Cara Menggunakan Fitur Video Call Group Whatsapp

0
Cara Video Call Group Whatsapp
Cara Video Call Group Whatsapp

Pada pembaruannya, Whatsapp menambahkan beberapa fitur baru, salah satunya yaitu Video Call Group. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna bisa melakukan panggilan video dan telepon lebih dari dua orang.

Fitur Video Call Group pada Whatsapp bisa digunakan untuk panggilan video dan telepon lebih dari dua orang dan maksimal empat orang secara bersamaan.

Untuk masalah keamanan, fitur panggilan grup video pada Whatsapp juga menggunakan pengaman enkripsi end-to-end sama seperti pada fitur pesan teks yang dimilikinya.

Namun sebelum mencoba fitur Video call Group, pastikan bahwa aplikasi Whatsapp yang kamu gunakan sekarang adalah versi terbarunya. Kamu bisa memeriksanya melalui situ resminya di Google Play Store dan Apple App Store.

Untuk kamu yang masih belum tahu cara menggunakan fitur ini, bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan panggilan grup video Whatsapp.

Cara menggunakan fitur Video Call Group WhatsApp

Fitur video call sebetulnya sudah dimiliki oleh aplikasi Whatsapp, namun hanya bisa digunakan untuk panggilan video dua orang saja, dengan hadirnya fitur Video Call Group ini, Whatsapp berani mengambil tindakan untuk bersaing dengan kompetitor aplikasi pesan instan lainnya seperti LINE dan Skype.

Untuk kamu yang ingin mencobanya, bisa mengikuti langkah-langkah cara melakukan video call group menggunakan aplikasi Whatsapp berikut.

  • Buka palikasi Whatsap, dan buka tab ‘Calls’. Ketuk ikon berbentu telepon yang berada di pojok kiri bawah layar.
  • Lalu pilih kontak yang akan diajak video call bersama.
  • Selanjutnya panggil kotak yang sudah dipilih tadi. Lalu pada saat sedang melakukan panggilan vodeo, kamu ketuk ikon kontak bertanda “+” pada kanan pojok atas layar untuk mengundang orang untuk bergabung di Video Call Group.
Cara Mengundang Video Call Group Whatsapp
Cara Mengundang Video Call Group Whatsapp
  • Untuk melakukan panggilan video sampai empat orang bisa melakukan cara yang sama.

Cara menggunakan fasilitas Video Call Group di Whatsapp cukup mudah bukan ? Namun jika diperhatikan, fitur pada Whatsapp yang satu ini memiliki kekuranga, juga ada beberapa kelebihannya. Apa saja ya ?

Kekurangan Pada Fitur Video Call Group Whatsapp

(-) Kekurangan yang paling mencolok ada pada kualitas video ketika jaringan internet tidak stabil. Meski fitur ini gratis digunakan semua orang, namun kualitas jaringan menentukan layak tidaknya menggunakan fitur panggilan video ini. Karena pada saat jaringan internet tidak stabil, fitur ini hampir tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi.

(-) Kekurangan lainnya adalah mengenai jumlah orang yang bisa diundang hanya empat orang. Misalnya, ketika ingin melakukan panggilan video dengan jumlah anggota lebih dari empat orang tentu tidak akan bisa. Mungkin solusinya bisa menggunakan Facebook Messanger dan aplikasi lainnya.

Kelebihan Pada Fitur Video Call Group Whatsapp

(+) Untuk masalah privasi, fitur panggilan grup video dan telepon pada Whatsapp sudah menggunakan pengamanan enkripsi end-to-end.

(+) Tampilan antar mukannya cukup simple, dan mudah digunakan untuk orang yang pertama kali menggunakannya sekalipun.

Mengenai kekurangannya dalam hal kualitas video bisa dibandingkan dengan aplikasi video call buatan Google, yaitu Goole Duo, aplikasi ini memiliki fitur panggilan video yang bisa mempertahankan kualitas videonya, meski berada di tempat yang memiliki jaringan internet kurang bagus.

Fitur panggilan video pada Google Duo didesain supaya bisa beradaptasi dengan perubahan jaringan. Tujuannya, agar pengguna tetao bisa melakukan panggilan video meski berada dalam kondisi kondisi jaringan tidak stabil.

Juga pada saat bandwidth terbatas, secara otomatis Google Duo akan mengurangi kualitas gambar pada video, agar video call tetap bisa berjalan. Dengan begitu pengguna bisa tetap melakukan video dengan lancar.

Fitur Video Call Group pada Whatsapp ini sebelumnya sudah melewati masa percobaan selama dua bulan. Setelah itu baru fitur ini diterapkan secara global pada saat pembaruan aplikasinya, baik untuk aplikasi Whatsapp Android dan iOS sudah bisa menggunakannya.

Fitur ini sangat membantu untuk pengguna yang ingin melakukan panggilan video bersama, terlebih fitur ini sudah ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pengguna Whatsapp sejak lama.

Fitur baru pada aplikasi pesan instan seperti Whatsapp ini sangat berguna untuk melakukan berbagai kegiatan interaktif seperti virtual meeting dan lain-lain. Bagaimana dengan kamu ? Sudah mencobanya ? Kamu bisa bagikan pengalaman kamu menggunakan fitur baru ini melalu komentar dibawah ini.

Mas Jono
Manusia normal pada umumnya, suka makan dan minum, tidak lupa juga suka tidur.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here