Cara Membuat Tulisan di Video Tiktok

Ingin bikin tulisan tertentu di video TikTok? Gampang kok, cara membuatnya hanya perlu beberapa langkah saja.

cara membuat tulisan di tiktok

Meski sebenarnya mudah, namun tidak sedikit pengguna baru TikTok ada yang masih kesulitan ketika ingin menambahkan teks tulisan pada video. Nah, artikel ini akan membahas Cara Membuat Tulisan di TikTok.

Seperti yang kita tahu, di aplikasi TikTok selain bisa nonton pelbagai video, setiap pengguna juga bisa mengupload video pendek mereka sendiri. Hentah itu video hasil tangkapan langsung atau hasil edit.

Agar video yang kita upload jadi lebih bagus dan menarik, kita bisa edit video terlebih dahulu. Fitur edit video sudah ada dalam aplikasi TikTok, kita bisa tambahkan Suara, Efek, Stiker, termasuk menambahkan teks untuk membuat tulisan.

Nah, pada tulisan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara menambahkan teks untuk membuat tulisan pada video TikTok dan mengatur durasinya agar hanya muncul pada bagian tertentu saja.

Cara Menambahkan Teks Untuk Membuat Tulisan di Video TikTok

Berikut langkah-langkah menambahkan teks untuk membuat tulisan di TikTok dan mengatur durasi kemunculan teks agar hanya tampil pada detik yang kita inginkan.

1. Ketuk Ikon Tambah (+)

cara menambahkan teks di tiktok

Setelah membuka aplikasi TikTok, dari beranda ketuk ikon Tambah (+). Ini merupakan langkah awal untuk mengedit dan posting video.

2. Ketuk tombol Rekam atau Unggah video dari galeri

menambahkan teks pada video

Pada langkah selanjutnya kita bisa memilih opsi menggunakan Efek, Rekam langsung atau pilih Unggah video dari galeri. Kita juga bisa memilih durasi video 15 atau 60 detik.

Jika sudah merekam atau memilih video, ketuk tombol Berikutnya.

3. Pilih menu Teks untuk Menambah Tulisan pada video

cara bikin tulisan di tik tok

Sebelum menambahkan teks, ada baiknya kita edit video, bisa dengan menambahkan filter, efek suara, Sulih suara, dan mengatur volume suara video.

Selanjutnya lihat pada bagian bawah video, ada deretan menu. Pilih menu Teks untuk menambahkan tulisan pada video TikTok.

4. Ketikan Teks Tulisan Sesuai Keinginan

cara menambahkan tulisan di video tiktok

Langkah berikutnya kita hanya perlu ketik teks tulisan yang akan tampil pada video. Setelah itu kita juga bisa memilih tampilan, jenis font, dan warna teks.

Kita juga bisa atur lokasi teks dengan menggesernya ke bagian yang diinginkan. Jika semua sudah kita atur sedemikian rupa, untuk menyimpan dan melanjutkan ketuk Selesai di pojok kanan atas layar.

5. Ketuk pada bagian Tulisan untuk Mengatur Durasi

cara edit tiktok pakai teks

Nah, cara mengatur durasi tulisan di video TikTok bisa kita lakukan pada tahap ini. Silahkan ketuk pada bagian teks dan pilih Tetapkan durasi.

Untuk mengatur durasi tampilan tulisan pada video, silahkan geser bagian yang berwarna merah muda. Geser dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Posisikan pada detik video yang kita inginkan.

cara membuat video tulisan di tik tok

Jika sudah mengatur durasi tulisan, ketuk ikon Centang untuk menyimpan pengaturan. Ketuk Berikutnya untuk melajutkan.

6. Selanjutnya bisa dijadikan Draft atau langsung Posting

cara mengedit video di tiktok dengan tulisan

Jika video sudah sesuai dengan keinginan, langkah berikutnya kita bisa menekan tombol Berikutnya. Kita bisa jadikan video tersebut sebagai Draft atau bisa langsung Posting.

Jika ingin langsung diposting, jangan lupa untuk menambahkan deskripsi video dan tagar agar video yang kita unggah di TikTok bisa dengan mudah ditemukan orang lain.

Jika dalam video menampilkan orang lain, maka bisa tag dalam video. Dengan begitu akan membuat namanya tampil di video TikTok.

Pindah ke TikTok karena filter Instagram sering tidak bisa digunakan? Coba baca Cara Mengatasi Filter Instagram tidak Bisa Digunakan.

Langkah-langkah di atas juga bisa dipraktikan untuk membuat video TikTok dengan foto dan tulisan. Pada langkah kedua silahkan pilih beberapa foto dari galeri dan ikuti langkah yang sama seperti di atas.

Cara Membuat Tulisan Bergantian di TikTok

Langkah-langkah membuat tulisan bergantian muncul di video TikTok tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah di atas. Kita hanya perlu melakukan langkah ke 3 sampai langkah ke 5 secara berulang.

Silahkan buat beberapa teks, atur letaknya dan durasi pada setiap teks dibuat berbeda. Misalkan teks pertama hanya tampil pada detik 1-3, teks kedua tampil pada detik 3-6 dan seterusnya. Hasilnya tulisan muncul bergantian di video TikTok.

Selanjutnya tinggal gunakan kreativitas untuk membuat tulisan di video TikTok menjadi lebih bagus dan menarik.

Untuk pengguna baru, tidak aneh jika kesulitan saat pertama kali menambahkan teks pada video TikTok, karena hal yang sama juga terjadi pada orang lain. Jika sudah terbiasa maka akan lebih mudah.

Demikian pembahasan mengenai cara menambahkan teks untuk membuat tulisan di video TikTok. Jika ada pertanyaan terkait pembahasan pada tulisan ini bisa disampaikan pada kolom komentar.

Rio Yaqin
Sedang belajar jadi pekerja teks komersial. Saat ini saya sedang aktif di Facebook, Instagram dan Twitter, bukan sebagai pekerja, cuma jadi pemakai seperti kebanyakan orang. Segitu dulu saja, karena perintahnya "Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik."

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here