Bingung Cara Menghilangkan Background Hasil Copy di Microsoft Word? Ikuti Trik Berikut

0
Cara Menghilangkan Background di Microsoft Word

Internet membantu kita dalam melakukan banyak hal mulai dari pekerjaan rumah, tugas kantor ataupun untuk keperluan bisnis. Internet bagi dunia pendidikan juga sangat penting terutama untuk mencari referensi ataupun untuk menambah pengetahuan kita mengenai suatu hal. Ketika telah menemukan referensi yang diinginkan, tidak jarang kita ingin mengcopy isi dari artikel tersebut ke dalam Microsoft Word.

Sayangnya, ada beberapa hal yang cukup menyebalkan ketika mengcopy isi artikel ke dalam Microsoft Word, dimana salah satunya adalah teks atau background dari web yang ikut terbawa ke dalam lembar Ms word kita. Teks atau background yang ikut tercopy terkadang menyebabkan tulisan menjadi hancur berantakan.

Cara Menghapus Background di Microsoft Word

Lantas bagaimana cara untuk mengatasinya? Untuk background yang mengganggu dari internet, Anda bisa melakukan beberapa tips yang berikut ini untuk menghapusnya.

Cara Menghapus Background di Microsoft Word

  • Langkah pertama adalah dengan melakukan blok pada semua tulisan yang telah disalin sebelumnya. Untuk mempercepat, Anda bisa menggunakan CTRL+A.
  • Selanjutnya lihat option kecil yang terdapat di bagian bawah tulisan. Klik option tersebut dan pilih Keep Text Only.

Langkah diatas merupakan cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan warna background pada teks yang dicopy dari suatu web. Jika langkah di atas ternyata tidak bekerja, Anda tidak perlu khawatir karena ada opsi lain untuk menghapus background dari web yaitu fitur clear formatting. Fitur ini bisa menghapus background ataupun teks yang hancur berantakan setelah dicopy dari web.

Menggunakan Fitur Clear Formatting

Langkah ini bisa dilakukan untuk melakukan Clear Formatting:

Cara Menghapus Background di Microsoft Word Menggunakan Clear Formatting

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih atau memblok semua tulisan yang telah disalin ke dalam Microsoft Word. Anda bisa menggunakan CTRL+A
  • Selanjutnya lihat bagian menu di atas, pastikan jika Anda berada di tab Home
  • Jika sudah, Anda bisa mencari ikon Clear Formating

Sama seperti cara pertama di atas, langkah menghapus background dengan clear formatting tentu juga sama mudahnya bukan? Lantas bagaimana cara mengakali isi website yang ternyata tidak bisa dicopy?

Jika Anda menemukan isi web yang tidak bisa dicopy, Anda bisa mengakalinya dengan cara menggunakan pengaturan tersembunyi yang ada di mozilla firefox.

  1. Langkah pertama adalah dengan cara membuka mozilla firevox
  2. Selanjutnya ketik di bagian addres bar: about:config
  3. Jika langkah di atas telah dilakukan, klik bacaan i accept the risk
  4. Selanjutnya Anda bisa mencari event.clipboardddevents.enabled
  5. Anda bisa melakukan klik 2 kali untuk mengganti dari true menjadi false

Selain menggunakan cara diatas, Anda juga bisa mengunakan Extensin/Add-on browser dengan cara sebagai berikut:

Bagi pengguna chrome bisa dilakukan dengan cara menginstal terlebih dahulu RightToCopy lalu masuk ke website yang hendak dicopy kontennya. Selanjutnya  lakukan pengkopian seperti biasanya.

Sementara bagi pengguna mozilla firefox bisa melakukan langkah-langkah yang sama mudahnya yakni dengan memasang terlebih dahulu Add-on: Nonscript Security Suite. Selanjutnya masuk ke dalam website yang tulisannya akan disalin. Jika sudah, Anda bisa melakukan copian seperti biasa.

Bagi Anda yang seringkali mengalami gangguan saat hendak mengambil referensi dari internet mulai dari ikutnya background website ataupun tulisan sukar dicopy, Anda bisa melakukan langkah-langkah seperti yang telah diulas di atas.

Internet sendiri memiliki banyak sekali referensi mengenai suatu hal sesuai yang kita butuhkan. Sayangnya tidak semua isi konten dalam internet mudah untuk dicopy sehingga memerlukan langkah di atas untuk pengcopian isi atau kontennya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here