Cara Cek NISN

17
cek nisn nomer induk nasional

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa tingkap nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Artinya NISN merupakan data yang dikelola kemdikbud. Lalu bagaimana cara cek NISN?

Sebelum masuk ke pembahasan, perlu diketahui bahwa NISN bisa jadi kode pengenal siswa yang bersifat unik, jadi setiap siswa/ siswi di seluruh Indonesia memiliki Nomor Induk Siswa Nasional yang berbeda-beda. Baik di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan sudah terdaftar pada Referensi Kemendikbud.

Namun tidak sedikit siswa/ siswi yang belum mengetahui NISN miliknya. Hal ini terjadi biasanya karena kesalasah orang tua siswa yang tidak mendaftar ulang atau karena kesalahan pihak sekolah. NISN siswa tidak tercantum pada rapot ataupun daftar absensi

Itu sebabnya banyak kasus siswa kelas 9 dan 12 tidak bisa ikuti melaksanakan UN karena tidak memiliki NISN. Padahal setiap siswa/ siswi pasti memiliki NISN. Umumnya kesalahan ini terjadi disebabkan oleh orang tua anak yang melewatikan NISN pada saat mendaftar ulang.

Cara Cek NISN

Namun sebetulnya ada dua cara mengetahui NISN, pertama dengan langsung datang ke kantor Kemendikbud atau bisa mengunjungi situs http nisn data kemdikbud go id, yaitu situs hasil kerjasama Kemdikbud dengan Dapodik, situs memiliki layanan mencari nisn secara online.

Berikut cara mengecek NISN Siswa SD / SMP / SMA melalui nama:

1. Buka dan jalankan browser di HP/ PC/ Laptop dan kunjungi situs Kemendikbud pada tautan nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.

2. Untuk cari NISN berdasarkan nama, maka klik tab Pencarian Berdasarkan Nama.

cara mengecek nisn

3. Selanjutnya masuk beberapa data seperti Nama Siswa [Nama Lengkap], Tempat Lahir, Tanggal Lahir [DD-MM-YY], dan Nama Ibu.

nisn data kemdikbud

4. Jika semua data sudah diisi, klik tombol Cari dibagian bawah formulir.

5. Jika data yang dimasukan benar, maka akan dialihkan pada laman hasil pencarian berdasarkan nama [ Nama Siswa]. Pada laman ini akan muncul beberapa data seperi NISN, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir.

nomor induk siswa nasional

Catatan: Jika yang muncul pada tabel adalah keterangan ‘No records to display‘ artinya ada kesalahan data yang dimasukan. Anda bisa muat ulang halaman, lakukan pengisian data kembali dengan benar dan Cek nisn melalui nama kembali.

Kontak Kemendikbud

Jika mengalami masalah pada saat melakukan pencarian nisn berdasarkan nama siswa, meski sudah memasukan data siswa dengan benar, Anda bisa melakukan konsultasi langsung dengan pihak Kemendikbud. Yaitu bisa dengan datang langsung, melakukan panggilan ke call center dan mengirim email.

Layanan Terpadu Kemendikbud

Gedung C Lantai 1
Komplek Kemdikbud
Senayan, Jakarta 10270

Email: pengaduan@kemdikbud.go.id

Call Center : 177
Telp : (021) 5703303
Fax : (021) 5733125
SMS : 0811976929

Aturan dan Kebijakan

Sebagai informasi tambahan, bahwa Pusat Data dan Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan dalam menjalankan tugas pengelolaan data pendidikan berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

  1. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No.11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kelola Kerja Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Pasal 806.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 79 Tahun 2015 tentang Dapodik Pasal 11

Tanya Jawab NISN

Berikut beberapa pertanyaan seputar NISN yang sering dijumpai.

Apa Manfaat lain dari NISN?

  • Sebagai identifikasi setiap siswa di seluruh Sekolaj Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai sistem yang mendukung program Dapodik dan beberapa program perencanaan pendidikan.
  • Sebagai layanan sistem pengelolaan NIS siswa secara online.

Saya tidak Memiliki NISN, bagaimana cara mendapatkannya?

  • Disarankan untuk melakukan cek nisn online seperti yang sudah dijelas sebelumnya, pastikan data yang Anda masukan sudah benar, seperti pada ejaan nama, tempat lagi dan tanggal lahir.
  • Jika data siswa tidak ditemukan, maka bisa mengunduh formulir Peserta Didik (F-PD) dan Formulir A.1 pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional baru pada situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id dan masuk ke menu FORMULIR PENGAJUAN.
  • Kemudian cetak beberapa fomulir tersebut.
  • Lakukan pengisian data pada fomulir secara manual.
  • Kemudian menyerakan kepada operator NISN/NPSN sekolah dimana siswa berasal.
  • Untuk pihak Sekolah bisa melakukan pengiriman formulir A.1 tersebut ke PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id untuk diberikan NISN.

