Cara Menghapus Akun TikTok

cara menghapus akun tiktok

Salah satu cara agar bisa berhenti total dari TokTok salah satunya bisa dengan hapus akun TikTok permanen. Belum tahu caranya? Nah, tulisan kali ini akan membahas bagaimana cara menghapus akun TikTok.

Seperti yang kita tahu, konten di Tiktok banyak didominasi oleh konten goyang-goyang gak jelas. Ya, meski sekarang sudah mulai banyak juga konten bermutu, namun tetap saja TikTok bisa mendistraksi dan kadang membuat kita sulit mengontrol waktu saat menggunakannya.

Jika kita rasa TikTok jadi penyebab utama banyak waktu terbuang dan merasa tidak mendapatkan sesuatu yang bermanfaat darinya, maka pilihan untuk hapus akun TikTok permanen merupakan ketupusan yang tepat. Setelah itu hapus aplikasinya dari ponsel.

Jika sudah yakin ingin hapus akun TikTok namun belum tahu cara melakukannya, maka silahkan ikuti langkah-langkah pada tutorial di bawah ini.

Cara Menghapus Akun TikTok

Berikut langkah-langkah cara hapus akun TikTok secara permanen:

  • Pertama buka aplikasi TikTok
  • Dari beranda, ketuk menu Saya untuk masuk ke laman Profil
cara hapus akun tiktok
  • Ketuk Menu Lainnya (titik tiga di pojok kanan atas)
  • Pilih menu Kelola akun
  • Lihat menu paling bawah ada menu Hapus akun, lalu ketuk
cara menghapus akun tiktok secara permanen
  • Akan ada konfirmasi “Hapus akun …?” langsung saja ketuk tombol Lanjutkan

Itulah cara menghapus akun TikTok secara permanen, selanjutnya tinggal hapus juga aplikasinya dari ponsel jika berniat ingin lepas dari kecanduan bermain TikTok.

Seperti yang tercantum pada laman konfirmasi penghapus akun TikTok, ada beberapa poin yang perlu kita ketahui saat memutuskan untuk menghapus akun TikTok. Yaitu:

  • Pertama, kita tidak akan bisa lagi masuk ke TikTok dengan akun yang sama.
  • Kedua, kita akan kehilangan akses ke video yang sudah pernah kita posting.
  • Ketiga, kita tidak akan dapat memperoleh pengembalian dana dari item yang sudah kita beli.
  • Keempat, informasi yang tidak tersimpan di akun, contohnya seperti pesan obrolan, mungkin akan tetap bisa terlihat oleh orang lain.
  • Kelima, akun kita akan dinonaktifkan dalam waktu 30 hari. Selama proses penonaktifan, akun tidak akan bisa terlihat oleh umum. Setelah 30 hari, akun akan terhapus secara permanen.

Menghapus Akun TikTok yang Lupa Kata Sandi atau Email

Cara menghapus akun TikTok yang nomornya sudah tidak aktif

Penulis tidak bisa menjamin cara ini bisa berhasil, namun dengan memanfaatkan fitur yang tersedia pada aplikasi seharusnya bisa membantu kita menghapus akun Tiktok meski lupa kata sandi atau email.

Cara Menghapus Akun TikTok yang Lupa Kata Sandi

Lalu bagaimana cara hapus akun TikTok yang lupa kata sandi? Jika kasusnya seperti itu, maka sebelumnya kita harus coba melakukan recovery atau pemulihan akun. Yaitu dengan manfaatkan fitur Reset kata sandi.

Caranya adalah:

  • Pertama, buka aplikasi TikTok.
  • Dari halaman utama ketuk menu Saya.
  • Lalu ketuk tombol Mendaftar, lalu pilih Masuk.
  • Pilih opsi Gunakan nomor telepon/email/nama pengguna.
cara menghapus akun tiktok yang lupa kata sandi
  • Jika daftar pakai nomor, silahkan isi kolom nomor telepon, lalu ketuk Kirim kode, selanjutnya tinggal masukan kode 4 digit yang dikirim lewat SMS. Biasanya masuk otomatis.
Cara menghapus akun TikTok lama yang lupa kata sandi dan email
  • Jika daftar pakai email, ketuk opsi Lupa kata sandi, pilih Email, lalu masukan Alamat email kita pada kolom yang tersedia. Ketuk tombol Reset untuk melajutkan.
cara menghapus akun tiktok yang lupa kata sandi dan email
  • Selanjutnya tinggal masukan kode 6 digit yang dikirim lewat email. Cek kotak masuk pada email.
cara menghapus akun tiktok lama
  • Selanjutnya masuk kata sandi baru. Lalu ketuk tombol Masuk.

