Membuka Password Proteksi Microsoft Excel

0

Pada Microsoft Excel terdapat fitur Protect Sheet yang memilki fungsi untuk mengamankan file Excel supaya tidak sembarangan orang bisa melakukan perubahan pada datanya. Data dalam file Excel tersebut hanya bisa diubah oleh orang yang mengetahui password proteksinya.

Namun bagaimana jika lupa dengan password proteksi Excel yang kita buat sendiri? Atau ada file Microsoft Excel hasil download yang diproteksi oleh si pembuatnya? Tentu saja hal tersebut akan menyulitkan kita melakukan pengeditan isi dokumen Excel tersebut bukan?

Namun jangan khawatir, pada artikel ini kita akan mambahas mengenai cara mudah membuka file Excel yang diproteksi dengan kata sandi. Cara ini tidak memerlukan batuan aplikasi atau program pihak ketiga, kita hanya akan menggunakan Microsoft Excel untuk melakukan Unprotect Password pada lembar Excel tersebut.

Banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang membuka proteksi Exel, bisa karena lupa atau karena file Office Exel tersebut hasil download yang di proteksi oleh pembuatnya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun yang terpenting adalah kita bisa membuka excel yang tidak bisa diedit, tanpa batuan software apapun. Cara tersebut akan kita bahas pada artikel ini.

Untuk membuka password Excel yang kita perlukan adalah beberapa baris script atau kode yang memiliki fungsi untuk menghilangkan proteksi pada dokumen Microsoft Excel. Untuk melakukannya tidak sulit, hanya perlu melakukan beberapa langkah saja dan tidak akan memakan banyak waktu. Simak baik-baik ya!.

Membuka Password Excel

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membuka proteksi password Microsoft Excel tanpa software. Sebelumnya kita harus tahu mengenai ciri-ciri file Exel yang diproteksi. Seperti pada saat kita membuka file Excel yang diproteksi akan muncul popup notifikasi peringatan seperi berikut ini.

Membuka Password Excel Tanpa Software

Noitifikasi peringatan tersebut merupakan ciri yang paling mencolok jika file Excel sudah diproteksi dengan password oleh pembuatnya. File tersebut tidak akan bisa diedit sebelum membuka tau menghilangkan proteksinya. Intinya selama file tersebut masih diproteksi maka file Exel tersebut hanya bisa dibaca saja.

Selanjutnya jika kita membuka tab Review akan nampak pada bagian Changes terdapat keterangan yang bertuliskan Unprotect Sheet. Fitur tersebutlah yang digunakan untuk membuka proteksi password Excel. Seandainya kita tahu password/ kata sandinya tentu akan mudah sekali membukanya. Masalahnya kita tidak tahu password yang digunakan untuk memproteksi file Excel tersebut.

cara unprotect workbook excel

Namun tidak perlu khawatir, pada artikel ini Anda akan menemukan solusi terhadap masalah yang Anda hadapi, yaitu membuka protect Excel. Dan ternyata caranya sangatlah mudah dilakukan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka file Microsoft Excel yang di protect, selanjutnya tekan tombol ALT + F11 pada keyboard. Kombinasi tombol shortcut tersebut untuk mengatifkan layar kerja Microsoft Visual Basic. Kemudian dilanjutkan dengan mengklik tab Insert dan dan pilih menu Module.

cara menghilangkan password excel 2007

2. Selanjutnya salin dan tempelkan kode dibawah ini pada layar kerja Module yang sebelumnya telah diaktifkan.

Sub InternalPasswords()
Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer
Dim l As Integer, m As Integer, n As Integer
Dim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As Integer
Dim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As Integer
On Error Resume Next
For i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66
For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66
For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66
For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126
ActiveWorkbook.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)
ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)
If ActiveWorkbook.ProtectStructure = False Then
If ActiveWorkbook.ProtectWindows = False Then
If ActiveSheet.ProtectContents = False Then
Exit Sub
End If
End If
End If
Next: Next: Next: Next: Next: Next
Next: Next: Next: Next: Next: Next
End Sub

cara membuka password file excel 2007

3. Langkah selanjunya pilih Sheet yang sudah di-protect dengan password. Pada artikel ini menggunakan contoh membuka proteksi Sheet dengan nama Little Hula Hula.

4. Selanjutnya klik tombol Run Macro atau bisa menggunakan Shortcut F5 pada keyboard agar lebih cepat.

cara membuka excel yang tidak bisa diedit

5. Maka akan muncul popup Macros dengan perintah InternalPasswords, pada bagian ini Anda tidak perlu melakukan banyak hal lagi, langkah terakhir cukup klik tombol Run. Dan tunggu beberapa saat sampai kode yang kita tempelkan tadi berhasil menghilangkan proteksi file Office Excel. Lambat atau cepatnya proses ini tergantung dari ukuran file Excel yang di Unprotect.

cara membuka password excel 2007 yang lupa

6. Jika proses Run Macro sudah selesai, maka tutup (close) layar kerja Microsoft Visual Basic dan kembali ke ayar kerja Sheet yang semula diproteksi. Lihat pada tab Review, jika Unprotect Sheet sudah berganti menjadi Protect Sheet, maka proses membuka proteksi password Microsoft Excel berhasil dilakukan.

cara membuka password excel 2010

Sekarang Anda bisa melakukan pengeditan terhadap isi file Excel tersebut dengan leluasa. Anda bisa melakukannya pada file Excel terkunci lainnya dengan cara ini. Gunakan cara ini dengan bijak ya.

Bagaimana tidak sulit bukan?

Semoga artikel ini bisa memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi dan bisa bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau kamu memiliki cara lain yang lebih cepat dan efektif bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawha ini.

Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here