Cara Melihat Koordinat di Google Maps

cara mencari titik koordinat

Masih bingung menentukan titik koordinat? Jangan khawatir, ada cara mencari titik koordinat dengan mudah, yaitu dengan bantuan aplikasi Google Maps. Bagaimana cara melakukannya? Simak pembahasannya!

Dengan menggunakan ponsel pinttar, maka cara mencari titik koordinat akan jauh lebih mudah, karena kita bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps.

Sayangnya, masih banyak pengguna smartphone yang belum mengetahui bagaimana cara untuk mencari titik koordinat menggunakan Google Maps ini.

Nah, pada tulisan ini kita akan membahas tentang cara mencari titik koordinat dengan Google Maps dengan mudah. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Sebelumnya juga pernah dibahas Cara Melacak No HP untuk mengetahui keberadaan HP kita ketika hilang. Salah satunya bisa dengan bantuan Google Maps.

Mengenal Google Maps

Sebelum ke pembahasan mengenai cara melihat titik koordinat di google Maps, mari kita cari tahu terlebih dahulu apa itu Google Maps, yaitu aplikasi yang biasanya sudah terpasang otomatis pada ponsel Android kita.

Google Maps adalah layanan peta atau map online gratis buatan Google. Layanan Google Maps sendiri biasa diakses lewat website google.co.id/maps dan lewat aplikasi.

Perlu diketahui juga, fungsi dari Google Maps ini tidak hanya sebagai sarana untuk mencari titik koordinat dari suatu tempat saja. Lebih dari itu, Google Maps bisa membantu kita untuk menemukan bisnis lokal, tempat makan atau layanan lainnya.

Nah, jika suatu saat kita ingin berbagi lokasi atau pada teman, namun kita tidak tahu nama lokasinya, maka kita bisa menggunakan Google Maps untuk mencari dan berbagi titik koordinat, dengan begitu teman kita bisa mengetahui keberadaan kita dengan mudah.

Cara Mencari Titik Koordinat di Google Maps

Untuk bisa melihat koordinat di Google Maps, pastikan perangkat yang kita gunakan sudah terhubung dengan koneksi internet. Tanpa akses internet kita tidak akan bisa mendapat titik koordinat yang akurat.

Cara Melihat Titik Koordinat di Google Maps di Ponsel

Cara mencari titik koordinat yang akurat dengan Google Maps lewat ponsel cukup mudah, hanya perlu beberapa langkah saja.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Mengaktifkan Akses Lokasi

Untuk mencari koordinat tempat, pertama kita harus mengaktifkan akses Lokasi. Masuk ke Setelan > Keamanan & lokasi > gulir ke bagian bawah, pada bagian Privasi klik Lokasi > geser tombol beralih ke kanan untuk mengaktifkannya.

cara mencari titik koordinat rumah

2. Membuka Aplikasi Google Maps

Setelah GPS aktif, jalankan aplikasi Google Maps, tekan Tombol untuk menunjukan posisi kita saat ini (lihat pada gambar).

titik koordinat rumah

3. Memunculkan Titik Koordinat

Klik dan tahan beberapa saat pada lingkaran biru yang menujukan posisi kita. Nantinya akan muncul titik koordinat keberadaan kita pada bagian atas. Titik koordinat yang terdiri dari deretan angka.

4. Menyalin Titik Koordinat

Untuk menyalinnya, cukup tekan dan tahan deretan angka tersebut, tekan Pilih semua, lalu pilih Salin.

cara melihat koordinat di google maps

Sebenarnya untuk berbagi lokasi bisa langsung lewat Google Maps dengan menekan tombol Bagikan. Lalu akan muncul beberapa pilihan, kita bisa bagikan lokasi lewat Message, WhatsApp, Telegram, Email dll.

cara mencari titik koordinat yang akurat

Namun, jika yang diperlukan adalah titik koordinat berupa deretan angka seperti yang sudah kita salin sebelumnya. Maka kita bisa kirimkan deretan angka koordinat tersebut bisa lewat SMS atau WhatsApp.

