Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan Wifi Indihome Anda

0
Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan Wifi Indihome
Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan Wifi Indihome

Indihome adalah salah satu penyedia jaringan internet fiber optik yang kini banyak digunakan. Juga pada modem bawaannya sudah tersedia WI-FI yang bisa digunakan untuk berbagai perangkat, seperti smartphone dan laptop. Namun pernahkah kepikiran, siapa saja yang menggunakan Wifi Indihome anda ?

Provider Indihome awalnya bernama Speedy. Ketika memasang internet Indihome ada yang diberi fasilitas modem ZTE, Huawei, Alcatel, Tp-link dan lainnya. Namun untuk pengaturan dan kontrolnya tidak jauh berbeda untuk moden tersebut.

Perlu diketahui, bahwa orang lain bisa masuk ke jaringan wifi Indihome meski tidak mengetahui password wi-fi, yaitu dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Tentu saja hal ini sangat mengganggu, karena bisa berakibat jaringan internet kita menjadi lamban.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara mengetahui device siapa saja yang terhubung dengan jaringan wi-fi Indihome kita. Cara ini juga bisa membantu anda mengidenfikasi penyebab lambannya jaringan Indihome.

Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome

Dengan cara ini anda bisa melihat pengguna wifi yang aktif menggunakan jaringan wifi Indihome.

Modem ZTE

  • Pertama masuk ke menu router modem dengan mengakses halaman IP 192.168.100.1 / 192.168.1.1 .

cara mengetahui pengguna wifi indihome zte

  • Kemudian akan masuk ke halaman login. Anda harus memasukan username dan password untuk masuk ke menu router modem. Jika sebelumnya belum pernah diganti bisa menggunakan nama pengguna dan kata sandi bawaan(default admin password ).
    Username : admin /user
    password : admin /user

cara mengetahui pengguna wifi indihome zte f609

  • Kemudian masuk ke menu Network > WLAN, kemudian pilih menu > Associated Devices.

Cara Blokir Pencuri Wifi di Modem ZTE Indihome

Cara blokir pengguna yang mencuri wifi kita, bisa dilakukan dengan mudah melalui modem, yaitu dengan langsung memblokir MAC Address pengguna. Berikut adalah caranya.

  • Masuk ke Network > WLAN > Access Control List
  • Pada bagian Choose SSID, pilih SSID yang sedang aktif digunakan, biasanya SSID1.
  • Kemudian ada bagian Mode, pilih Block.
  • Selanjutnya masukkan Mac Address pengguna yang mencuri wifi tadi yang sudah Kamu catat pada bagian MAC Address, tinggal klik Add.
Baca Juga :  Cara Membuat Pancake sederhana tanpa Mixer

Modem HUAWEI

cara mengetahui pengguna wifi indihome huawei
(zaidankomputer.com)
  • Setelah login melalui IP 192.168.100.1, selanjutnya masuk ke menu utama, masuk ke menu Status, kemudian pada urutan kedua terakhir pilih > User Device Information.

Pada halaman tersebut anda bisa melihat daftar device yang terhubungan dengan jaringan wifi Indihome anda.

Untuk pengguna modem Huawei, selain bisa melihat daftar device yang terhubung ke wifi, juga bisa melihat pengguna yang menggunakan kabel LAN. Juga ada keterangan MAC Address dan Status device, juga bisa langsung menghapus atau mem-blokir device pencuri agar tidak bisa menggunakan wifi anda.

Cara lain untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti Password wifi secara berkala, mengganti Authentication Type pada Password menjadi WPA/WP2-PSK, dan membuat Password dari gabungan kata, angka dan kode unik, agar orang lain tidak bisa masuk dengan mudah ke jaringan wifi milik kita.

Mengetahui siapa saja yang menggunakan wifi Indihome bisa dilakukan menggunakan smartphone android/iOS, namun akan lebih mudah jika dilakukan pada Laptop atau PC.

Belajar untuk berbagi
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here