Cara Menambahkan Foto di Instagram Story

cara menambahkan foto di ig story

Secara umum fitur yang ada di Instagram mudah kita pahami penggunannya, tapi kadang kala ada yang membingungkan. Contohnya seperti cara menambahkan foto di Instagram Story lebih dari satu.

Untuk yang masih awam dalam dunia editing foto, mungkin akan bingung bagaimana membuat foto banyak di Instastory yang bisa saling bertumpuk dalam satu Story.

Istilah kerennya instastory picture in picture, yaitu gambar dalam gambar yang saling bertumpukan dalam satu Instagram Story. Sudah ngubek-ngubek namun tidak ketemu letak menunya?

Ternyata untuk cara upload 2 foto di story Instagram bisa kita lakukan dengan cara khusus. Pengguna Android perlu memasang aplikasi keyboard bernama “Swiftkey Keyboard”.

Cara Menambahkan Foto di Instagram Story

Ada banyak cara untuk membuat story instagram 2 foto atau lebih, namun pada tulisan kali ini hanya akan membahas 3 cara saja. Untuk yang penasaran bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Mengganti Keyboard dengan Swiftkey Keyboard

Khusus untuk pengguna ponsel Android, cara membuat instastory picture in picture yang paling mudah yaitu dengan mengganti keyboard bawaan dengan aplikasi Swiftkey Keyboard.

Tahap 1: Install dan pasang Swiftkey Keyboard

  • Install Microsoft Swiftkey Keyboard di Google Play
    cara menambah story di ig
  • Buka aplikasinya, ketuk Aktifkan Swiftkey
  • Pada Kelola keyboard cari dan aktifkan Microsoft Swiftkey Keyboard, ketuk dan pilih Oke
  • Selanjutnya ketuk Pilih Swiftkey, alihkan dari keyboard lama ke Microsoft Swiftkey keyb…
    cara menambah cerita di ig
  • Pilih Selesaikan. Lalu Masuk dengan Google.
  • Setelah itu kita bisa menggunakan aplikasi keyboard tersebut

Tahap 2: Cara membuat foto banyak di Instastory

Setelah berhasil instal dan pasang aplikasi keyboard Microsoft Swiftkey selanjutnya kita bisa membuat story Instagram 2 foto atau lebih. Caranya adalah:

  1. Pertama, buka aplikasi Instagram
  2. Dari beranda masuk ke menu Story, bisa ketuk foto profil di pojok kiri atau geser layar kekanan
    cara upload 2 foto di story instagram
  3. Ketuk ikon Kotak di kiri bawah layar untuk pilih foto yang akan dijadikan latar belakang
  4. Selanjutnya ketuk ikon Aa di pojok kanan atas layar, akan muncul papan keyboard, ketuk ikon Emoji di pojok kiri bawah
  5. Untuk menambahkan foto ketuk ikon Pin pojok kanan bawah.
    cara membuat story instagram 2 foto
  6. Langsung ketuk Oke, ketuk lagi ikon Kamera+ di pojok kanan atas keyboard. Untuk penggunaan pertama kali, kita harus Izinkan keyboard akses perangkat, ketuk Mengerti dan ketuk lagi Izinkan.
    cara upload 2 foto di story instagram android
  7. Jika aplikasi keyboard tertutup, ulangi dari langkah ke-4. Sekarang tinggal pilih foto yang akan ditambahkan dan ketuk ikon Kirim di pojok kanan bawah layar

Setelah foto berhasil kita tambahkan ke layar, selanjutnya atur letak foto dengan sentuh dan geser ke posisi yang kita inginkan. Selain itu kita juga bisa mengatur ukurannya, dengan menyentuh dua sisi foto.

Jika kita rasa foto tidak cocok, kita bisa menghapus foto dari layar dengan cara menyentuh dan menggesernya ke bawah, akan tampil opsi “Geser untuk hapus”.

Dan jika ingin membuat foto banyak di instastory tinggal ulangi langkah-langkah di atas. Untuk memperindah tampilan, silahkan tambahkan efek dan tek sesuai keinginan.

Ingin melihat story orang mantan tanpa ketahuan? Berikut Cara Melihat Story Instagram Tanpa Diketahui

Cara Membuat 2 foto dalam 1 Instastory dengan Canva

Sebenarnya kita bisa membuat instastory picture in picture dengan berbagai aplikasi edit foto, namun pada tulisan ini kita akan pakai aplikasi Canva.