Jika ingin memalsukan lokasi dimana kita berada, bisa menggunakan salah satu Aplikasi Lokasi GPS Palsu Android Terbaik.

Cara Melihat Koordinat di Google Maps PC

Cara melihat koordinat di Google Maps lewat laptop atau PC cukup mudah, kita hanya perlu membuka browser dan mengakses situs Google Map.

Untuk jelasnya berikut adalah cara melihat koordinat di Google Maps PC:

  1. Pertama, pastikan laptop atau PC sudah terhubung dengan internet.
  2. Buka browser dan kunjungi situs Google Maps.
  3. Untuk mencari titik koordinat rumah atau posisi sekarang, tekan tombol untuk Tampilkan Lokasi Anda di pojok kanan bawah.
    cara melihat koordinat di google maps
  4. Akan tampil notifikasi pada browser untuk mengaktifkan akses browser mengakses lokasi Anda. Tekan Allow.
    cara mencari koordinat di google maps
  5. Tekan lagi tombol untuk Tampilkan Lokasi Anda di pojok kanan bawah.
  6. Setelah lokasinya muncul, pada bilah alamat browser akan tampil titik koordinatnya. Silahkan salin atau tulis.
    cara membaca titik koordinat pada google maps

Untuk mencari titik koordinat suatu tempat bisa dengan ketikan nama tempat tersebut pada bilah penelusuran Google Maps. Klik nama tempatnya, lalu lihat pada bilah alamatnya, akan tampil titik koordinatnya.

Contoh titik koordinat kantor Google Indonesia, maka koorniatnya setelah Google+Indonesia/@-6.2276334,106.8063519,17z.

https://www.google.co.id/maps/place/Google+Indonesia/@-6.2276334,106.8063519,17z/data=!4m12!1m6!3m5!1s0x2e69f1495f1fddc9:0xfe3d872dbc2b760a!2sGoogle+Indonesia!8m2!3d-6.2276334!4d106.8085406!3m4!1s0x2e69f1495f1fddc9:0xfe3d872dbc2b760a!8m2!3d-6.2276334!4d106.8085406

Garis Lintang dan Garis Bujur pada Titik Koordinat

Perlu diketahui, bahwa titik koordinat yang muncul diatas berupa garis lintang dan garis bujur.

Gari Lintang adalah sebuah garis khayal yang digunakan untuk menentukan lokasi di bumi terhadap garis khatulistiwa (utara atau selatan). Posisi lintang merupakan perhitungan sudut dari 0° di khatulistiwa sampai ke +90° di kutub utara dan -90° di kutub selatan.

Dalam bahasa Indonesia, lintang yang berada di sebelah utara khatulistiwa dinamai Lintang Utara (LU), sedangkan lintang yang berada di selatan khatulistiwa dinamai Lintang Selatan (LS).

Sedangkan Garis Bujur adalah sebuah garis khayal yang digunakan untuk menggambarkan tempat di timur atau barat bumi dari sebuah garis utara-selatan yang disebut sebagai Meridian Utama.

Garis Bujur dihitung berdasarkan pengukuran sudut dari 0° di Meridian Utama ke +180° arah timur dan −180° arah barat. Berbeda dengan Lintang yang memiliki ekuator sebagai posisi awal alami, pada Buju tidak ada posisi awal alami.

Dalam bahasa Indonesia, bujur yang berada di sebelah barat Meridian dinamai Bujur Barat (BB), dan bujur di sebelah di timur Meridian dinamai Bujur Timur (BT).

Nah, bagaimana?

Cara melihat titik koordinat di Google Maps cukup mudah bukan? Aplikasi ini bisa menjadi cara mencari titik koordinat yang paling mudah dan simple. Hanya dengan beberapa langkah yang sederhana, kita sudah bisa menemukan titik koordinat dari tempat posisi kita berada.

Demikian pembahasan mengenai cara mencari titik koordinat khususnya dengan menggunakan Google Maps. Supaya bisa menggunakan semua fitur aplikasi peta online dengan sempurna, pastikan menggunakan versi terbaru.

Oh iya, informasi menarik lainnya bisa dicek di Thelastsurvivors.org

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here