu bagaimana cara membuat channel Youtube? Jawabannya bisa Anda temui pada pembahasan berikut ini.

Cara Membuat Channel Youtube Lewat PC

Untuk membuat channel Youtube, Anda harus memiliki akun Google, karena Youtube merupakan salah satu anak perusahaan Google, sejak dibeli pada tahun 2006 silam. Anda bisa menggunakan Gmail (email Google) untuk login ke Youtube.

Cara membuat channel Youtube lewat PC mudah dilakukan, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka dan jalankan browser, kunjungi Youtube.com.

cara membuat akun youtube

2. Klik tombol SIGN IN lalu Login/ Masuk menggunakan akun Gmail Anda.

cara buat channel youtube

3. Klik Profil yang berada di kanan atas, pilih menu Settings/ Setelan.

4. Pada laman Setting > Account > klik Create a new channel.

cara bikin channel youtube

5. Lalu Anda akan dialihkan ke laman kotak dialog untuk memberikan nama channel. Anda bisa menggunakan nama berdasarkan email atau menggunakan nama baru. Jika sudah, klik Create Channel.

cara membuat youtube channel

6. Jika ingin menggunakan nama bisnis atau atau nama lainnya, Anda bisa klik Use a bussiness or other name. Lalu akan dialihkan ke laman Brand Accounts. Masukan nama brand yang Anda inginkan dan klik Create.

cara daftar youtube

7. Selamat, channel Youtube Anda sudah berhasil dibuat. Supaya channel Anda menarik dan nampak profesional, Anda bisa mengubah foto profil dan latar belakang header. Klik Customize Channel.

buat akun youtube

8. Jika semuanya sudah siap, Anda bisa langsung upload video dengan mengklik tombol Unggah Video yang ada di atas kanan.

Lalu bagaimana cara membuat channel Youtube di hp? Tentu saja Anda bisa membuat channel Youtube di handphone Android Anda. Untuk melakukannya bisa lewat browser atau aplikasi Youtube.

Cara Membuat Channel Youtube di HP

Membuat channel baru di hp yang dipraktikan pada artikel ini menggunakan aplikasi Youtube. Untuk jelasnya Anda bisa menyimak langkah-langkah berikut ini.

1. Buka dan jalankan aplikasi Youtube.

2. Klik tombol Profil yang berada di kanan atas. Lalu Sign In ke akun Anda.

3. Jika Anda pertama kali membuka aplikasi Youtube, klik tombol SIGN IN/ Masuk. Atau bisa klik My Channel/ Channel saya. Lalu pilih email yang akan digunakan.

4. Nanti akan muncul kotak dialog Use Youtube as…/ Gunakan Youtube sebagai…, Anda bisa menggunakan nama bawaan email atau bisa mengubahnya. Lalu klik CREATE CHANNEL/ BUAT CHANEL.

cara membuat channel youtube di handphone

Selamat Anda berhasil buat channel Youtube. Selanjutnya Anda bisa langsung mengunggah video dengan klik tombol Unggah Video. Jika ingin mengubah nama , Anda bisa klik tombol Setelan.

cara membuat channel youtube di android

Untuk Anda yang pertama kali menggunakan Youtube dan masih bingung upload video ke Youtube bisa membaca: cara upload video ke Youtute lewat hp

Pada channel Youtube, Anda bisa mengunggah berbagai video terbaik Anda. Namun, beberapa orang menjadikan channel untuk mengkategorikan videonya. Kendalanya mungkin pada pengelolaannya.

Anda bisa melakukannya juga karena satu satu akun Google, Anda bisa membuat channel Youtube baru. Untuk melakukannya, bisa dengan cara yang sama seperti diatas, tinggal klik Profil > Setting.

Namun, untuk menambahkan channel Youtube baru, harus dilakukan lewat browser. Aplikasi Youtube di Android memiliki fitur yang terbatas, Anda hanya membuat channel, upload video, siaran langsung dan beberapa setelan.

Agar bisa mengelola channel Youtube secara maksimal, disarankan untuk membuka Youtube menggunakan browser lewat PC/ Komputer/ Laptop. Anda bisa mengedit video yang akan diunggah, mengubah thumbnail video dan beberapa pengaturan lainya.

Cara Monetisasi YouTube

Setelah berhasil buat akun Youtube, membuat channel dan secara rutin mengupload video menarik yang banyak ditonton orang. Selanjutnya Anda bisa melakukan pengajuan keikutsertaan Program Partner Youtube.

Sayangnya untuk jadi Youtuber/ Content Creator yang menghasilkan uang lewat Program Partner YouTube tidak mudah, dalam pengajuan keikutsertaanya saja memerlukan waktu lebih dari 1 bulan. Akun Youtube Anda akan melewati proses peninjauan terlebih dahulu.

Dalam mengikuti Program Partner YouTube (YPP), kreator bisa mengakses lebih banyak fitur Youtube. Untuk mengikuti program ini Anda harus memenuhi syarat dan kriteria yang sudah ditentukan.

Persyaratan Bergabung Program Partner YouTube

  • Berdomisili di negara atau wilayah tempat Program Partner YouTube tersedia.
  • Memiliki video yang sudah ditonton lebih dari 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir.
  • Memiliki lebih dari 1.000 subscriber.
  • Memiliki akun Adsense yang dihubungkan.

Jika semua persyaratan diatas sudah dipenuhi, selanjutnya Anda bisa mendaftar ke YPP dengan langkah-langkah berikut.

cara mengambil uang dari youtube
  1. Login ke Youtube menggunakan akun Anda.
  2. Klik Profil di samping kanan atas > klik Youtube Studio.
  3. Pada menu Channel sebelah kiri > pada Fitur Lainnya > Status dan Fitur.
  4. Lalu pada bagian Monetisasi, klik tombol Aktifkan.
  5. Senajutnya, tinggal ikuti petunjuk yang tertera.

Jika channel Anda sudah memenuhi persyaratan jumlah subcriber dan jam tonton Program Partner Youtube, nantinya channel Anda akan masuk dalam daftar antrian peninjauan.

Bagaimana?

Jika ada pertanyaan mengenai cara membuat channel Youtube bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here