Kumpulan Ide Konten Video Untuk di Unggah ke IGTV

Masih binggung membuat video untuk IGTV ? berikut beberapa referensi ide yang bisa kamu coba !

0
Ide Konten Video IGTV
Ide Konten Video IGTV © jurnalapps.co.id

Instagram pada kamis (21/6), secara resmi meluncurkan IGTV, sebuah platform untuk menonton dan mengunggah video vertikal dengan durasi 15 detik sampai dengan 1 jam,  melebihi durasi video pada Instagram stories maupun Instagram post.

Meski tersedia aplikasi terpisah, IGTV juga tersedia pada aplikasi terbaru instagram dalam bentuk tab. Akun yang digunakan untuk IGTV pun, merupakan akun yang sama dengan Instagram. Jadi, saat kita login ke IGTV otomatis akan muncul video dari akun-akun yang kita ikuti di Instagram.

Aplikasi IGTV sudah dapat diinstal secara gratis untuk pengguna Android dan iOS untuk mengunggah dan menonton video dengan posisi vertikal layar penuh.

Unduh IGTV  Android

Unduh IGTV iOS

Kevin Systrom CEO Instagram
Kevin Systrom CEO Instagram

Menurut Kevin Systrom CEO Instagram, aplikasi IGTV didesain khusus untuk memudahkan pengguna untuk menemukan dan menonton video melalui smartphone. Karena menurutnya, kebanyakan pengguna aplikasi video saat ini pengguna harus mencari video yang ingin diputar, kebalikan dari televisi, di mana penggunakan hanya perlu menyalakan dan bisa menonton tayangan.

Nah, untuk kamu yang memiliki keinginan membuat konten menarik IGTV, namun masih bingung konten seperti apa yang akan diunggah dalam aplikasi ini, berikut beberapa ide konten yang bisa jadi bahan referensi saat akan memulai membuat konten menarik di IGTV.

Gaming

Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini kebanyakan orang suka bermain game mobile, kamu bisa memainkan game yang sedang populer dan mulai merekamnya dengan screen recorder.

Dengan memainkan game yang sedang populer, maka kemungkinan besar video yang kita unggah akan mudah mendapatkan banyak penonton. Karena biasanya semakin populer game, maka penggunanya pun banyak, dan daya minat menonton video game akan semakin tinggi.

Baca Juga :  Perbedaan jenis Game Full Version, Beta, Rip, Repack dll

Namun kemampuan bermain game sangat berperan besar menentukan manarik atau tidaknya video yang kamu buat. Kamu juga harus sedikit mengerti tentang pengeditan video agar hasilnya lebih menarik.

Unboxing/Review Produk

Video unboxing atau review produk merupakan tren konten yang tidak ada matinya, seperti yang bisa kita jumpai di Youtube banyak video unboxing atau review produk yang memiliki banyak penonton.

Ada banyak produk atau barang yang bisa jadi bahan untuk membuat video unboxing atau review produk menarik untuk IGTV. Kamu tinggal cari produk yang sekiranya menarik untuk dibahas, dan menarik di mata banyak orang.

Tentu saja kreativitas dalam membuat konten video review produk menentukan kualitas video yang dihasilkan, kamu bisa meniru beberapa contoh video unboxing yang populer.

Travel

Jika kamu memiliki hobi jalan-jalan atau mengunjungi tempat wisata, tidak ada salahnya membuat konten video untuk IGTV berupa cerita menarik selamat berada ditempat wisata. Kamu bisa membahas segala hal yang menarik untuk diceritakan.

Kamu juga bisa memberikan tips berupa rute, rekomendasi tempat bermalam dan tempat makan, estimasi budget yang diperlukan dan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Cover lagu

Jika kamu mahir memainkan alat musik atau memiliki suara yang merdu, tidak ada salahnya kamu membuat cover lagu yang sedang nghits dengan gaya kamu sendiri. Atau kamu bisa memulainya dengan mencoba cover lagu yang kamu kuasai.

