Cara Upload Foto ke Google

0
Cara Upload Foto ke Google

Banyak dari kita yang masih belum tau cara memasukkan gambar ke dalam internet, yaitu memunculkan foto tertentu yang kita inginkan pada hasil pencarian gambar Google. Untuk melakukanya Anda bisa membaca cara upload foto ke Google pada artikel ini.

Untuk mengupload foto ke Google bisa dilakukan melalui HP atau PC. Namun akan lebih mudah dan praktis jika dilakukan melalui komputer atau laptop.

Saat ini banyak media yang bisa digunakan untuk menggungah foto ke internet khususnya media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. Namun foto yang diupload sosial media biasanya jarang sekali muncul ke Google.

Ketika melakukan pencarian di Google dan menjumpai berbagai macam foto dan gambar. Anda mungkin pernah bertanya-tanya ‘bagaimana caranya agar foto bisa muncul di Google dan bisa dilihat orang lain?

Perlu diketahui, mengunggah foto ke Google tidak semudah ketika upload foto ke media sosial, khususnya untuk Anda yang masih pemula dalam menggunakan intenet.

Nah, pada artikel ini Saung Network akan membahas satu atau mungkin dua cara dari banyak cara upload foto ke Google. Kami pastikan cara ini mudah dilakukan dan gratis tanpa mengeluarkan biaya sedikik pun.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengunggah foto atau gamber ke Google. Yaitu bisa menggunakan Google Plus, Platform Blogger, Google Sites dan menggunakan WordPress.com.

Dan pada artikel kali ini kita akan menggunakan media blogger.com. Memang akan lebih mudah menggunakan Google+ (Plus), namun platform media sosial tersebut akan dihetikan layanannya pada 2 April 2019 mendatang. Baik simak pembahasannya.

Blogger PC

Cara mengunggah foto ke Google menggunakan komputer bisa dengan menggunakan Blogger.com adalah sebuah layanan blog yang digagas oleh
Pyra Labs yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2003 silam. Intinya platform ini dihost oleh Google, dan pengguna akan memperoleh subdomain blogspot.com atau blogspot.co.id untuk pengguna Indonesia.

Berikut cara upload foto di Google lewat PC:

Sebelum ke langkah-langkahnya, pastikan Anda sudah menyediakan beberapa hal berikut.

  • Akun Gmail.
  • Foto yang akan diupload ke Google.
  • Kata kunci pencarian(yaitu ketika mengetikan kata/ kalimat tertentu foto Anda akan muncul).

Berikut langkah-langkah cara upload foto ke google foto.

  1. Buka dan jalankan browser, dan kunjungi situs https://www.blogger.com dan klik tombol Buat Blog.
    cara memasukkan gambar dalam internet
  2. Nantinya Anda akan dialihkan ke laman Login/ Masuk menggunakan akun Gmail. Masukan Email dan Password akun Gmail Anda.
  3. Pada laman Konfirmasi Profil Anda, masukan Nama Tampilan yang diinginkan dan klik tombol Lanjutkan ke Blogger.
    cara upload foto ke google di android
  4. kemudian akan masuk ke laman dashboard blogger klik tombol Buat Blog Baru.
  5. Kemudian akan muncul popup formulir Buat Blog Baru, lakukan pengisian Judul (Disarankan berisikan kata kunci), Alamat untuk nama Subdomain (Juga disarankan berisikan kata kunci), dan pilih Tema yang diinginkan. Klik tombol Buat Blog.
    cara upload foto ke google dari hp android
  6. Setelah blog berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat postingan artikel untuk memasukan gambar yang akan di-index oleh Google. Klik tombol Entri Baru.
  7. Pada laman Compose, Anda harus mengisi Entri/ Judul Artikel dan Isi artikel yang berisikan kata kunci yang sudah disiapkan sebelumnya.
    cara upload foto ke google melalui hp android
  8. Untuk menambahkan Foto bisa klik ikon Insert Image seperti pada gambar yang dilingkari.
  9. Kemudian tinggal cari dan Pilih file foto yang sebelumnya sudah disiapkan, klik tombol Open. Tunggu proses upload, pilih foto tersebut dan klik tombol Add Selected.
    cara upload foto ke google via android
  10. Setelah Foto mucul, klik foto tersebut, nantinya akan muncul beberapa opsi, Anda bisa ngatur ukuran besar kecilnya, namun yang terpeting klik opsi Properties. Pada popup Image Properties lakukan pengisian pada kolom Title text dan Alt text dengan kata kunci.
    cara upload foto ke google lewat pc
  11. Kemudian klik tombol Publikasikan. Selesai.

Sampai disini Anda sudah berhasil upload foto ke google lewat blog. Namun untuk tampil di pencarian Gambar Google membutuhkan waktu, cepat lambarnya tergantung kata kunci yang dipilih.

Blogger Android

Untuk upload foto ke Google dari hp Android bisa menggunakan Blogger, namun Anda akan sedikit kesulitan dalam membuat postingannya.

Cara upload foto ke google di android:

  1. Buka browser, dan kunjungi situs https://www.blogger.com dan klik tombol Buat Blog.
  2. Nantinya akan diminta Login/ Masuk menggunakan akun Gmail.
  3. Pada laman Konfirmasi Profil Anda, masukan Nama Tampilan yang diinginkan dan klik tombol Lanjutkan ke Blogger.
  4. kemudian akan masuk ke laman dashboard blogger klik tombol Buat Blog Baru.
  5. Pada popup formulir Buat Blog Baru, lakukan pengisian Judul, Alamat untuk nama Subdomain, dan pilih Tema yang diinginkan. Klik tombol Buat Blog.

Untuk memudahkan proses upload foto dan membuat kontennya, Anda bisa menggunakan Aplikasi Blogger yang bisa dipasang melalui Google Play Store.

  1. Buka dan jalankan aplikasi Blogger, klik tombol Pensil yang berada di bagian atas.
  2. Selanjutnya tinggal melakukan pengisian Judul Pos, Konten Pos, Label dan untuk memasukan foto klik ikon kamera yang berada di sebelah kanan.
    cara upload foto di google via hp
  3. Jika sudah melakukan semuanya, tinggal klik tombol Publikasikan yang berbentuk kapal kertas dibagian atas.

Catatan: Untuk pengelolaan Judul Pos dan Konten Pos harus berisikan kata kunci yang diinginkan, misalkan “Jual Kerajinan Tangan Bandung” atau yang lainnya. Untuk jelasnya bisa baca pada pengelolaan post Blogger PC.

Untuk memudahkan Anda dalam mengupload foto ke Google, lebih baik menggunakan komputer atau laptop dalam pengerjaannya, karena Anda akan lebih leluasa dan mudah memahami teknisnya.

Dengan pembahasan Cara Upload Foto ke Google diatas, Anda bisa memasukan banyak foto dan gambar yang Anda inginkan ke Google. Lakukan secara teliti, khususnya jika tujuan Anda memasukan Foto ke Google untuk bisni.

Jika ada pertanyaan, atau ada saran mengenai pembahasan kali ini, bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here