Google Cendekia (Google Scholar Indonesia)

Bukan Google Cendikiawan atau Google Cendekiawan. Tapi Google Cendekia yaitu Google Scholar Indonesia yang berisikan pelbagai karya tulis dari para akademis.

0
Google Cendekia (Google scholar Indonesia)

Untuk mahasiswa yang berada di tingkat atau semester akhir, saat ini pasti tengah disibukkan dengan masalah skripsi bukan? Untuk membuat skripsi sendiri dibutuhkan beragam referensi yang bisa dicari dari beberapa sumber termasuk juga di website tertentu di internet.

Salah satunya adalah di Google Cendekia(Google Scholar Indonesia). Jika tertarik dengan website yang satu ini, kita bisa membuat akun terlebih dulu untuk mendapatkan referensi berbagai karya tulis yang diinginkan, termasuk jurnal Internasional.

Layanan Google Cendekia(Google Scholar Indonesia) adalah media untuk mencari jurnal dari berbagai bidang keilmuan seperti jurnal kesehatan, akuntansi, kebidanan, pendidikan, farmasi, ekonomi, dsb.

Apa Sih Itu Google Cendekia?

Google Cendekia atau dalam bahasa Inggris Google Scholer adalah layanan buatan Google yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan pencarian berbagai materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi(jurnal cendekia).

Google Scholer sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2004. Isi konten yang ada di Google Cendekia terdiri dari berbagai jurnal online dari publikasi ilmiah. Google Cendekia menjadi media untuk mencari literatur akademis secara luas.

Kita bisa mencari jurnal cendekia dari berbagai bidang ilmu dan referensi. Ada makalah peer-reviewed, thesis, buku, abstrak, dan artikel, dari penerbit akademis, komunitas profesional, pusat data pracetak, universitas, dan organisasi akademis lainnya.

Dengan Google Cendekia(Google Scholar Indonesia) bisa membantu seseorang mengidentifikasi penelitian yang paling relevan dari banyak peneliti akademis. Google Cendekia membantu menyusun artikel seperti yang dilakukan peneliti, dengan memperhatikan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, publikasi yang menampilkan artikel, dan frekuensi penggunaan kutipan artikel dalam literatur akademis lainnya.

Perlu diketahui, ketika kita melakukan pencarian karya tulis, hasil yang paling relevan akan selalu muncul pada halaman pertama.

Selain ada pelbagai jurnal Internasional, kita juga bisa menemukan jurnal cendekia Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan referensi. Google Scholar journal sangat membantu kita menemukan berbagai referensi karya tulis secara luas.

Ada banyak hasil karya tulis dari peneliti dan penulis yang unggah di Google Scholar Indonesia ini, dengan begitu kita bisa dengan mudah menemukan banyak tulisan yang relevan dengan skripsi yang dibuat.

Fitur Google Cendekia

Pada Google Scholar Indonesia ada beberapa fitur unggulan yang akan memudahkan kita menemukan berbagai karya tulisan dengan mudah. Berikut beberapa fiturnya:

  • Cari berbagai sumber dari satu tempat yang praktis.
  • Temukan makalah, abstrak, dan kutipan.
  • Telusuri makalah lengkap melalui perpustakaan atau Web.
  • Pelajari makalah penting dalam bidang penelitian apapun.

Cara Menggunakan Google Scholar Indonesia

google scholar journal pdf indonesia

Untuk dapat menggunakan Google Scholar Indonesia, Kamu bisa mengetikkan scholar.google.co.id pada address bar yang ada di browser. Selanjutnya ketikkan istilah yang ingin kita cari. Selanjutnya kita akan menemukan beberapa hasil dari istilah yang diketikan dalam pencarian di Google Scholar tersebut.

Sistem pencarian bisa dilakukan dengan mudah seperti saat kita mencari sesuatu di Google pada umumnya. Website Google Scholar ID ini bisa dikatakan mirip dengan buku dengan banyak sekali kata yang tersimpan di dalam web. Selain dengan judul, kita juga bisa melakukan pencarian berdasarkan dengan tanggal diterbitkannya artikel tersebut.

Keberadaan Google Scholar sangatlah membantu kita yang membutuhkan referensi untuk tugas kuliah seperti untuk pembuatan skripsi. Cara penggunaannya juga tergolong mudah dan simple.

Cara Membuat Akun Google Scholar

Bagi yang tertarik mencari referensi di Google Scholar Indonesia, kita bisa membuat akun terlebih dahulu. Beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain sebagai berikut:

1. Untuk membuat akun di Google Scholar, kita harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu. Jika belum punya, lakukan pendaftaran di Gmail dulu secara gratis.

2. Selanjutnya Login menggunakan akun yang telah dibuat .

3. Buka alamat Google Scholar di scholar.google.co.id atau dengan cara mengetikkan di mesin pencarian menggunakan kata kunci “google cendekia”.

4. Selanjutnya klik pada tulisan “My Profile” atau tulisan “Profile saya” yang bisa ditemukan di bagian sebelah kiri atas.

google scholar english

5. Isi secara lengkap 3 langkah atau 3 step yang ditemukan pada bagian menu.

download google scholar

6. Lakukan pengeditan data untuk foto affiliation dan lain sebagainya. Jika sudah benar, Kita bisa mengklik Make Public supaya orang lain juga dapat melihatnya

google scholar login

Membuat akun Google Scholar cukup mudah bukan? Keberadaan Google Scholar juga berguna untuk seorang penulis guna melihat bagaimana karya yang dibuat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan.