Banyak orang berhasil membuat video cover lagu dengan jumlah penonton yang banyak. Kamu harus memiliki ciri khas sendiri dan memberikan penampilan terbaik untuk hasil yang maksimal.

Review Makanan/Tempat Makan

Jika kamu memiliki ketertarikan dengan dunia kuliner, kamu bisa mencoba membuat video tentang review makanan atau tempat makan. Kamu bisa memulainya dengan membuat ulasan kuliner tradisional atau tempat makan dekat lingkungan kamu tinggal.

Baca Juga :  Cara Hapus File Duplikat di Android

Konten video jenis ini digemari banyak orang, karena tidak bisa dipungkiri setiap orang pasti haus mata jika melihat foto atau video makanan. Juga orang-orang butuhkan referensi tempat makan baru untuk dikunjungi.

Challenge

Konten video menarik lainnya yang bisa kamu buat untuk IGTV  adalah video challenge, ada banyak ide konten yang bisa dibuat untuk video challenge, seperti challenge makan sesuatu, challenge membuat sesuatu, challenge makeup dan lain-lain yang bisa kamu lakukan bersama teman atau keluarga.

Mungkin kamu harus mencari ide challenge yang unik, kamu bisa mencari referensi di Youtube, ada banyak challenge yang bisa kamu tiru. Ingat buat berbeda dari yang lain agar mendapatkan banyak penonton.

Video Tutorial

Nah, video tutorial merupakan jenis video yang tidak akan sepi dari penonton, khususnya untuk tutorial mengenai sesuatu hal yang banyak orang lakukan, misalnya tutorial bermain game, memasak, makeup, desain, atau mungkin kamu bisa membuat “tutorial menjadi CPNS dengan cepat” dll. Kadang tutorial yang absurd banyak ditonton orang karena mengandung unsur lucu dan unik.

Tutorial Game

Namun saat ini yang sedang populer adalah tentang game mobile, kamu bisa membuat tutorial cara bermain game mobile yang kamu kuasai, mungkin bisa tutorial mempercepat naik level, atau menggunakan hero tertentu.

Seperti game mobile legend, AOV, PUBG Mobile, dan game mobile lainnya yang dimainkan banyak orang. Namun kamu harus benar-benar menguasai materi atau teknik bermain gamenya, agar video yang kamu buat banyak yang nonton.

Tutorial Makeup

Khusus untuk kamu pada perempuan, jika memiliki hobi dalam dunia makeup, tidak ada salahnya membuat tutorial makeup versi kamu. Banyak yang berhasil mendulang banyak penonton dari video tutorial makeup.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus di Ketahui Sebelum Melamar ke Pertamina

Dengan membuat video tutorial makeup tentu saja target penontonya adalah para perempuan, dimana tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua perempuan suka makeup. Tentu saja ini akan memudahkan video yang kamu buat banyak ditonton, dan akan mudah mendapatkan keuntungan dari endorse produk kencantikan.

Tutorial Masak

Video tutorial menarik lainnya yang akan mudah mendapatkan banyak penonton adalah video tutorial masak. Ada banyak ide yang bisa kamu tumpahkan kedalam bentuk video, seperti tutorial masak untuk para vegetarian, tutorial masak makanan sehat, tutorial masak kanan eropa, chinese dll.

Tingkat kemungkinan video yang kamu buat banyak ditonton orang cukup tinggi jika membuat video tutorial masak, karena setiap orang pasti makan dan perlu referensi resep baru untuk dicoba.

Penutup

Sebetulnya ada banyak jenis video yang bisa kamu buat, namun ide koten video IGTV di atas merupakan jenis video yang banyak dicari orang, tentu ini akan memudahkan kamu mendapatkan view yang banyak dan follower yang banyak.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu membuat video IGTV yang menarik. Jika kamu punya ide lain atau ada hal yang ingin didiskusikan bisa kamu sampaikan melalui komentar dibawah ini. Terima kasih

Belajar untuk berbagi
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here