Cara Menarik Pesan di WhatsApp

0
cara menarik pesan di whatsapp

Salah kirim pesan atau salah ketik isi pesan pada chat WhatsApp? Jangan panik dulu, karena ada cara menarik pesan di WhatsApp yang sudah dikirim, baik pada chat lama yang sudah dibaca atau yang belum terbaca.

Fitur menarik pesan di aplikasi WhatsApp sudah ada sejak lama dan hampir semua platform hp seperti Android dan iOS sudah mendukung fitur ini. Namun masih banyak orang yang belum tahu akan hal ini.

Yang pasti, cara menarik pesan di WhatsApp tidak memerlukan aplikasi tambahan, karena memang fitur tersebut adalah fitur bawaan aplikasi WhatsApp yang sudah dirilis sejak lama.

Jumlah pengguna WhatsApp semakin meningkat, bahkan kini menjadi salah satu aplikasi berkirim pesan yang paling banyak digunakan. Hal ini karena aplikasi WhatsApp mudah digunakan dan dipahami, tetap bisa digunakan meski sinyal sedang buruk dan fiturnya cukup lengkap.

Kirim pesan di aplikasi WhatsApp sangat mudah. Bahkan saking mudahnya, kita sering salah kirim chat atau pesan WA. Mungkin kita kirim konfirmasi, jika chat tersebut salah kirim, tapi akan lebih baik jika kita menarik pesan WA dan menghapus pesan tersebut?

Fitur menarik pesan juga bisa jumpai pada aplikasi komunikasi lainnya, seperti pada Skype, BBM (yang sudah menghentikan layanannya), dan Facebook Messenger.

Dan ketika fitur ini muncul pertama kali di WA disambut positif oleh kebanyakan penggunanya. Belum tahu cara menggunakannya? Ternyata menggunakan fitur ini tidak sulit.

Simak pembahasannya di bawah ini. Ikuti langkah-langkahnya ya!

Cara Menarik Pesan di WA

Banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang menarik pesan yang sudah terkirim. Bisa karena salah ketik atau salah kirim ke kontak yang salah.

Namun kemungkinan besar karena salah ketik atau typo, biasanya karena menggunakan fitur koreksi teks otomatis atau memiliki kata yang salah pada saran kata berikutnya pada keyboard. Dalam kondisi tertentu salah kirim pesan bisa berakibat fatal.

Untuknya ada fitur tarik pesan yang bisa kita gunakan untuk menghapus pesan pada chat pribadi maupun grop dan bisa dilakukan lewat smartphone ataupun WhatsApp Web lewat laptop/ komputer.

Cara Tarik Pesan di WhatsApp:

cara menarik pesan wa
  1. Pastikan menggunakan aplikasi WhatsApp Terbaru.
  2. Pilih pesan mana yang akan Anda tarik, baik pada chat pribadi atau grup.
  3. Tekan dan tahan pesan tersebut beberapa saat sampai muncul beberapa Pilihan Menu pada bagian atas. Pilih ikon Hapus (tong sampah) untuk menghapus pesan tersebut.
  4. Akan muncul 3 Pilihan Menu, pertama Hapus Untuk Saya, untuk menghapus chat pada hp kita saja. Kedua Cancle untuk membatalkan menghapus pesan. dan Ketiga Hapus Untuk Semua Orang, untuk menghapus pesan dari si pengirim dan penerima chat. Pilih yang ke-3 untuk menarik pesan WhatsApp Anda.
  5. Setelah berhasil, maka akan muncul keterangan “Anda telah menghapus pesan ini” Artinya pesan Anda yang dikirim lewat aplikasi WhatsApp telah berhasil ditarik dan tidak akan bisa dibaca oleh penerima dan pengirim.

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Cara diatas hanya bisa dilakukan pada pesan yang sudah dikirim kurang dari 7 menit. Jadi untuk tarik pesan wa yang sudah dikirim lebih dari 7 menit harus menggunakan cara khusus.

Cara Menarik Pesan WA yang Dikirim lebih dari 7 Menit

Karena terburu-buru membalas pesan WhatsApp, ternyata pesan dikirim ke kontak yang salah dan baru diketahui beberapa jam setelahnya. Atau karena suatu hal, setelah pesan WA terkirim dan setelah dipikir-pikir isi pesannya ambigu.

Kejadian seperti diatas bisa terjadi pada siapa saja. Namun Anda tidak perlu panik karena ada cara menarik pesan WhatsApp yang sudah terkirim lebih dari 7 menit, bahkan sudah terkirim lama.

Cara menarik pesan WA yang sudah terkirim:

cara menarik pesan whatsapp yang sudah terkirim
  1. Matikan jaringan internet ada hp Anda, baik data internet ataupun Wi-Fi.
  2. Tutup aplikasi WhatsApp yang sedang berjalan.
  3. Masuk ke Menu Setelan HP, dan masuk ke Menu Tanggal & Waktu. Matikan fitur Tanggal & waktu otomatis. Atur tanggalnya menjadi 1 hari sebelum pesan WA tersebut Anda kirimkan.
  4. Lalu jalankan kembali aplikasi WhatsApp, cari pesan WhatsApp yang akan Anda tarik kembali.
  5. Tekan dan tahan pesan beberapa saat, sampai muncul beberapa menu di bagian atas, pilih ikon tong sampah.
  6. Pilih opsi Hapus Untuk Semua Orang. Jika berhasil, maka pesan yang terkirim akan berubah keterangannya menjadi “Anda telah menghapus pesan ini”.
  7. Selanjutnya Anda bisa mengembalikan fitur Tanggal & waktu otomatis, untuk mengembalikan waktu seperti semula. Lalu aktifkan kembali jaringan internet.
cara menarik pesan wa yg sudah lama

Bagaimana?

Di atas sudah dijelaskan langkah-langkah menarik pesan terkirim di WhatsApp. Jika ingin menarik pesan WA yang baru dikirim bisa menggunakan cara pertama. Jika akan menarik pesan di whatsapp yang sudah lama terkirim, maka bisa menggunakan cara kedua.

Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here