Konsekuensi Telat / Tidak Membayar Tagihan IndiHome

konsekuensi tidak membayar indihome

“Apasih konsekuensi jika tidak membayar tagihan IndiHome?” Pertanyaan itu mungkin akan muncul di benak kita saat telat bayar tagihan bulanan IndiHome hentah itu sengaja atau tidak sengaja.

Dari banyaknya keluhan para pengguna IndiHome yang bisa kita jumpai di internet, nampaknya masih banyak yang belum tahu tentang syarat dan ketentuan dalam penggunaan layanan IndiHome, termasuk sanksi saat tidak/telat membayar tagihan.

Layanan IndiHome bersifat pascabayar yang artinya pelanggan bisa menggunakan layanan IndiHome terlebih dahulu dalam jangka waktu tertentu dan kemudian harus bayar tagihan setiap bulan sebelum jatuh tempo.

Misalkan tagihan bulan Januari harus kita bayar bulan Februari dan seterusnya. Hentah itu kita gunakan ataupun tidak, kita tetap harus bayar biaya tagihan bulanan sesuai dengan paket yang kita pilih saat melakukan pemasangan awal.

Telat Bayar Tagihan IndiHome

telat bayar indihome
Saat telat bayar IndiHome, layananya akan terisolir

Tagihan bulanan IndiHome akan muncul pada tanggal 10 dan harus dibayar sebelum tanggal 20 setiap bulannya. Lalu bagaimana jika kita telat bayar IndiHome sehari, seminggu, atau sebulan?

Apabila kita tidak melakukan pembayaran tagihan melewati tanggal 20 sampai akhir bulan, maka saat melakukan pembayaran mulai dari tanggal 21 sampai akhir bulan akan dikenakan denda sebesar 5% dari total biaya tagihan IndiHome.

Dan apabila kita tidak melakukan pembayaran tagihan melewati akhir bulan (bulan selanjutnya), maka tagihan bulan sebelumnya akan dikenakan denda sebesar 10% dari total tagihan bulanan IndiHome.

Contoh 1 : Telat Bayar IndiHome Sehari atau Seminggu

Misalnya kita telat membayar tagihan beberapa hari atau kurang dari seminggu untuk tagihan bulan Januari, maka jika melakukan pembayaran lewat dari tanggal 21 Februari sampai akhir bulan akan kena denda sebesar 5%.

Misalkan tagihan kita Rp350.000, maka denda yang harus kita bayar adalah Rp1750. Jadi total tagihannya Rp367.500.

Contoh 2 : Telat Bayar IndiHome Sebulan

Misalkan kita telat membayar tagihan bulan Januari yang seharusnya kita bayar maksimal tanggal 20 Februari, namun ternyata telat bayar hingga memasuki bulan Maret. Maka kita akan punya dua tagihan yang harus di bayar sebelum tanggal 20 Maret.

Selain itu jika kita telat bayar IndiHome lebih dari sebulan akan kena denda sebesar 10%. Jika tagihan kita Rp350.000 maka denda yang harus kita bayar adalah Rp35.000. Jadi kita harus bayar Rp350.000 (tagihan Januari) + Rp35.000 (denda) + 350.000 (tagihan Maret), total Rp735.000.

Untuk menghindari telat bayar tagihan, sebaiknya kita rajin untuk Mengcek Tagihan IndiHome, karena kita bisa melakukan dengan mudah lewat aplikasi.

Konsekuensi Tidak / Telat Membayar IndiHome

Selain akan kena denda, koneksi internet kita juga akan kena isolir. Kita tidak bisa menggunakan layanan internet IndiHome baik lewat WiFi atau LAN hingga kita membayar lunas tagihannya.

Namun yang harus jadi perhatian adalah meski jaringan internet terisolir, namun bukan berarti tagihan akan berhenti, kita akan tetap mendapat tagihan / abodemen di bulan selanjutnya meski tidak menggunakan jaringan internet karena isolir.

Setidaknya kita punya waktu tempo selama 3 bulan, jika dalam waktu 3 bulan kita tidak melakukan pembayaran tagihan, maka ada pemutusan layanan IndiHome dan kita akan masuk dalam daftar hitam sehingga di kemudian hari kita akan kesulitan saat mengajukan permohonan pemasangan IndiHome.

Kita juga akan tetap punya kewajiban untuk membayar tagihan 3 bulan. Jika tetap tidak membayar kewajiban tersebut maka akan ada surat SP1, SP2, sampai SP3, dan kemudian akan ada lanjutan surat dari pengadilan. Bahkan nanti akan ada orang lapangan IndiHome yang akan datang untuk menagih.

Informasi lebih lanjut terkait sanksi telat bayar IndiHome silahkan buka laman Syarat dan Ketentuan IndiHome.

Untuk itu, jika kita berniat berhenti menggunakan layanan IndiHome, sebaiknya mengajukannya langsung ke kantor plasa Telkom terdekat.

Berhenti Berlangganan IndiHome

denda telat bayar indihome

Jika asalan ingin berhenti menggunakan layanan IndiHome karena lelet, coba cek dulu kecepatan internet dan siapa saja yang menggunakan WiFi Anda. Untuk jelasnya silahkan tulisan Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan WiFi IndiHome Kita.

Untuk prosedur berhenti menggunakan layanan IndiHome, mau tidak mau kita harus datang langsung ke kantor plasa Telkom terdekat. Berikut beberapa hal yang harus kita bawa:

  • Perangkat yang IndiHome sewakan (decoder, remote, router dll)
  • Materai 10.000
  • Fotocopy KTP atas nama pelanggan yang mendaftar

Customer service akan meminta kita untuk melakukan melunasi tagihan bulanan dan tagihan prorata terhitung dari tanggal 1 sampai kita datang ke kantor plasa Telkom. Mau kita pakai atau tidak, tagihan prorata tetap harus kita bayar.

Selanjutnya kita haru mengisi formulir pengajuan berhenti berlangganan IndiHome, seperti mengisi nomor telepon, nomor internet, hingga alasan berhenti menggunakan layanan IndiHome. Setelah itu tinggal tunggu proses berhenti berlangganan selesai.

Jika kurang jelas terkait prosedur cara berhenti berlangganan IndiHome sebelumnya kita bisa menghubungi Call Center IndiHome untuk Layanan dan Pengaduan.

Kesimpulan

Sebenarnya mengenai telat membayar tagihan IndiHome sebenarnya bisa kita hindari, karena kini ada banyak metode pembayaran IndiHome yang bisa kita pilih, mulai lewat ATM, aplikasi marketplace, aplikasi uang digital hingga lewat minimarket.

Jangan sampai menunggak tagihan terlalu lama karena akan merugikan kita sebagai pelanggan. Namun jika ingin berhenti berlangganan layanan IndiHome sebaiknya datang langsung ke kantor plasa Telkom terdekat.

Konsekuensi ketika tidak membayar IndiHome hingga tiga bulan akan membuat kita harus membayar tagihan dan denda yang cukup besar meski sudah tidak menggunakan layanan IndiHome sejak 2 bulan terakhir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here