Cara Memutar YouTube di Background

Ingin membuat YouTube berjalan di latar belakang sambil membuka aplikasi lainnya? Nah, di bawah ini ada beberapa cara putar YouTube di background android

cara putar youtube di background

Pada layanan premium pengguna bisa putar video YouTube di background atau latar belakang, namun ADA CARA memutar YouTube di background sambil membuka aplikasi lain tanpa pakai layanan berbayar.

Seperti yang kita tahu, kita bisa nonton pelbagai video di YouTube, mulai dari video musik, berita, vlog, hingga film. Di ponsel, YouTube juga menjadi salah satu aplikasi yang banyak dibuka.

Khusus untuk video musik, kadang kita ingin memutar musik YouTube di latar belakang sambil membuka aplikasi lain. Tujuannya agar bisa tetap chatting atau berselancar di medsos.

Atau kira-kira ada cara nonton YouTube sambil membuka aplikasi lain gak sih? Tentu saja jawabannya bisa! Untuk memutar YouTube di background memerlukan cara khusus.

Cara Memutar YouTube di Background

Panduan memutar YouTube di latar belakang pada tulisan ini khusus untuk pengguna ponsel Android seperti Samsung, Xiaomi dll. Silahkan pilih salah satu cara yang paling cocok untuk Anda.

Cara Nonton YouTube Sambil Membuka Aplikasi lain

Cara memutar video sambil membuka aplikasi lain pertama yaitu dengan memanfaatkan fitur split screen. Pada ponsel Android terbaru fitur ini biasanya sudah ada, jika belum ada bisa pasang aplikasinya.

Pada ponsel Samsung fitur split screen hanya ada pada tipe tertentu, namun kita bisa pasang aplikasi bernama Split Screen Shortcut. Silahkan simak cara nonton YouTube sambil membuka aplikasi lain di Samsung:

  1. Instal aplikasi Split Screen Shortcut di Google Play
  2. Setelah terpasang Buka aplikasinya
    memutar youtube di latar belakang android
  3. Ketuk pada menu Split Screen untuk mengaktifkan, ketuk Buka Pengaturan Android …
  4. Pada pengaturan Aksesibilitas pilih Split Screen, lalu ketuk Gunakan layanan dan ketuk lagi Oke untuk konfirmasi
    cara memutar youtube di latar belakang samsung
  5. Selanjutnya atur pemicu untuk mengatifkan Split Screen, bisa dengan Tekan lama pada tombol Kembali, Beranda atau Menu. Juga bisa mengatifkan Tombol Mengambang
  6. Sekarang buka aplikasi YouTube untuk memutar video, lalu aktifkan Split Screen dan buka aplikasi lain
    cara nonton youtube sambil membuka aplikasi lain di xiaomi
  7. Kini kita bisa nonton YouTube sambil membuka aplikasi lain

Cara nonton YouTube sambil membuka aplikasi lain di atas bukan hanya bisa untuk ponsel Samsung saja, ponsel Android Xiaomi, Vivo dan Oppo juga bisa.

Kita bisa memutar youtube di latar belakang Android sambil membuka aplikasi lain seperti browser atau aplikasi chatting. Sayangnya ada beberapa aplikasi yang tidak mendukung split screen.

Sebenarnya untuk video musik YouTube bisa kita unduh dalam dalam format MP3. Jadi kita bisa memutar musik kesukaan kita sambil membuka aplikasi lainnya. Untuk yang belum tahu cara melakukannya simak pada Cara Download MP3 dari Youtube.

Cara Memutar YouTube di Latar Belakang Android Tanpa Aplikasi

Memutar YouTube di latar belakang di Android ini tanpa harus memasang aplikasi tambahan. Kita hanya akan menggunakan browser chrome saja.

Dengan cara ini kita bisa memutar musik YouTube di latar belakang sambil membuka aplikasi bahkan saat layar mati pun bisa.

Caranya:

  1. Pertama, buka Browser Google Chrome dan kunjungi YouTube
  2. Di YouTube silahkan pilih video atau musik untuk diputar
  3. Selanjutnya ketuk Menu Browser (titik tiga do pojok kanan atas) lalu ketuk Situs desktop
  4. Tampilan situs YouTube akan berubah menjadi versi dekstop dan coba putar lagi videonya
  5. Tekan menu Home ponsel, jangan tombol kembali ya
  6. Usap pada layar bagian atas untuk menampilkan notifikasi Chrome, tekan tombol play untuk memutar YouTube di latar belakang.
  7. Selesai.
cara membuat youtube berjalan di latar belakang

Dengan langkah-langkah di atas kita bisa memutar YouTube di latar belakang android sambil membuka aplikasi lain. Cara ini cocok untuk memutar musik YouTube.

Sayangnya cara ini tidak berjalan pada semua ponsel Android, beberapa ponsel Android ada yang gagal mengikuti metode di atas. Namun jangan khawatir, ada cara pamungkas agar bisa nonton YouTube sambil membuka aplikasi lain.

Cara Memutar YouTube di Latar Belakang dengan Aplikasi Minimizer

Jika akan sering nonton YouTube sambil membuka aplikasi lain disarankan untuk coba memasang aplikasi Minimizer for YouTube Classic karena cara menggunakannya cukup mudah dan praktis.

Cara memutar YouTube di latar belakang Android:

  1. Pertama, Instal aplikasi Minimizer for YouTube Classic di Google Play.
  2. Buka aplikasinya, lalu pilih Yes, Allow untuk memberikan akses.
    cara memutar youtube di background
  3. Selanjutnya ketuk Izinkan ditampilkan di atas aplikasi lain
  4. Silahkan kembali untuk membuka aplikasinya, akan tampil beberapa petunjuk penggunaan
  5. Ketikan judul video atau musik pada kolom pencarian. Ketuk untuk untuk memilih dan memutarnya
    putar youtube di background android
  6. Lalu ketuk ikon Minize di bagian atas aplikasi. Akan ada petunjuk untuk Move, Resize, Control Play, ketuk GOT IT!
  7. Kini kita bisa putar YouTube di background

Dengan cara di atas selain bisa memutar video sambil membuka aplikasi lain juga bisa memutar video YouTube dengan layar mati di android. Untuk penggunaan yang maksimal, silahkan pelajari semua fitur pada aplikasinya.

Sejauh ini aplikasi Minimizer cukup efektif memutar youtube di latar belakang Android sambil membuka aplikasi lain, bahkan video masih tetap jalan meski dengan layar mati.

Selain ukuran aplikasi yang cukup kecil sekitar 7.8MB, juga pada aplikasi tidak ada iklan yang mengganggu. Respon dari para pengguna aplikasi juga cukup positif.

Kesimpulan

Dari ketiga Cara Memutar YouTube di Background di atas silahkan pilih salah satunya. Namun jika tidak ingin memasang aplikasi tambahan coba menggunakan cara pertama dengan menggunakan fitur split screen.

Rio Yaqin
Sedang belajar jadi pekerja teks komersial. Saat ini saya sedang aktif di Facebook, Instagram dan Twitter, bukan sebagai pekerja, cuma jadi pemakai seperti kebanyakan orang. Segitu dulu saja, karena perintahnya "Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik."

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here