Cara Upload Video Ke YouTube

cara upload video ke youtube

Mengunggah video ke YouTube tidak sesulit yang kita bayangkan, cara upload video ke YouTube bisa kita lakukan lewat HP atau Laptop. Untuk langkah-langkahnya akan dijelaskan di bawah ini.

Seperti yang kita tahu, YouTube adalah situs berbagi video yang sangat populer saat ini. Kita bisa mengunggah, menonton dan berbagi video dengan mudah.

Sayangnya kebanyakan pengguna YouTube hanya berperan sebagai penonton saja, beberapa bahkan ada yang belum tahu cara mengupload video ke YouTube.

Hal tersebut lazim pada pengguna baru karena belum tahu fitur upload video ke YouTube. Jika mencobanya, simak tutorial cara upload video ke YouTube dibawah ini.

Tentang YouTube

Selain upload video, kita juga bisa melakukan live streaming lho! Ya, langsung klik pada menu ‘Go Live‘ yang berada di halaman pilihan konten. Di sana kita bisa langsung melakukan perekaman video dan mengunggah secara otomatis.

Menarik bukan? Platform Youtube memang sengaja dibuat untuk memberikan kemudahan bagi banyak pihak untuk bisa berbagi berbagai hal dalam bentuk video atau live streaming.

Platform yang diakuisisi oleh Google senilai USD 1,65 Miliar tersebut sebelumnya merupakan layanan berbagi video yang dikembangkan oleh tiga mantan karyawan PayPal, Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim.

Semenjak berada di tangan Google, YouTube semakin berkembang dan populer digunakan banyak orang untuk berbagi video dan mendapatkan banyak uang dari layanan iklan serta jumlah tayangan video mereka yang berhasil ditonton.

Bahkan, sebagian orang yang sudah ketagihan merasakan keuntungan dari unggahan video di YouTube sudah menganggap platform ini sebagai bagian dari pekerjaan mereka. Tentunya dengan menjadi seorang Youtuber!

Anda pun bisa menjadi seperti mereka usai mengetahui Cara Upload Video ke Youtube lewat HP ataupun Laptop. Segera praktikkan ya!

Sebelum mengupload video ke YouTube pastikan Anda sudah memiliki sebuah Channel. Bagaimana cara membuatnya? Simak pada tulisan Cara Membuat Channel YouTube.

Cara Upload Video ke YouTube

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf pertama, mengupload video ke YouTube bisa dilakukan lewat HP (baik Android atau iPhone) dan lewat PC atau laptop.

Cara Upload Video ke YouTube lewat HP

  1. Buka aplikasi Youtube.
  2. Klik ikon yang berada di pojok kanan atas aplikasi.
  3. Pilih Rekam bila kita ingin memulai rekaman untuk di unggah. Live Streaming jika ingin melakukan siaran langsung.
  4. Atau, cari dan pilih video yang sebelumnya sudah disiapkan.
  5. Pada laman ‘Add Details‘ tambahkan keterangan video yang kita unggah. Isi kolom Judul dan Deskripsi.
  6. Kita juga bisa melakukan pengaturan privasi lewat pilihan Privacy.
  7. Jika diperlukan bisa menambahkan Lokasi dan menambahkan efek dan musik pada video.
  8. Jika semua dirasa sudah cukup, tekan ikon Kirim yang berada di sudut kanan atas.
  9. Terakhir, kita hanya perlu menunggu beberapa saat sampai proses mengupload video ke YouTube selesai.
cara upload video ke youtube lewat hp

Ternyata cara upload video ke Youtube lewat HP tidak sulit bukan? Dengan langkah-langkah diatas jika bisa mengunggah video apapun hasil rekaman dari kamera HP.

Jika ingin video TouTube yang kita upload bebas klaim hak cipta, usahakan untuk menggunakan musik latar belakang yang bebas hak cipta dan tidak mengupload ulang video milik orang lain.

Cara Upload Video ke YouTube lewat Laptop

  1. Kunjungi situs youtube.com, dan pastikan sudah login dengan akun Google.
  2. Klik Buat di menu bagian atas > pilih Upload Video.
  3. Pada laman Upload video, kita bisa ‘Tarik lalu lepas file video yang ingin diupload‘ di area upload atau klik tombol Pilih file.
  4. Sambil menunggu proses upload video, kita menambahkan detail video seperti Judul, deskripsi, thumnail, dll.
  5. Klik tombol Berikutnya untuk melajutkan. Pada bagian Elemen video bisa langsung klik Berikutnya.
  6. Selanjutnya atur Privasi video, bisa pilih Pribadi, Tidak Publik dan Publik. Bisa dijadwalkan juga.
  7. Terakhir klik tombol Publikasikan.
cara upload video ke youtube lewat laptop

Alternatif untuk cara upload video ke YouTube lewat laptop bisa juga dengan klik Foto Profil > Channel Anda > klik ikon atau tombol Upload Video.

Mungkin ada yang bertanyata ‘berapa lama upload video ke YouTube?’ jawabannya tergantung dari durasi, besaran ukuran file video, dan kecepatan internet.

Sekarang jika sudah tahu cara mengupload video ke YouTube, kita tinggal siapkan video menarik dan juga bermanfaat untuk dibagikan ke banyak orang. Jika beruntung kita bisa dapat uang.

Terkait dapat uang dari YouTube, simak tulisan Sumber Penghasilan Youtuber.

Tips Upload Video ke YouTube

Perlu diketahui, bahwa kualitas video bisa mempengaruhi jumlah penoton video kita, karena berhubungan dengan kenyamanan penonton.

Selain itu, juga harus diperhatikan mengenai ukuran dan format video yang akan diunggah ke YouTube.

Rekomendasi Rasio & Ukuran Video

Agar video yang kita unggah ke YouTube bisa full screen dengan sempurna disarankan untuk menggunakan 16:9 dan menggunakan ukuran dibawah ini.

  • 240p: 426×240 (16:9)
  • 360p: 640×360 (16:9)
  • 480p: 854×480 (16:9)
  • 720p: 1280×720 (16:9)
  • 1080p: 1920×1080 (16:9)
  • 1440p (2k): 2560×1440 (16:9)
  • 2160p (4k): 3840 x 2160 (16:9)

Dengan menggunakan ratio 16:9 dan ukuran di atas akan membuat orang yang menonton lebih nyaman.

Rekomendasi Format Video

Hampir semua jenis format video bisa kita unggah ke YouTube, tapi untuk hasil yang maksimal bisa menggunakan format video yang direkomendasikan berikut,

  • MP4
  • MPEG-4
  • Audio Codec: AAC-LC (Channels: Stereo or Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz)
  • Video Codec: H264
  • Frame Rates: Sesuaikan dengan video material aslinya supaya video yang diupload tidak patah-patah.

Demikian pembahasan mengenai cara upload video ke YouTube lewat HP dan Laptop yang disetai dengan tips mengupload video ke YouTube. Semoga bermanfaat.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here