Cara Mengubah Tanggal Kadaluarsa WhatsApp

0
WhatsApp Expired Kadaluarsa

Banyak dari pengguna WhatsApp yang mengalami masalah kadaluarsa pada aplikasi WhatsApp mereka. Biasanya ini sering terjadi pada pengguna baru yang belum banyak memahami mengenai ponsel yang mereka gunakan. Lalu bagaimana cara mengubah tanggal kadaluarsa WhatsApp? Mari kita bahas.

Seperti yang kita tahu, kini banyak orang yang beralih menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi. Karena berkirim pesan menggunakan SMS hanya bisa berkirim pesan dengan jumlah teks yang terbatas, biaya yang cukup mahal, dan fitur yang tidak lengkap. Sementara pada aplikasi WhatsApp, selain bisa berkirim pesan teks, juga bisa berkirim pesan suara, gambar, video, dokumen, melakukan panggilan suara dan panggilan video.

Itu sebabnya WhatsApp menjadi aplikasi komunikasi yang paling banyak digunakan saat imi, karena memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan. Salah satu fitur terbaru yang menarik pada WhatsApp adalah kita bisa melakukan video call group.

Namun dengan banyak fitur yang memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi, aplikasi WhatsApp kadang mengalami beberapa masalah, salah satunya adalah aplikasi WhatsApp kadaluarsa. Masalah seperti ini umumnya disebabkan oleh ketidaktahuan penggunanya.

Ketika aplikasi WhatsApp mengalami kadaluarsa, pengguna tidak akan bisa menggunakannya seperti biasa. Jangankan untuk melakukan panggilan atau membalas pesan masuk, membaca pesan pun tidak bisa.

Munculnya notifikasi WhatsApp Kadaluarsa disebabkan pengguna tidak pernah melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Sering mengabaikan notifikasi pembaruan, sampai tidak sadar kalau WhatsApp yang digunakan sekarang merupakan versi lama.

Namun masalah bisa juga disebabkan oleh tanggal pada ponsel yang tidak akurat. Umumnya terjadi pada ponsel keluaran lama. Banyak pengguna kebinggungan ketika aplikasi WhatsApp mengalami masalah seperti ini. Namun sebetulnya masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Cara Mengubah Tanggal Kadaluarsa Whatsapp

Berikut beberapa cara memulihkan whatsapp yang kadaluarsa. Dimulai dari cara yang termudah sampai cara pamungkas untuk menyelesaikan masalah ini. Simak satu-satu ya!.

1. Atur kembali Waktu dan Tanggal Smartphone

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah tanggal kadaluarsa WhatsApp. Salah satunya adalah dengan mengatur kembali waktu dan tanggal pada smartphone supaya akurat.

Hal ini sesuai dengan notifikasi yang muncul pada halaman aplikasi WhatsApp di Google Play, tepatnya dibawah tombol unduh. Adanya notifikasi tersebut menandakan bahwa waktu dan tanggal pada smartphone tidak akurat dengan waktu saat ini.

Sebelum melakukan tindakan lainnya, lebih baik periksa terlebih dahulu apakah waktu dan tanggal pada samartphone sudah benar atau belum.

Jika waktu dan tanggalnya tidak sesuai, maka bisa melakukan pengaturan waktu dan tanggal dengan cara berikut ini.

Cara Mengubah Tanggal Kadaluarsa WhatsApp - whatsapp kadaluarsa
Perbarui Waktu dan Tanggal
  1. Pertama masuk ke menu Setelan.
  2. Selanjutnya klik Setelan tambahan lalu akan muncul beberapa menu setelan.
  3. Klik Tanggal & waktu. Tinggal lakukan penyetelan pada waktu dan tanggal yang benar.
  4. Atau bisa klik tombol penggeser pada Tanggal & waktu otomatis.

2. Atur Waktu dan Tanggal ke Tanggal Sebelum Kadaluarsa

WhatsApp Expired Tanggal dan Waktu Tidak Akurat

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan perubahan waktu dan tanggal ke tanggal sebelum aplikasi WhatsApp kadaluarsa. Cara ini bisa dilakukan pada saat jumlah kuota kita tidak cukup untuk melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.

Sebagai contoh, misalkan hari ini tanggal 14 Januari 2018 WhatsApp kadaluarsa. Maka untuk mengatasinya bisa mengganti tanggal pada smartphone menjadi tanggal sebelumnya, misal tanggal 13 Januari. Untuk caranya hampir sama dengan langkah-langkah pada poin pertama.

3. Perbarui Aplikasi WhatsApp Melalu Google Play

Cara Mengubah Tanggal Kadaluarsa WhatsApp - Update
Update

Cara memperbarui WhatsApp yang kadaluarsa ini merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi peringatan tanggal kadaluarsa aplikasi WhatsApp. Cara ini bisa dilakukan jika sudah memiliki banyak kuota internet atau sedang terhubung dengan Wifi.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka dan jalankan aplikasi Play Store dan lakukan pencarian aplikasi WhatsApp.
  2. Pada laman aplikasi akan ada tombol UPDATE. Tinggal klik tombol tersebut dan tunggu beberapa saat sampai proses pembaruan aplikasi selesai.

Pembahasan mengenai WA versi terbaru sudah bisa dibaca pada artikel WhatsApp terbaru. Selain untuk Android, juga tersedia untuk berbagai platform.

Setelah aplikasi selesai diperbarui, langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan apakah aplikasi WhatsApp sudah kembali normal atau belum.

Sampai disini sudah paham?

Jika ada pertanyaan atau memiliki cara lain yang lebih efektif untuk mengatasi masalah diatas, bisa disampaikan melalui komentar dibawah ini.

Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here