Cara membuat story Instagram 2 foto atau lebih:

  1. Pertama, instal aplikasi Canva lewat Google Play atau App Store
  2. Buka aplikasinya, pada bagian Buat desan pilih Cerita Instagram
    cara membuat instastory picture in picture
  3. Ketuk opsi Kosong, ketuk tab Unggahan untuk upload foto dan ketuk Unggah media, silahkan unggah beberapa foto
  4. Setelah foto berhasil diunggah ketuk untuk memilihnya. Atur sedemikian rupa agar foto memenuhi semua kanvas putih
    cara membuat foto banyak di instastory
  5. Untuk menambahkan foto ketuk ikon Plus (+) di pojok kanan. Pilih Unggahan, ketuk foto yang akan kita pilih. Foto akan tampil di layar.
  6. Silahkan atur ukuran dan lokasi foto sesuai keinginan kita. Jika ingin menambahkan foto bisa ikuti langkah-langkah sebelumnya.
    cara membuat 2 foto dalam 1 instastory
  7. Jika sudah selesai tekan ikon Unduh (tanda panah ke bawah) untuk menyimpannya, lalu bisa langsung diunggah ke Story Instagram.

Setelah proses unduh selesai, pada laman selanjutnya akan ada opsi untuk menggungah langsung ke Story Instagram. Gunakan opsi tersebut untuk mempercepat langkah kita.

Membuat instastory picture in picture lewat aplikasi edit foto seperti Canva akan membuat kita lebih leluasa dalam mengatur komposisi foto, kita bisa Sesuaikan kontras dan warna foto agar lebih bagus.

Agar hasil lebih bagus, coba untuk kurangi pencahayaan pada foto yang kita jadikan latar belakang. Tujuannya agar foto yang tampil di depan bisa lebih menonjol.

Ingin menghilang filter yang digunakan pada foto atau video Story? Berikut Cara Menghilangkan Nama Filter di Instagram.

Menggunakan Fitur Tata Letak

Pada aplikasi Instagram terbaru sudah ada fitur Tata Letak untuk memungkinkan pengguna bisa memuat banyak foto di Instastory. Ada banyak pilihan Tata Letaknya.

Cara membuat foto banyak di Instastory:

  1. Dari beranda aplikasi masuk ke menu Story
  2. Ketuk opsi Tata letak, pilih tata letak yang kita inginkan. Bisa pilih dua, tiga, hingga enam
  3. Untuk menambahkan foto atau video, ketuk ikon Segiempat plus di pojok kiri bawah. Lalu pilih dari galeri
  4. Jika sudah, ketuk ikon Centang untuk melajutkan
  5. Ketuk tombol Kirim ke untuk unggah langsung ke Cerita atau bisa edit dulu untuk menambahkan efek, stiker, atau teks
  6. Ketuk tombol Bagikan untuk unggah ke Cerita Anda
cara menambahkan foto di instagram story

Untuk membuat membuat foto banyak di Instastory yang paling mudah bisa dengan menggunakan fitur Tata letak. Kini yang sedang jadi tren adalah mengunggah foto menggunakan tata letak 3.

Fitur Tata Letak pada Instagram tidak hanya bisa digunakan untuk foto saja, video juga bisa disusun pada tata letak dan bisa unggah dalam satu story saja.

Oh iya, jika ingin membuat foto dan video Story Instagram yang keren dan kekinian bisa menggunakan salah satu Aplikasi Untuk Edit Instagram Story.

Pada akhirnya untuk hasil maksimal kita perlu menggunakan daya imajinasi dan kreavitas untuk membuat story yang bagus. Silahkan pilih cara yang mana saja.

Jika punya cara lain atau rekomendasi aplikasi yang bisa memudah kita membuat story yang kece bisa disampaikan di kolom komentar ya. Demikian tulisan tentang cara menambahkan foto di Instagram Story.

Rio Yaqin
Sedang belajar jadi pekerja teks komersial. Saat ini saya sedang aktif di Facebook, Instagram dan Twitter, bukan sebagai pekerja, cuma jadi pemakai seperti kebanyakan orang. Segitu dulu saja, karena perintahnya "Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik."

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here