Cara Cek NPSN

0
cek NPSN

Apa itu NPSN? NPSN adalah singkatan dari Nomor Pokok Sekolah Nasional yang memiliki fungsi sebagai standar kode unik untuk Satuan Pendidikan (Sekolah) dari pendidikan dasar sampai dengan menengah.

Nomor Pokok Sekolah Nasional sendiri diterbitkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) dan berlaku secara nasional. Nomor NPSN terdiri dari 8 digit angka yang diberikan kepada satua pendidikan yang masih aktif pada jenjang apapun, baik PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTs. SMA/SMK/MA.

Lalu bagaimana cara cek NPSN sekolah?

Nomor Pokok Sekolah Nasional bisa kita cari secara online lewat website referensi database Kemdikbud. Kita bisa cari dan cek data sekolah beserta alamat, kode pos, kontak dan map.

Berikut pembahasan mengenai cara cek Nomor Pokok Sekolah Nasional:

Nomor Pokok Sekolah Nasional

Sebelum ke inti pembahasan, perlu diketahui bahwa sistem NPSN bersifat nasional untuk menggantikan kode-kode sebelumnya (seperti NIS) yang formatnya berbeda-beda pada setiap wilayahnya.

Sebelum dikeluarkannya aturan penyusunan kode pengenal sekolah, antar satu provinsi dan provinsi lainnya sering berbeda. Akibatnya banyak kasus sekolah dengan ganda data. Hal tersebut sering menimbulkan masalah pada pada sistem penggajian, penilaian, dan registrasi lainnya.

Dengan adanya nomor pokok sekolah nasional bertujuan untuk menyederhanakan dan menggabungkan sistem, sehingga setiap sekolah akan memperoleh kode unik dan menjadi pembeda antar satu sekolah dengan sekolah lainnya di seluruh Indonesia.

Selain itu, kita juga bisa cek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) secara online, untuk cek validasi data. Atau jika belum tahu NISN yang kita miliki, bisa melakukan pencarian berdasarkan nama. Simak di cara cek NISN.

Cek NPSN Sekolah

Untuk Anda yang belum mengetahui kode NPSN sekolah tempat Anda belajar sebelumnya bisa mencari kode sekolah tersebut dengan langkah-langkah berikut:

1. Buka browser dan kunjungi web resmi cek NPSN referensi.data.kemdikbud.go.id.

nomor pokok sekolah nasional

2. Lalu ketikan nama sekolan lewat kolom pencarian. Namun, jika kita lupa nama sekolah atau lebih berganti nama, bisa mencarinya berdasarkan provinsi > kabupaten/kota > kecamatan. Akan muncul daftar sekolah.

http referensi data kemdikbud go id

3. Jika daftar sekolahnya terlalu banyak bisa melakukan filter Berdasarkan Jenis Pendidikan. Misalkan cari NPSN SMA, maka pilih SMA.

kode sekolah

4. Lalu akan muncul tabel berisi daftar sekolah SMA berserta informasi NPSN, Nama Satuan Pendidikan, Alamat, Kelurahan dan Status Negeri/ Swasta.

Catatan: Langkah yang paling mudah dilakukan adalah dengan melakukan pencarian berdasarkan nama sekolah lewat kolom pencarian.

cari sekolah

Jika tidak bisa melakukan pencarian lewat website data referensi NPSN karena ada masalah atau down, maka cara mendapatkan NPSN yang bisa kita lakukan adalah dengan menghubungi pihak sekolah.

Selain itu, kita juga bisa menghubungi Pusat Data Dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan lewat Unit Layanan Terpadu Kemdikbud berikut.

  • Gedung C Lantai 1 Kompleks Kemdikbud Senayan Jakarta, 10270
  • Call center : 177
  • Telp : 021 5703303
  • SMS : 0811976929
  • Fax : 021 5733125
  • Email : pengaduan@kemdikbud.go.id

Bagaimana? Jika ada pertanyaan yang berhubungan dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional bisa disampaikan lewat kolom komentar di bawah ini.

Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here