Cara Cek Kecepatan IndiHome

0
cek kecepatan indihome

Merasa ada yang tidak beres dengan kecepatan internet IndiHome? Tidak stabil atau terlalu lelet? Untuk memastikannya kita harus cek kecepatan IndiHome. Bagaimana cara melakukannya?

Seperti yang kita tahu, IndiHome (awalnya Speedy) merupakan layanan Internet yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini karena IndiHome memiliki jangkauan paling luas dibandingkan provider internet lainnya.

Meski menjadi layanan internet yang paling banyak digunakan, tidak menjadikan IndiHome sebagai layanan internet terbaik. Hal ini terkait masalah yang sering muncul, yaitu kecepatan internet yang tidak stabil dan sering lelet (gangguan).

Akhirnya banyak yang mendapatkan speed IndiHome tidak sesuai dengan paket yang digunakan. Misalkan kita menggunakan paket 20Mbps, namun mendapatkan kecepatan internet di bawah 20Mbps.

Untuk memasikan kecepatan IndiHome sesuai dengan paket yang digunakan, maka kita harus cek speed IndiHome. Tekan tombol ‘GO’ di bawha ini.

Bagaimana? Sudah tahu kecepatan internet IndiHome yang digunakan saat ini? Sebenarnya untuk cek kecepatan IndiHome ini bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Cek Kecepatan Internet IndiHome di Laptop / PC

Cara melihat kecepatan WiFi di laptop / PC bisa dengan lakukan dengan beberapa cara, bisa menggunakan layanan situs Speedtest, lewat CMD ataupun menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.

1. Cek Kecepatan IndiHome lewat Speedtest

Cara mengetahui kecepatan internet IndiHome yang paling mudah dilakukan adalah menggunakan layanan dari situs tes kecepatan internet Speedtest. Situs ini terbilang akurat untuk mengecek kecepatan internet.

Cek kecepatan IndiHome online:

  1. Kunjungi situs Speedtest pada URL: www.speedtest.net.
    cara cek kecepatan indihome
  2. Tunggu beberapa saat sampai laman termuat sempurna. Lalu klik tombol ‘GO‘.
    speed test speedy
  3. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Situs Speedtest akan melakukan pengujian dalam tiga hal, yaitu kualitas Ping, kecepatan Download dan Upload.
    cek speed indihome
  4. Jika sudah selesai, nantinya akan muncul hasil pengujian dalam hal tiga hal tadi, yaitu kualitas Ping, kecepatan Download dan Upload.
  5. Hasil cek kecepatan Mbps IndiHome tersebut bisa kita bagikan ke media sosial.

Selain itu, kita juga bisa melakukan pengujian kecepatan jaringan IndiHome lebih jauh dengan memilih menu Settings. Kita bisa mengatur beberapa setelan, termasuk memilih server.

Perlu diketahui, jika pada hasil pengecekan kecepatan IndiHome nilai Ping-nya besar, maka kualitas internetnya buruk. Sebaliknya, jika nilai kecepatan Download dan Upload semakin besar, maka kualitas internetnya semakin baik.

2. Cek Kecepatan IndiHome Lewat Google

Kita juga bisa melakukan cek kecepatan internet dengan layanan Google. Fitur uji kecepatan internet ini hasil kerjasama Google degan M-Lab. Layanan ini bisa digunakan untuk berbagai provider internet termasuk IndiHome.

Berikur cara mengecek kecepatan internet IndiHome lewat Google:

  1. Kunjungi situs Google.co.id. Ketikan ‘Internet Speed Test‘ atau ‘Uji Kecepatan Internet‘ lalu Enter.
    cek kecepatan wifi indihome
  2. Akan tampil menu Uji Kecepatan Internet. Klik tombol Jalankan Uji Kecepatan berwarna biru.
  3. Nantinya akan muncul jendela pop up pengujian kecepatan internet berdasarkan kecepatan Download dan Unggah.
    cek kecepatan internet indihome
  4. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Nantinya tampil hasil uji kecepatan internet IndiHome kita.

Juga akan tampil keterangan dari status kecepatan internet kita. Seperti ” Sambungan Internet Anda seharusnya dapat menangani beberapa perangkat yang streaming video HD secara bersamaan.”