Setelah berhasil masuk, selanjutnya ikuti langkah-langkah cara hapus akun TikTok secara permanen seperti di pembahasan pertama.

Cara Menghapus Akun TikTok Lupa Password dan Email

Jika kasusnya adalah lupa dengan password dan email yang kita gunakan saat mendaftar akun TikTok, maka kita harus coba login dengan metode lain. Karena bisa saja dulu kita daftar TikTok dengan akun Facebook, Google, Line, Twitter atau KakaoTalk.

cara menghapus akun tiktok yang sudah lama

Dari beranda aplikasi, ketuk menu Saya, ketuk lagi tombol Mendaftar, pilih Masuk. Selanjutnya tinggal coba masuk dengan metode yang tersedia. Jika sudah berhasil masuk dan ingin menghapus akun TikTok tersebut, tinggal ikuti langkah-langkah cara menghapus akun TikTok di atas.

Jika tidak bisa masuk dengan metode yang tersedia, maka kita akan kesulitan menghapus akun tersebut. Kecuali alasan kita menghapus akun tersebut terkait privasi, maka bisa mengajukannya lewat laman Privacy Report.

Menghapus Akun TikTok Orang Lain

Bisakah kita menghapus akun TikTok orang lain permanen? Jawaban bisa Iya bisa Tidak, karena tergantung dari akun yang kita maksud. Jika akun TikTok tersebut melanggar kebijakan TikTok maka bisa kita report agar kena banned untuk kemudian dihapus pihak TikTok.

Tapi jika akun tersebut tidak melanggar kebijakan TikTok maka akan sulit menghapusnya. Intinya kita harus punya alasan kuat dan logis kenapa akun TikTok tersebut harus hilang. Jika alasan karena masalah privasi dan anak usia di bawah umur bisa dilaporkan lewat laman Privacy Report.

Jika kita menjumpai akun TikTok yang sekiranya melanggar kebijakan, maka kita bisa melaporkan akun tersebut agar tim TikTok melakukan peninjauan terhadap akun tersebut.

Berikut cara melaporkan akun TikTok:

  • Pertama buka Profil akun TikTok yang akan kita laporkan
  • Ketuk Menu Lainnya (titik tiga di pojok kanan atas)
  • Selanjutnya pilih opsi Laporkan
  • Selanjutnya pilih alasan Laporkan akun atau Laporkan konten
cara menghapus akun tiktok orang
  • Jika Laporkan akun, silahkan pilih alasan yang tepat, misalkan Memposting Konten yang Tidak Pantas, lalu pilih alasan selanjutnya, misalkan Penipuan dan scam. Lalu ketuk tombol Kirim.
cara menghapus akun tiktok orang lain permanen
  • Jika Laporkan konten, bisa dengan ketuk dan tahan pada video, lalu pilih Laporkan. Selanjutnya pilih alasan yang tepat dengan pelanggan yang terdapat pada video tersebut. Misalkan Penipuan dan scam. Lalu ketuk tombol Kirim.

Tentu saja cara menghapus akun TikTok orang lain memerlukan waktu untuk tim TikTok melakukan peninjauan, jika akun atau konten terbukti melanggar kebijakan biasanya akan ada tindakan berupa penghapusan akun atau konten.

Kesimpulan

Cara menghapus akun TikTok di atas akan mudah kita lakukan jika akun masih bisa kita akses. Namun akan agak ribet jika kita lupa kata sandi atau email, karena harus melakukan pemulihan akun terlebih dahulu.

Khusus untuk cara hapus akun TikTok orang lain, metode tersebut tidak menjamin bisa menghapus akun orang lain secara permanen. Karena prosesnya tidak instan, kita perlu melaporkan akun tersebut agar pihak TikTok melakukan peninjauan, jika terbukti melanggar kebijakan mereka, maka akun akan dihapus.

Demikian pembahasan tentang cara hapus akun TikTok. Jika ada pertanyaan atau punya teknik jitu yang lebih cepat dalam menghapus akun TikTok, bisa dikirim lewat kolom komentar.

Rio Yaqin
Sedang belajar jadi pekerja teks komersial. Saat ini saya sedang aktif di Facebook, Instagram dan Twitter, bukan sebagai pekerja, cuma jadi pemakai seperti kebanyakan orang. Segitu dulu saja, karena perintahnya "Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik."

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here