Tips Menggunakan Google Cendekia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada layanan Google Cendekia memungkinkan kita mencari jurnal, menyimpan sumber ke ‘perpustakan pribadi’ kita dan mendapatkan kutipan dengan cepat.

Untuk akan menggunakan Google Scholar Journal, simak beberapa tips menggunakan beberapa fitur yang ada pada Google Cendekia berikut.

1. Mencari Artikel atau Jurnal

Google Cendekia sebenarnya memiliki cara kerja yang mirip dengan mesin pencari Google. Untuk menemukan artikel atau jurnal yang kita inginkan, kita harus menggunakan kata kunci yang spesifik.

Pada beranda Google Scholar ID kita bisa melakukan pencarian artikel pada kolom pencarian. Hasil pencarian yang muncul merupakan kombinasi dari hasil yang paling relevan dengan kata kunci dan karya tulis yang paling banyak kutip oleh pelajar atau akademis lain.

Untuk hasil pencarian yang memuaskan, kita bisa menggunakan fitur “Advanced search” yang berada pada menu sidebar halaman. Dengan fitur ini memungkinkan kita mendapatkan hasul pencarian yang lebih spesifik.

2. Buat Perpustakaan Pribadi

Saat melakukan pencarian, kita juga bisa menyimpan karya tulis yang kita temukan pada perpustakaan pribadi. Untuk melakukannya, klik ikon bintang yang letaknya tepat di bawah hasil pencarian.

Karya tulis yang telah kita simpan dalam perpustakaan pribadi bisa kita akses pada menu My library yang ada di sidebar. Kita juga bisa melihat daftar informasi yang komprehensif tentang artikel yang kita simpan, termasuk abstraknya.

Selain itu, kita juga bisa mengelompokan karya tulis yang kita simpan dengan membuat label, dengan begitu kita bisa memisahkan karya tulis sejenis atau yang berasal dari sumber yang sama.

3. Atur Alert

Untuk mahasiswa yang sedang meneliti isu yang sedang berkembang, bisa menggunakan fitur Alert, sangat berguna untuk memudahkan kita mengikuti artikel akademik apa saja yang baru diterbitkan. Pada Google Scholar Indonesia, fitur ini sudah ada dan bisa dgunakan untuk mengatur notifikasi atau alert jika ada karya tulis baru yang berhubungan dengan kata kunci yang spesifik.

Untuk menggunakan fitur ini cukup mudah, pilih menu Alerts dengan ikon amplop di sidebar. Lalu klik Create alert dan masukan kata kunci yang diinginkan pada Alert queri. Kita juga bisa mengatur jumlah karya tulis yang ingin kita lihat 10 atau 20 hasil pencarian yang dikirim lewat email.

4. Dapatkan Artikel Terkait

Kita juga bisa menemukan jurnal cendekia yang menarik dan relevan dengan topik yang sama, kita bisa mencari jurnal cendekia terkait untuk memperoleh yang hasil yang serupa. Caranya, klik tautan “Related articles” tepat di bawah artikel.

Nantinya, kita akan mendapatkan hasil pencarian terkait dengan artikel utama yang kita cari. Misalkan hasil pencarian akan menampilkan artikel yang ditulis oleh orang sama, menggunakan kata kunci yang sama, atau judul yang mirip.

5. Cara Mengutip dengan Cepat

Saat membuat karya tulis seperti makalah, skripsi atau thesis, mungkin salah satu proses yang merepotkan adalah membuat daftar pustaka. Namun jangan khawatir, karena dengan Google Cendekia akan memudahkan kita dalam menyusun daftar pustaka dengan cepat.

Caranya dengan klik ikon tanpa kutip yang letakanya di bawah artikel. Nantinya akan muncul jendela dengan citation sesuai format yang dinginkan, seperti dari MLA, APA, Chicago sampai Harvard. Hasilnya nanti bisa kita copy dan paste dengan mudah ke dokumen karya tulis kita.

Manfaat Memiliki Akun Google Scholar

Profile pada Google Scholar berguna untuk para penulis, peneliti hingga akademisi. Dengan adanya profil tersebut, maka pengguna bisa meningkatkan indeks sitasi publikasi peneliti.

Bukan hanya itu, memiliki akun profil Google Scholar Indonesia juga bisa digunakan untuk mengumpulkan artikel yang pernah kita buat sekaligus mempublikasikan secara online.

Jika Anda adalah seorang penulis maka tulisan yang Anda publish bisa dijadikan sebagai rujukan dari para peneliti dan akan terekam di dalam profile Google Scholar.

Memiliki hasil karya yang dijadikan sebagai rujukan dari peneliti dan penulis lain tentu akan membuat diri kita bangga dan merasa terpuaskan. Hal ini juga bisa mendorong diri sendiri untuk membuat karya yang lebih banyak dan lebih baik lagi.

Yanita Nurhasanah
Seseorang yang masih terus belajar dan mengasah kemampuan menulis.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here