Cara Menghilangkan Iklan di Instagram

cara menghilangkan iklan di instagram

Merasa terganggu dengan iklan promosi yang muncul di aplikasi Instagram? Semisal seperti iklan yang tidak kita sukai muncul di beranda atau story. Ternyata ada cara menghilangkan iklan di Instagram loh.

Sebagai media sosial, Instagram tidak hanya memiliki fungsi untuk eksistensi penggunannya saja, namun juga berperan sebagai media untuk promosi dan jualan.

Layanan iklan bersponsor di Instagram hadir sejak tahun 2015. Iklan yang muncul telah sinkron dengan histori pencarian, orang kita follow, konten yang kita sukai, dll. Sesuai dengan ketertarikan pengguna.

Iklan yang muncul kadang sangat berguna dan membantu, namun tidak sedikit juga cukup mengganggu, apalagi iklan yang tidak memiliki hubungan sama sekali dengan kita.

Cara Menghilangkan Iklan Bersponsor di Instagram

Perlu Anda tahu, iklan yang muncul di beranda atau story itu hasil algoritma khusus untuk mempelajari setiap akun. Jadi algoritma akan menayangkan iklan relevan dan sesuai dengan ketertarikan pengguna.

Nah, jika kita menjumpai iklan yang tidak relevan atau tidak kita sukai, kita bisa “mengajari” algoritma iklan Instagram agar di kemudian hari tidak memunculkan lagi iklan sejenis di beranda atau story.

Silahkan ikuti langkah cara menghilangkan iklan di Instagram yang tidak relevan berikut:

1. Temukan Iklan Instagram Tidak Relevan

cara menghapus promosi di instagram

Untuk menghilangkan promosi di Instagram yang tidak relevan, pertama kita harus menemukannya terlebih dahulu, baik itu di beranda atau story. Biasanya iklan muncul pada kedua tempat itu.

2. Ketuk Menu Lainnya

cara menghilangkan promosi di instagram

Setelah menemukan iklan yang tidak kita inginkan, ketuk Menu Lainnya (titik tiga) di pojok kanan atas iklan. Nantinya akan muncul opsi Sembunyikan iklan, Laporkan Iklan, dan Tentang Iklan Instagram.

3. Pilih Sembunyikan Iklan untuk Menghilangkan Iklan

Cara menghilangkan iklan di story Instagram

Setelah itu akan muncul opsi Ini tidak relevan, Saya terlalu sering melihatnya, dan Ini tidak pantas. Agar iklan sejenis tidak muncul lagi maka bisa pilih Ini tidak relevan.

Bebas pilih opsi mana saja, setelah melakukan langkah di atas, iklan yang tidak relevan dengan apa yang kita sukai tidak akan tayang lagi di beranda atau story.

4. Pilih Laporkan Iklan agar Dihapus

cara menghapus iklan promosi di instagram

Sering menemukan iklan yang mencurigakan? Contohnya seperti iklan penipuan jual ponsel dan laptop dengan harga yang murahnya tidak wajar. Silahkan laporkan iklan tersebut, supaya iklan dapat peninjauan ulang.

Pilih Laporkan Iklan, selanjutnya akan muncul beberapa opsi tinggal pilih salah satu yang sesuai. Jika iklan penipuan jangan ragu untuk memilih Ini merupakan penipuan atau bersifat menyesatkan.

Setelah ada laporan, biasanya pihak Instagram akan memeriksa kembali iklan tersebut untuk memastikan iklan tidak melanggar kebijakan mereka. Jika terbukti melanggar, maka iklan tidak akan kembali tayang dan pengiklan akan dapat teguran.

5. Lakukan Berulang Pada Iklan Sejenis

Jika sering menemukan banyak iklan Instagram yang tidak sesuai dengan minat dan apa yang kita sukai, maka kita perlu melakukan langkah di atas terus menerus.

Setelah langkah-langkah di atas kita lakukan secara berulang kali, maka algoritma iklan Instagram hanya akan menampilkan iklan yang sesuai dengan minat kita saja.

6. Cara alternatif untuk menghilangkan sebagian iklan di Instagram

Selain dengan cara di atas, kita juga bisa menghilangkan iklan yang bersifat personal (personalized ads). Namun langkah ini tidak akan menghilangkan semua iklan yang muncul di Instagram.

Untuk pengguna Android:

cara menghilangkan iklan bersponsor di instagram

Masuk ke Setelan > Sandi & keamanan > Privasi > gulir ke bawah dan ketuk Layanan iklan > ketuk pada Rekomendasi iklan yang dipersonalisasi agar fitur ini mati.

cara menghilangkan iklan sponsor di instagram

Masuk ke Menu Setelan > Google > pilih opsi Iklan > Ketuk Jangan ikuti Personalisasi Iklan untuk mengatifkannya.

Mau menghilangkan nama filter pada story Instagram? Simak cara melakukannya pada tulisan Cara Menghilangkan Nama Filter di Instagram.

Memasang Aplikasi Instagram Mod

Untuk menghapus promosi di aplikasi Instagram, bisa juga dengan cara pasang aplikasi Instagram Mod, yaitu aplikasi hasil modifikasi dengan tambahan beberapa fitur, termasuk fitur hapus iklan

Dengan memasang aplikasi Instagram Mod, kita tidak akan lagi menjumpai iklan di beranda atau story. Untuk menggunakannya kita harus download file apk dan instal secara manual.

Caranya adalah:

  1. Pertama download Instagram tanpa iklan apk.
  2. Setelah selesai, cari lokasi file apk di folder unduhan.
  3. Jika pertama kali, kita harus aktifkan izin install aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Caranya buka Setelan > Setelan tambahan > Privasi > ketuk Sumber tidak dikenal.
  4. Ketuk apk Instagram Mod untuk instal, ikuti petunjuk dilayar.
  5. Setelah aplikasi berhasil terpasang, ikonnya akan tampil di layar.
  6. Jalankan aplikasinya, lalu login dengan akun Instagram
  7. Selesai.
cara menghilangkan semua iklan di instagram

Sekarang buktikan sendiri, jelajahi beranda hingga paling bawah maka tidak akan ada satupun postingan iklan bersponsor di Instagram, begitupun pada story.

Mau tampilan foto Instagram seperti para Selebgram yang kekinian? Coba gunakan salah satu Aplikasi Edit Foto Selebgram untuk meningkatkan kualitas dan nilai seni foto.

Kesimpulan

Intinya kita tidak bisa menghapus promosi di Instagram dengan cara pertama, kita hanya menghilangkan iklan yang tidak relevan dengan apa apa yang kita sukai.

Untuk menghilangkan semua iklan di Instagram disarankan untuk menggunakan aplikasi hasil modifikasi seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dengan begitu kita akan terbebas dari berbagai postingan iklan bersponsor.

Rio Yaqin
Sedang belajar jadi pekerja teks komersial. Saat ini saya sedang aktif di Facebook, Instagram dan Twitter, bukan sebagai pekerja, cuma jadi pemakai seperti kebanyakan orang. Segitu dulu saja, karena perintahnya "Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik."

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here