Cara Mengaktifkan Dark Mode di TikTok

cara dark mode tiktok

Hampir semua aplikasi populer sudah mendukung dark mode atau tema gelap, termasuk juga pada aplikasi TikTok. Pada versi iPhone sudah tersedia menunya, namun versi Android perlu cara khusus untuk mengaktfikannya.

Seperti yang kita tahu, TikTok merupakan sosial media berbasis video yang cukup populer saat ini. Selain bisa mengunggah konten, kita juga bisa menemukan pelbagai jenis video menarik.

Tidak heran jika banyak orang yang berlama-lama membuka TikTok. Tapi membuka aplikasi TikTok dalam waktu lama selain boros kuota juga membuat baterai cepat terkuras.

Nah, agar baterai ponsel bisa tahan lama maka bisa dengan mengaktifkan tampilan dark mode pada aplikasi TikTok. Selain itu, tampilan gelap juga bisa membuat mata lebih nyaman, khususnya saat berada di tempat kurang cahaya.

Cara Mengaktifkan Tampilan Dark Mode TikTok

Cara agar tampilan TikTok dark mode pada ponsel Android dan iPhone ada sedikit perbedaan. Berbeda dengan aplikasi TikTok versi iPhone, pada versi Android tidak ada fitur untuk mengaktifkan mode gelap.

Namun jangan kawatir, tidak adanya fitur mode gelap pada aplikasi TikTok versi Android bukan berarti kita tidak bisa mengaktifkannya. Untuk jelasnya bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Aktifkan Dark Mode TikTok Android

  • Masuk ke menu Settings ponsel Android
  • Gulir ke bawah lalu pilih menu Display
tiktok dark mode android
  • Pilih opsi Dark mode lalu ketuk tombol Dark mode untuk mengaktikan
  • Setelah itu tampilan akan berubah ke mode gelap
cara dark mode tiktok android
  • Untuk memastikan agar TikTok jadi dark mode selanjutnya ketuk opsi Individual apps
  • Cari dan temukan aplikasi TikTok, dan pastikan sudah aktif tema gelapnya (tandanya tombol berwarna biru)
  • Selanjutnya tinggal buka aplikasi TikTok.

Jika ponsel menggunakan Bahasa, maka pengaturannya ada di Setelan > Tampilan > Mode Gelap > ketuk tombol di samping Mode Gelap.

Tidak semua ponsel Android sudah mendukung fitur dark mode, tergantung versi operasi sistem. Mungkin juga pada beberapa merek ponsel tampilan antar mukannya akan sedikit berbeda, jadi coba cari pada menu Setelan.

Jika menggunakan ponsel Android 8 ( Oreo), kemungkinan lokasinya ada di Pengaturan > Layar > Lanjutan > Tema perangkat.

Jika menggunakan ponsel Android 9 (Pie), kemungkinan setelannya berada di Setelan > Sistem > Opsi Pengembang > Mode malam hari.

Sedangkan pada ponsel Android 10, sama seperti langkah-langkah di awal, pengaturannya ada di Setelan > Layar > Tema Gelap / Settings > Customization > Tone.

Atau jika tidak mau repot maka bisa coba pasang aplikasi untuk mengubah tampilan layar ponsel Android di Google Play.

Cara Aktifkan Dark Mode TikTok iPhone

Seperti yang telah disinggung di awal, bahwa pada aplikasi TikTok versi iPhone (iOS 13) tersedia fitur untuk mengubah tampilan jadi tema gelap.

Caranya adalah:

  • Masuk ke tab menu Me
  • Ketuk Menu Lainnya (Titik Tiga di pojok kanan atas)
  • Gulir ke bawah lalu pilih opsi Dark Mode
  • Setelan bawaan aplikasinya Light, tinggal ubah jadi Dark Mode
  • Kini tampilan antar muka aplikasi berubah jadi tema serba gelap
  • Selanjutnya tekan kembali untuk mencoba mode gelap pada aplikasi TikTok di iPhone.
dark mode tiktok
dark mode tiktok

Jika ponsel menggunakan setelan Bahasa, pertama ketuk menu Saya > ketuk ikon Titik Tiga di pojok kanan atas untuk masuk ke menu Pengaturan dan privasi > Gulir ke bawah lalu ketuk opsi Mode Gelap > pilih opsi Gelap.

Setelah mengganti tampilan ke mode gelap, maka beberapa bagian pada aplikasi akan jadi serba gelap, seperti pada bagian menu Saya, Profil, hingga kolom komentar.

Oh iya, sebenarnya cara dark mode TikTok di iPhone juga bisa kita aktifkan lewat menu Settings, lalu aktifkan dark mode pada setelan ponsel. Setelah itu aplikasi yang mendukung tema gelap akan berubah tampilannya.

Ingin menghapus akun TikTok yang tidak terpakai? Jika belum tahu caranya, silahkan simak tulisan Cara Menghapus Akun TikTok.

Kesimpulan

Meski tampak sepele, namun setidaknya dark mode TikTok memiliki dua manfaat utama, yaitu bisa membuat baterai lebih awet, juga bisa membuat mata lebih nyaman berlama-lama menontok video TikTok, khususnya saat berada di ruangan yang minim cahaya.

Terkait aplikasi TikTok versi Android dan iPhone sebenarnya hanya sedikit perbedaan saja, untuk fitur nampaknya tidak jauh berbeda. Namun khusus untuk versi Android sejauh ini belum ada informasi terkait penambahan fitur dak mode.

Nah, itulah cara agar tampilan TikTok jadi dark mode di ponsel Android dan iPhone. Ingat, jangan hanya nonton konten hiburannya saja ya, nonton konten edukasinya juga supaya makin pinter.

Sedang belajar jadi pekerja teks komersial. Saat ini saya sedang aktif di Facebook, Instagram dan Twitter, bukan sebagai pekerja, cuma jadi pemakai seperti kebanyakan orang. Segitu dulu saja, karena perintahnya "Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik." #McQueenYaQueen

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here