Bagaimana cara memperbaiki data NISN yang salah? Data tidak sesuai dengan akta kelahiran?

  • Pertama unduh formulir A.3. Pengajuan Perbaikan Biodata Siswa di laman http://nisn.data.kemdiknas.go.id pada menu FORMULIR PENGAJUAN.
  • Cetak fomulir tersebut.
  • Mengisi formulir secara manual.
  • Kemudian menyerahkannya kepada operator sekolah dimana NISN tersebut diterbitkan.
  • Untuk pihak sekolah bisa mengirim formulir yang sudah diperbaiki ke PDSP melalui email: pdsp@kemdiknas.go.id.

Di sekolah saya yang sekarang diminta NISN. Padahal pada saat lulus pihak sekolah sebelumnya tidak menuliskan NISN?

  • Pertama lakukan pencarian nisn berdasarkan nama siswa dengan cara mencari nomor induk siswa nasional.
  • Jika tidak ditemukan, maka bisa mengunduh formulir Peserta Didik (F-PD) dan Formulir A.1 pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional baru pada situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id dan masuk ke menu FORMULIR PENGAJUAN.
  • Cetak dan isi beberapa formulir tersebut.
  • Menyerahkan kepada operator NISN/NPSN sekolah asal.
  • Untuk pihak Sekolah bisa melakukan pengiriman formulir A.1 tersebut ke PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id untuk diberikan NISN.

Kartu NISN hilang, dan ada data yang keliru, apa yang harus dilakukan?

Tindakan yang bisa dilakukan adalah melaporkannya kepada operator NISN/NPSM sekolah dimana nomor induk siswa nasional diterbitkan.

Bagaimana jika nis siswa ada 2? yang mana yang digunakan?

NIS siswa yang digunakan adalah Nomor Induk Siswa yang sudah digunakan sebagai alat administrasi dan validasi oleh siswa di sekolahnya. Atau bisa memilih nomor induk yang paling kecil kodenya. Untuk Nomor Induk Siswa Nasional yang tidak digunakan lebih baik segera dilaporkan ke operator asal sekolah untuk segera dihapus.

17 KOMENTAR

  1. Nisn adik saya tidak bisa ditemukan.
    Padahal nisn dan nama ibu kandung sudah benar. Bagaimana solusinya?
    Terima kasih

    • Halo Arti Marlina,

      Jika NISN Adik Anda sudah diketahui, maka lakukan pencarian berdasarkan NISN saja dulu. Jika muncul datanya, maka kemungkinan besar NISNnya sudah benar. Jika tidak muncul datanya, maka ada kemungkinan NISN salah.

      Lalukan juga pencarian NISN berdasarkan nama, masukan data-data yang diperlukan.

  2. Kok nisn saya kalo cari diinternet sama diijazah SD beda ya?tapi kalo diijazah SD cuman ada 8 digit dan kalo saya cari malah nggak ketemu gimana ya min..soalnya kalo nisn itu ngaruh banget kan?mohon jawabanya

    • Apakah deretan angka NISN-nya ada kesemaan? Atau berbeda? jika berbeda maka ada kekeliruan data. Kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada pihak sekolah mengenai hal ini.

    • Halo Amar,

      Kemungkinan ada kesalahan data, biasa kesalahan dari awal sejak masuk SD. Bisa diubah dengan menghubungi pihak sekolah atau dinas terkait.

  3. Malam min, kok web.ny g bisa di akses ya ,waktu saya pencarian nisn lewat nama muncul “no record to dispay” kyak gni yg eror jaringan saya atau web.y ya min ,makasih

    • Halo Andra, jika yang muncul “no record display”, ada kemungkinan data yang dimasukan saat melakukan pencarian NISN berdasarkan nama ada yang salah.

  4. Mohon bantuannya untuk data NISN anak saya, soalnya di data diri anak saya tertuliskan jenis kelamin laki-laki padahal anak saya jenis kelaminnya perempuan.
    Bagaimana dan harus kemana saya untuk merubah data diri NISN Anak saya, mohon informasinya
    Terima kasih.

    • Halo pak Imam Fauzi,

      Langkah awal yang bisa bapak lakukan adalah dengan menyampaikan kesalahan data tersebut ke pihak sekolah, khususnya kepada pihak Administrasi siswa. Nantinya akan dibantu oleh pihak sekolah. Atau Bapak juga bisa menghubungi pihak Kemendikbu, bisa lewat panggilan atau email.

  5. Nama saya dalam nisn, sudah saya laporkan ke pihak sekolah. Katanya sudah diajukan di atas. Tapi kok data saya sampai sekarang belum dibenarkan. Mohon pencerahannya

  6. tolong bagaimana mencari NISN, sedang kami telah mencari lewat NISN dan Data siswa kok nggk muncul terus, wali murid sudah menunggu buat ndftr sekolah lanjutan, jadi timbul emosi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here