Perlu diketahui bahwa hasil dari cek kecepatan menggunakan Speedtest.net dan Google bisa berbeda. Hal ini karena server pengujian yang digunakan antara Speedtest dan Google berbeda juga.

Pada Speedtest biasanya menggunakan server terdekat untuk pengujiannya, sedangkan Google menggunakan server Singapore. Meski begitu biasanya hasilnya tidak jauh berbeda.

3. Cek Kecepatan IndiHome dengan CMD

cara menaikan kecepatan indihome tanpa merubah paket

Untuk mengetahui kecepatan internet IndiHome bisa kita lakukan lewat program CMD yang sudah ada pada Laptop / PC. Cara melakukannya cukup mudah.

Cara mengetahui kecepatan WiFi IndiHome:

  1. Jalankan program CMD, caranya bisa dengan menggunakan fitur pencarian, ketik “CMD” atau langsung tekan tombol Windows + R dan ketika “CMD”.
  2. Setelah program CMD terbuka, ketikan format ping 8.8.8.8 -t -l 1000 . Lalu tekan tombol Enter.
  3. Tunggu beberapa saat, nanti akan tampil hasil pengujian dari jaringan internet IndiHome yang kita gunakan.
  4. Selesai. Kita berhasil mengetahui kecepatan internet IndiHome.

Menguji kecepatan internet IndiHome dengan CMD tidak akan menambilkan kecepatan Download dan Upload.

Berikut informasi yang di tampilkan pada pengujian kecepatan internet lewat CMD.

  • Simbol time/angka semakin kecil maka kecepatan internet IndiHome semakin cepat.
  • Simbol time/angka semakin besar maka kecepatan internet IndiHome semakin lambat.
  • Simbol Request time our menandakan bahwa koneksi internet IndiHome tidak stabil atau terputus-putus.

Cek Kecepatan IndiHome di Android / iPhone

Cek Kecepatan IndiHome di Android

Cara mengetahui kecepatan internet IndiHome di smartphone Android atau iPhone bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi dari pihak ketiga seperti Speedtest.

Cara mengetahui kecepatan internet IndiHome di Android / iPhone:

  1. Pasang aplikasi Speedtest di Google Play untuk Android dan App Store untuk iOS/iPhone.
  2. Setelah terpasang, buka aplikasi dan tekan tombol MULAI.
  3. Tunggu beberapa saat, nantinya aplikasi akan menguji kecepatan Internet IndiHome kita dalam tiga hal, yaitu kualitas Ping, kecepatan Unduh dan Unggah.
  4. Setelah selesai, hasilnya akan tampil. Kita bisa melihat besaran Ping, kecepatan Unduh dan Unggah dalam Mbps.
  5. Dengan pengujian lewat aplikasi ini kita bisa mengetahui kecepatan internet IndiHome.

Cara melihat kecepatan internet IndiHome di smartphone Android ataupun iOS paling mudah dilakukan lewat aplikasi Speedtest ini.

Ada beberapa fitur yang menarik seperti VPN untuk mengakses situs yang diblokir, fitur Hasil untuk mengetahui hasil pengujian terdahulu dan fitur Alat untuk melihat cakupan peta jaringan dan Speedtest Live.

Kita juga bisa menggunakan beberapa aplikasi sejenis untuk melakukan pengecekan kecepatan internet. Namun menurut Saung Network, Speedtest yang paling akurat.

Lalu bagaimana jika speed IndiHome tidak sesuai?

Sebenarnya hasil speed IndiHome tidak sesuai dengan paket yang kita ambil bisa karena beberapa hal, pertama bisa karena jaringan internet kita digunakan oleh beberapa perangkat, penggunaan bandwidth melebihi FUP IndiHome atau karena memasang sedang gangguan.

Jadi pada saat akan melakukan pengujian kecepatan internet menggunakan cara di atas, pastikan internet IndiHome kita tidak sedang digunakan banyak orang.

Pastikan kita tidak menggunakan bandwidth melebihi batas FUP. Untuk cara mengeceknya simak pada tulisan Cara Cek FUP IndiHome.

Jika hasil speed IndiHome tidak sesuai karena gangguan, kita bisa melakukan konsultasi ke Call Center IndiHome untuk Layanan dan Pengaduan.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here